Home » , , , » Angkernya Sungai Mentaya Sumpit

Angkernya Sungai Mentaya Sumpit


Pernahkah anda menuju ke daerah Sampit. Kaimantan Tengah ?, tentu saja anda akan melewati jalur sungai Mentaya. Menurut cerita warga tempat tersebut salah satu tempat yang sayapit (amgker) dari 11 sungai terpanjang di Kalimantan Tengah.

Udara yang tenang disungai ini sampai menyambung langsung dengan Laut Jawa. Dengan lebar 500 Meter dan panjang sampai 1 kilometer, menjadikannya satu-satunya akses untuk menuju masuk Kalimantan Tengah.

Cerita Misteri

Ketenangan Sungai Mentaya itu, lanjutkan banyak cerita mistis. Korban yang ada di sungai ini sedikit, kapal maupun manusia. Kejadian tersebut menjadikan para nahkoda hati-hati dan penting memahami titik-titik yang berbahaya.

Baca Juga


Salah satu orang yang bernama Roy Saptika, adalah seorang kapten kapal Patroli dari Direktorat Polisi Udara dan Udara (Polairud), Polda Kalimantan Tengah. Ia di Sungai Mentaya dan Laut Jawa. 

Pria berpangkat Brigadir itu saat ini memiliki anak buah gigi tiga. Saat itu mereka seperti biasa melakukan kegiatan berpatroli, namun saat berada di Sungai Mentaya dan mulai ke arah muara laut, tiba - tiba kapal oleng kekiri dan kekanan tanpa bisa menahan angin, saat ini tidak ada angin kencang.

"Saya tanya anak buah kapal apakah ada kerusakan di bagian buritan kapal tidak bisa tahan dan jalan miring ke arah sisi kanan kemudi" kata Roy, beberapa waktu lalu.

Setelah melakukan pengecekkan, kapal dalam posisi yang baik. Karena takut dan berantisipasi Roy memutuskan untuk berhenti dan meego jangkar. Setelah beberapa saat sedang.

Tdak ingin kembali dalam keadaan itu, Roy memrintahkan anak buah ke darat dan meminta bantuan masyarakat. Dari cerita rakyat disekitar, diwilayah itu ada penunggu yang merupaka mahluk halus sungai mentaya, tempat itu adalah kerajaan penguasa alam gaib di kalimantan.

"Masyarakat kemudian tahu, agar kita menaburkan beras kuning di sekitar lokasi sembari minta izin untuk lewat. Alhamdullilahm setelah itu kapal bisa seperti sediakala", kata Roy.

Pernah Roy mencoba untuk melewati tempat tersebut, ternyata halitu lagi. Namun Roy sudah menyediakan nasi kuning.

Direktur Polairud Polda Kalteng Kombes Badarudin, tidak menampik ada suatu wilayah kerja yang merupakan daerah angker. Ia bilang ada salah satu kapal yang menjadi tempat tinggalmahluk gaib.

Badarudin juga mewanti-wanti, jadilah anak buahnya juga menghormai wilayah yang dihormati oleh warga karena untuk keselamatan mereka juga.

0 komentar:

Post a Comment

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...