Home » , » Khayangan, Wisata Religi Wonogiri

Khayangan, Wisata Religi Wonogiri

Wonogiri mempunyai wisata yang cukup banyak, salah satunya adalah wisata Khayangan. Tempat ini terletak di bagian timur kota Wonogiri, tepatnya didusun Dlepih, Tirtomoyo. Jarak yang dtempuh dari kota sekitar 47 km, bagi orang yang mau berkunjung dapat menaiki bus yang menuju arah Pacitan atau Baturetno lalu turun didaerah Karangturi, setelah itu naik ojek atau menyewa mobil ompreng. Akan tetapi bila ingin berkendara sepeda motor/ mobil pribadi akan lebih enak, karena medan jalan ke arah Khayangan sudah bagus dan beraspal.

Sebelum sampai di Khayangan, ada desa bernama Taman dan Wiroko, dulu desa tersebut adalah central batik, warga disekitar situ membuat batik dan dibawa ke kota Solo untuk dijual/ disetorkan. Namun ketika masuk dan diperkenalkan cara / pembuatan genting, lama kelamaan industri pembuatan batik tergeser karena menurut warga pendapatan dari pembuatan genting lebih cepat. Bagi anda yang mempunyai saudara di Wonogiri timur atau selatan pasti mereka mengenal dengan produk genting bernama "Wiroko". Nama tersebut sama dengan tempat pembuatannya di desa Wiroko.

Berlanjut ke Khayangan, tempat tersebut sangat ramai pengunjung ketika awal pergantian tahun Jawa atau sering dikenal dengan nama malam Sura (dibaca Suro). Ditempat wisata tersebut terdapat goa yang letaknya tepat diatas kedung. Konon goa tersebut adalah tempat untuk bersemedi Danang Suto Wijoyo atau bernama Panembahan Senopati yang merupakan Raja pertama kerajaan Mataram.

Menurut legenda Danang Suto Wijoyo bertapa/semedi disana dan mendapat wahyu. Tak lama kemudian Danang Suto Wijoyo bertemu dengan Nyi Roro Kidul untuk membuat suatu perjanjian.
Apakah legenda tersebut nyata atau mitos masih perlu pembuktian. Tempat tersebut sangat asri dan natural, terdengar suara gemercik air seolah hilang penat dan bosan.

Selain itu sebelum sampai Khayangan terdapat kios-kios dan rumah yang berjualan batu akik, kayu bertuah dan batu mulia. Bila anda minat silahkan berkunjung ke wisata alam Khayangan dan menikmati keindahanya. Itulah sekilas tempat yang mungkin tepat untuk anda berlibur di Wonogiri.

0 komentar:

Post a Comment