Home » , » Misteri Pohon Besar

Misteri Pohon Besar

Dibeberapa desa, sering ada pohon besar yang berumur beberapa ratus tahun.
Terkadang bagi para sesepuh sering menyajikan sesaji untuk pohon besar.

Tidak sedikit orang yang sudah sepuh menganggap pohon besar tempat tinggal mahluk astral. Di desa pohon besar tersebut dinamakan Danyangan.

Sebagian besar Danyangan dipercaya sebagai tempat "sing mbaureksa desa" dalam bahasa Indonesia yang melindungi/ menguasai desa.

Hal ini banyak yang tidak percaya juga, dalam zaman moderen pohon besar bila dilogika hanya tumbuhan biasa, dan bila pohon itu besar tidak mengherankan dibawahnya sering terdapat sumber air.

Sumber air adalah sumber kehidupan bagi manusia, dan untuk bersyukur tidak perlu mengeluarkan sesaji untuk pohon. Cukup dengan membersihkan tempat sumber air tersebut dan bersyukur kepada Tuhan.

Membersihkan sumber air didesa sering dilakukan, dan disebut dengan "Bersih Desa", lalu mengadakan acara kondangan , selain itu para warga desa ada juga yang mengadakan event/acara pagelaran wayang kulit.

Memang hal tersebut juga banyak hal positif. Mungkin persepsi orang zaman dahulu saja yang harus dirubah.

Tidak perlu melakukan sesaji untuk pohon besar. Cukup dengan membersihkan saja.

Namun dibeberapa orang yang percaya, bila tidak melakukan hal tersebut maka desa akan mendapat petaka. Tinggal kita saya sebenarnya yang harus sadar, semua itu kehendak Tuhan.

0 komentar:

Post a Comment