Home » » Misteri dan Keunikan Gamelan Jawa !

Misteri dan Keunikan Gamelan Jawa !

Alat musik Jawa yakni gamelan memang alat musik yang cukup unik dan indah, karena nada/Laras gamelan juga berbeda dengan nada diatonis.

Secara oktaf dan ukuran nada berbeda dengan musik. Misalnya saja bila pada nada diatonis, seseorang penyanyi bila tidak kuat nada dasar lagu yang dibawakan akan bisa direndahkan nada dasarnya. 

Namun berbeda dengan Laras(nada gamelan), bagi penyanyi entah itu laki-laki atau wanita akan tetap bisa dijangkau oleh pita suara, tinggi rendahnya Laras.

Ini merupakan salah satu keunikan gamelan. Entah bagaimana bisa begitu, pembuat Laras gamelan adalah Para Wali Songo. 

Masih menjadi misteri apakah yang menjadikan inspirasi oleh para Wali dalam pembuatan Gamelan.

Para Pakar seni Luar Negri pun mengakui keunikan gamelan. Karena mereka juga sulit menyatukan nada diatonis dengan Laras Gamelan.

Adapun jaman sekarang sudah marak penyatuan antara gamelan dan musik diatonis atau disebut dalam dengan Campursari, namun bila didengarkan secara detail masih ada ketidak samaan Laras gamelan Jawa asli dengan musik diatonis.

Gamelan juga banyak yang mempunyai cerita mistis, di  suatu Sekolah Menengah Seni daerah Solo, pernah ada cerita mistis. 

Ketika para siswa sedang latihan tiba tiba Gong bebunyi sendiri, sontak hal tersebut membuat takut dan terkejut para siswa disekolah tersebut.