Home » , » Air Terjun Kuta Malaka Tingkat Tujuh Aceh Besar

Air Terjun Kuta Malaka Tingkat Tujuh Aceh Besar

Wisata Air Terjun Kuta Malaka terletak sekitar 200 meter dari pintu masuk ke dalam hutan. Dengan berjalan, para wisatawan akan melewati 412 anak tangga, dan pemandangan kanan-kiri dinaungi oleh pepohonan rindang dan sejuk. Suara hewan alam seperti burung menambah asrinya tempat ini. Tempat ini terdapat aliran air dari pegunungan, jernih dan dingin. Hal tersebut membuat dasar telaga di bawah air terjun terlihat dan dari permukaan air telaga, kesan berwarna kehijauan timbul dengan pesona indah.

Air Terjun Kuta Malaka bertingkat tujuh hingga ke puncak pegunungan. Setiap tingkat air terjun mempunyai ketinggian kira-kira 3meter sampai 6 meter. Setiap air terjun memiliki telaga di bawahnya, dan mempunyai kedalaman rata-rata 100 centimeter hingga 200 centimeter dengan lebar 200 centimeter sampai 300 centimeter. Bermain perosotan air dapat dilakukan oleh pengunjung, meluncur dari puncak ke telaga di setiap tingkat air terjun. 

Pengunjung juga dapat berenang di telaga air terjun. Bagi yang tidak dapat berenang, duduk santai menikmati suara gemercik air, nyanyian burung dan jangkrik, serta menghirup dalam-dalam aroma udara yang berembus dari pepohon hutan di tepian telaga pun juga nyaman dan nikmat. Pengunjung yang tidak dapat berenang juga bisa berendam di telaga yang dangkal.

Gambar Air Terjun Kuta Malaka Tingkat Tujuh

Medan Lokasi
Wistatawan yang ingin berkunjung lokasi ini, terlebih dahulu berada di Banda Aceh. Maskapai penerbangan Garuda dan Lion Air tiap hari terbang dari Jakarta ke Banda Aceh. Jarak titik lokasi air terjun kira-kira sekitar 45 kilometer dari Banda Aceh. Transportasi seperti sepeda motor atau mobil dua gardan akan lebih cocok untuk menuju lokasi itu. Awal perjalanan terasa nyaman, karena medan jalan sepanjang 30 kilometer dari Banda Aceh menuju kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, mulus dan sepi kendaraan lalu-lalang. 

Pemandangan sawah hijau yang luas dan terbentang berada di sisi kiri dan kanan. Pemandangan indah di kejauhan Gunung Seulawah Agam yang gagah akan menemani ketika perjalanan. Sampai memasuki daerah Samahani, wisatawan akan merasakan perjalanan yang menantang. Jalan sepanjang 15 kilometer menuju air terjun masih tanah merah. Kala musim hujan, tentu jalan itu becek sehingga menyulitkan kendaraan yang tidak memiliki desain untuk lintasan ekstrem. 

Jalan itu pun harus melewati enam anak sungai yang rata-rata berkedalaman 40-80 sentimeter. Tidak ada jembatan untuk melintasi sungai-sungai tersebut. Perjalanan melintasi jalan itu akan memberikan sensasi memicu adrenalin. Dalam perjalanan, pengunjung bisa berhenti sejenak untuk menikmati kejernihan air sungai di lintasan tersebut yang masih alami. Sekitar 5 kilometer mendekati lokasi Air Terjun Kuta Malaka, jalanan datar berubah jadi menanjak dan berkelak-kelok. 

Gambar Air Terjun Kuta Malaka Tingkat Tujuh

Jalanan pun licin, terutama ketika musim hujan sehingga rawan membuat kendaraan terperosok dan slip. Tantangan melewati jalan tanah merah, sejumlah anak sungai, dan tanjakan sekitar 30 menit akan terbayar dan terobati apabila sampai di puncak dekat pintu masuk Air Terjun Kuta Malaka. Di puncak ke arah timur, pengunjung dapat melihat pemandangan indah, perpaduan latar depan jajaran bukit sabana, daratan Aceh, dan latar belakang Selat Malaka yang terlihat semu nan mempesona.

Untuk pengunjung yang masuk ke dalam tempat wisata, tidak perlu membayar mahal. Dengan harga yang relatif murah, pengunjung harus membayar uang retribusi Rp 5.000 per orang. Sebenarnya harga tersebut tidak sebanding dengan ke-elokan dan indahnya tersebut. Bagaimana anda tertarik? Silahkan berkunjung ke Banda Aceh dan nikmati tantangan dan nuansa eksotisnya.


Sejarah
Sekilas sejarah yang menjadi momentum, karena dahulu semasa konflik antara Pemerintah RI dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), tempat ini merupakan zona merah dan menjadi markas GAM untuk wilayah Aceh Besar. Namun jangan khawatir untuk saat ini, wisatawan yang berkunjung akan aman karena suasana sudah kondusif dan tidak pernah ada lagi kontak senjata. Air Terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 600 mdpl, memiliki bentuk bertingkat-tingkat dan keadan disekitarnya masih sangat natural. Konon kata masyarakat setempat mencapai 7 tingkat dan bahkan ada yang mengatakan 20 tingkat.

Peta Wisata
Peta ini merupakan arah perjalanan dari Banda Aceh menuju Wisata Air Terjun Kuta Malaka.

Gambar Peta Air Terjun Kuta Malaka Tingkat Tujuh Dari BAnda Aceh
Source: https://www.google.co.id/maps
Atau Klik Link Google Map Petunjuk Arah Dari Banda Aceh Menuju Air Terjun Kuta Malaka Disini

0 komentar:

Post a Comment