Home » , , » Bendungan Brayeun Aceh Besar

Bendungan Brayeun Aceh Besar

Bendungan karya masyarakat Aceh besar yang terlihat menyatu, natural, indah dengan alam ini bernama Bendungan Brayen. Jarak dari Kota Banda Aceh, adalah sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh. Lokasi tepatnya di Leupung, Aceh Besar. Walau jalan terlihat sempit namun indah bersama penampakan perkampungan alami. Dasar-dasar pembangunan bisa dinikmati ketika anda memasuki jalan masuk ke tempat wisata ini. Desa yang penuh dengan petak sawah, pandangan menjadi sejuk dan damai, banyak orang mengatakan "sulit didapat, lagi sulit dilupakan".

Pada tahun 2011, sebenarnya tempat ini tidak begitu ramai, namun sekarang bila anda menuju wisata ke tempat tersebut, akan dipenuhi oleh kumpulan para mahasiswa dan keluarga yang berlibur atau main-main disana. Karena luas dan indahnya tesebut, tidak akan takut akan tempat yang berjubal atau sesak. Bendungan tersebut sangat menyisakan tempat yang lapang.

Sebutan nama Brayeun sangat unik, itulah tempatnya. Brayeun merupakan sebuah lembah yang dibatasi oleh bendungan sehingga membentuk seperti sebuah kolam yang sangat eksotis, disertai pemandangan alam pegunungan yang masih alami. Nuansa sejuk, indah dan juga nyaman. Brayeun dapat dimasukan dalam kategori sebagai salah satu tempat pariwisata yang baru dan memiliki daya tari yang tinggi, tidak heran itu kenapa tempat tersebut sangat diminati olaeh para wisatawan.

Wisata Bendungan Brayeun Aceh Besar

Brayeun tepatnya terletak di Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, kira-kira sekitar 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh, 2,5 Kilometer dari Kantor Polsek Leupung. Sebelum sampainya pada tempat Wisata, kita dapat menikmati indahnya pemandangan laut Lhoknga yang elok nan memukau, serta pemandangan Gunung yang indah pada kiri dan kanan sepanjang jalan yang dilalui saat perjalanan.

Aspal mulus dan memadai menggunakan transportasi darat, seluruh jalan dan medannya mudah dilalui. Biaya untuk masuk ke area wisata juga tergolong harga murah daripada dan dibandingkan dengan wisata yang lain. Sekitar 3000 rupiah untuk orang dewasa, dan khusus anak-anak tidak ada biaya alias gratis.


Adanya tempat obyek pariwisata baru tersebut, warga sekitar telah memperoleh dampak positif dalam hal ekonomi dan perdagangan. Contoh saja saat memasuki wilayah tersebut, wisatawan tidak perlu susah payah untuk mencari area parkir, karena sudah disediakan oleh warga lokal. Biaya untuk sepeda motor 2000 rupiah dan mobil anda cukup mengeluarkan uang 10.000 rupiah, tapi itu tanpa ada tanda bukti. Anda tidak usah khawatir karena lahan/area parkir dikelola oleh sang pemilik sendiri. Ini menandakan warga sekita sangat peduli dan keamanan terjaga. Sekeliling lahan permandian terdapat banyak warung-warung dan cafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Wisata Bendungan Brayeun Aceh Besar

Pengunjung yang hadir dapat menikmati segar dan dinginya aliran air permandian, itu secara cuma-cuma alias gratis. Untuk anda yang ingin menggunakan fasilitas lain, anda tinggal menyewa. Seperti Perahu Duck, sekoci besar dan kecil serta ban untuk berkeliling sungai juga tersedia.

0 komentar:

Post a Comment