Home » , » Air Terjun Lhoong Atau Krueng Mempesona

Air Terjun Lhoong Atau Krueng Mempesona

Wisata Air Terjun Suhom, adalah wisata alam yang asri dengan keindahan berpadu dengan suara burung berkicau, serta suara air yang gemericik. Lokasi tepatnya terletak di desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Aceh. Adapun nama lain dari Air Terjun Suhom adalah Lhoong atau Krueng Kala. Air terjun tersebut memiliki sumber air dari sebuah bukit dengan aliran yang air tumpah setinggi sekitar 20 meter. Posisi air terjun ini berpoisi di center pemandangan alam yang indah.

Terbagi dalam tiga tingkatan, namun wisatawan tidak diperbolehkan naik ke tingkat dua dan tiga, karena alasan keamanan karena pembangkit listrik bertegangan tinggi ada di sana. Ada pembangkit listrik mikrohidro dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk memasok listrik kepada sekitar 200 kepala keluarga dan penduduk desa Kreung Kala.

Hal yang menarik lagi, wisata ini dikelilingi oleh banyak pohon buah durian. Saat musim panen tiba, banyak penjual durian musiman alias dadakan menampilkan aroma buah yang kuat di dekatnya bersama dengan pengunjung lokal yang hadir jalan-jalan ditempat ini. Puluhan pohon durian yang tumbuh tegak di lembah-lembah. Wisatawan yang berkunjung di Lhoong tepat akhir tahun selama musim durian,dapat menikmati kesenangan ganda yakni, pemandangan alam dan wisata kuliner lokal asli. Memang, bukankah menarik mandi di Air Terjun Suhom sambil mengenyam durian?.

Gambar Air Terjun Lhoong Atau Krueng Mempesona

Pengunjung tidak akan takut lapar dan haus setelah lelah bermain apa lagi mandi, kuliner alias warung makanan hingga makanan ringan dan minuman untuk meningkatkan energi atau melepaskan keletihan banyak ditemukan. Musim durian juga menarik banyak pengunjung dari daerah lain di Aceh Besar, dan kabupaten lainnya seperti Banda Aceh, Pidie, dan Pidie Jaya.

Sebelum sampai di air terjun, pengunjung lokal ini biasanya mampir untuk membeli durian di Desa Lam Sujen, dimana pohon durian melimpah. Selama musim durian pada bulan Desember atau Januari setiap tahunnya, ribuan durian dari perkebunan masyarakat dibeli oleh pedagang dan orang-orang yang berencana untuk mengunjungi Air Terjun Suhom. Harganya berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per buah.

Keindahan yang mempesona di tempat wisata ini dapat dinikmati setelah pengunjung membayar tiket yang relatif murah, yaitu seharga 10.000 rupiah. Biaya tersebut untuk aset pemeliharaan fasilitas umum. Pengunjung juga akan menuruni anak tangga berjumlah ratusan untuk menuju lokasi.


Selain itu, di air terjun ini, ada juga lokasi yang bisa digunakan untuk berkemah. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus melewati rute yang naik turun dengan pemandangan gunung Paro dan Kulu. Di epanjang jalan, jangan kaget karena melihat banyak monyet berkeliaran di jalan. Monyet-monyet ini biasanya meminta buah atau makanan ringan lainnya dari orang yang lewat di pinggir jalan.

Gambar Keindahan Air Terjun Lhoong Atau Krueng Mempesona

Jarak Lokasi
Jarak tujuan diperkirakan 75 kilometer ke arah barat Banda Aceh atau sekitar 3 kilometer dari jalan utama Banda Aceh-Calang, sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan umum atau mobil. Jalan ini melewati Pantai Lampuuk yang indah, Pantai Lhoknga, dan Kecamatan Leupung.

Transportasi
Wisatawan dapat menyewa motor ataupun mobil untuk sampai lokasi. Saya sarankan untuk menggunakan mobil dan bekerjasama dengan pengunjung lainnya, karena selain biaya dapat ditanggung bersama, tentunya akan mudah untuk membawa barang bawaan.

Penginapan
Lokasi tidak begitu jauh dari Banda Aceh, jadi anda bisa mencari penginapan di kota Banda Aceh. Mulai dari guest house sampai dengan hotel yang berbintang. Tapi untuk wisatawan yang gemar berpetualang lalu ingin berkemah merasakan alam sekitar, boleh sekali memanfaatkan tempat ini untuk bercamping.

Piranti
Wisatawan yang berkemah maupun berkunjung, diharapkan untuk membawa pakaian, bila nanti basah bisa langsung ganti. Membawa kamera untuk mengabadikan keindahan atau sekdar ber-selfie, sangat berguna untuk menikmati. Membawa P3K untuk berjaga bila terluka akan lebih baik. Wisata lainya juga dapat anda kunjungi seperti Air terjun dengan 17 tingkat ( Sangka Pane/Tansar).

Peta Lokasi

Sumber: Google Maps

0 komentar:

Post a Comment