Home » , , , » Misteri Telaga Timbang Pracimantoro

Misteri Telaga Timbang Pracimantoro

Pracimantoro adalah salah satu kecamatan dari kabupaten Wonogiri, yang berposisi sebelah selatan Wonogiri. Bagi sesama warga Praci, tentu tidak lagi dengan sebuah telaga bernama Telaga Timbang. 

Tak jarang, tempat ini sering digunakan airnnya untuk kehidupan sehari-hari. Dalam keindahan dan kegunaannya, ternyata telaga ini menyimpan sejumlah misteri dan kejadian yang menakutkan. 

Hitung warga yang jumlahnyannya tidak sedikit, bilang, dulu pernah ada kejadian yang mengenaskan, telaga itu diam-diam pernah merenggut korban jiwa, lebih dari satu orang.

Meski begitu, saat musim kemarau tempat itu memang tak berkurang airnya, dan banyak warga juga dari luar daerah memancing / mengail untuk mencari ikan guna mencukupi kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Misteri Telaga Timbang Pracimantoro



Menurut warga biasa disebut "Hino", mengatakan tidak tempat mengering airnya dan luas. Udara yang ditampung ditelaga ini terkaang sampai meluap ke jalan raya.

"Dulu telaga ini juga sangat dalam, bahkan saking dalamnnya telaga ini dinamakan telaga timbang, karena tidak bisa diimbangi oleh telaga yang lain, tapi sekarang berbeda, kondisinya bisa mengering. Dulu dulu tidak begitu, telaga ini ada airnya terus.", Kata pak hino
Baca Juga

Cerita Mistis

Konon, kenapa telaga tersebut dapat mengering, dulu pernah ada orang yng sudah tua (sepuh), mengambil air dari telaga dan memasukkan dalam Kendi ( wadah air:Jawa), kemudian oleh orang yang sudah tua tersebut membawa kendi tersebut dan menyimpan airnnya kedalam rumah. Sejak kejadian itu, tempat terebut menjadi berkurang airrnya dan terkadang mengering, namun tidak sampai habis.

Apakah hal tersebut benar atau hanya mitos, karena jaman sekarang telah terjadi pemanasan global dimana - mana, termasuk Wonogiri. 

Dulu, telaga ini menjadi tempat favorit bagi warga sekitar, kepala desa sering memberikan bibit secara gratis dan akhir panen, warga mengadakan pesta bersama. Mereka memanen dan menikmatinya. 


Waktu sekarang ini, tempat itu memang sudah berkembang. Oleh Karangtaruna, tempat tersebut dikelola menjadi tempat pemancingan, dan bisa menjadi lahan lapangan pekerjaan.

Bagi anda yang penasaran silahkan ke ke Pracimantoro ke Telaga Timbang.

0 komentar:

Post a Comment