Home » , , , » Bukan Misteri !!! Makam Mbah Joyo Di Bukit Jonambang Watuagung, Baturetno, Wonogiri.

Bukan Misteri !!! Makam Mbah Joyo Di Bukit Jonambang Watuagung, Baturetno, Wonogiri.

Mbah Jonambang

Bukit Jonambang adalah salah satu tempat wisata di daerah kota Baturetno, tepatnya di desa Watu Agung. Bila Anda pernah melewati jalan arah Wonogiri - Pacitan, tentu anda pernah melewati kota Baturetno dan pasarnya yang terkenal dengan satenya (namun pasar ini sekarang baru dibangun). 
Lokasi bukit yang indah ini tidak jauh dari kota Baturetno. Dari kota ke Selatan kira- kira 1 kilometer hingga anda bertemu dengan SMA Negri 1 Baturetno, sebelum Sekolahan tersebut terdapat jalan/gang arah ke timur, ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke Bukit Jonambang.

Bagi anda yang gemar berpetualang atau bahkan suka berfoto (selfie) dengan keindahan Sunset pada waktu sore hari, Anda tidak perlu jauh - jauh, Bukit Jonambang adalah pilihan tepat. Selain keindahan Bukit, Suasana yang sejuk dan Sunset disore hari Anda juga dapat melihat pemandangan alam. Waduk Wonogiri juga terlihat di sana.

Kenapa bukit tersebut dinamakan bukit  Jonambang?, baiklah akan sedikit mengulas menurut info yang saya dapat. 

Jonambang adalah nama leluhur yang sudah meninggal dan dimakamkan di bukit tersebut. Jonambang sendiri kepanjangan dari Joyo Panambang, warga disekitar menyebutnya Mbah Joyo Panambang atau Mbah Jonambang. Memang hanya makam Almarhum Mbah Jonambang saja yang dimakamkan di bukit yang tinggi tersebut. 

Apakah alasan Makam Almarhum Mbah Jonambang disemayamkan di bukit tersebut saya belum mengetahui. Namun orang jaman dahulu yang mempunyai pangkat tinggi atau orang yang berpengaruh biasanya dimakamkan ditempat yang tinggi, ya mungkin menurut saya memang Mbah Joyo Panambang orang berpengaruh, atau bila tidak yang babat alas atau asal mula tempat tersebut Mbah Joyo yang memprakarsai. Saya akan menulis sejarah Mbah Joyo Panambang apa bila sudah mendapat informasi.

Bagaimanapun nama Almarhum Mbah Joyo Panambang, menjadikan bukit tersebut tampak unik dengan didukung oleh suasana dan keindahan alam disekitar. Bukit Jonambang, bila Anda berkenan atau melewati jalan arah Wonogiri - Pacitan silahkan mampir atau berziarah ke Makam Mbah Jonambang.








0 komentar:

Post a Comment