Misteri Patung Perawan Sunti, Gua Sunyaragi Cirebon !

Taman Air Gua Sunyaragi daerah Cirebon, adalah salah satu situs bersejarah. Daerah Jawa Barat, situs tersebut dibangun melalui fase kesultanan Cirebon berjumlah tiga. Gua Sunyaragi dibangun dengan maksud dan seolah berpesan keberagaman masyarakat Cirebon (simbolis).

arsirek Tiongkok juga berperan dalam pembangunan Gua Sunyaragi. Setiap sudut bangunan dan ruang yang terdapat di Gua Sunyaragi memiliki makna dan arti yang cukup unik.

Pengelola Gua Jajat Surdrajat mengatakan yang intinya blue print asli dari gua tersebut belum ditemukan, dan ini menjadi kendala untuk merehab bangunan tersebut.

Salah Satu peninggalan yang menjadi misteri adalah bernama tunggul batu yang diyakini sebagai patung bernama Perawan Sunti.


Patung tersebut tersimpan di museum Gua Sunyaragi. Mitos yang beredar dan unik adanya terowongan gaib yang mengarah ke Mekkah. Konon laki-laki dan perempuan bila menyentuh patung tersebut akan sulit mendapatkan jodoh.

Jajat mengatakan dan menjelaskan, dalam kitab suci Al-Quran, Perawan Sunti merupakan gelar atau sebutan yang diberikan oleh Ibunda Nabi Isa Almasih ( Bunda Maria), akan tetapi dalam perjalanan sejarah Cirebon, patung tersebut memiliki dua arti atau makna sejarah.

1. Terkait dengan Putri Ong Tien yang menurut legenda hamil tanpa melalui hubungan. Yang kemudian menikah dengan Sunan Gunung Jati, yang menurut cerita telah memenangkan sayembara.

2. Terkait dengn Putri Sultan Cirebon yang menurut cerita sosok wanita yang tidak melakukan pernikahan hingga ajal menjemput.

Namun Bagi warga dan masyarakat Cirebon, patung tersebut memiliki makna, kalau mempunyai anak harus jelas siapa ayahnya, dan ini menjadi suatu pegangan dan inspirasi untuk tidak berbuat melanggar peraturan hukum dan menjaga pribadi.

Kini Patung tersebut berada aman di museum, disinyalir menurut perkiraan bangunan dan patung tersebut dibangun pada tahun 1604.


0 Response to "Misteri Patung Perawan Sunti, Gua Sunyaragi Cirebon !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel