Home » , » Catatan Penting Biologi Tentang Biodiversitas, Vegetasi, Dan Klasifikasi

Catatan Penting Biologi Tentang Biodiversitas, Vegetasi, Dan Klasifikasi

Keanekaragaman makhluk hidup (biodiversitas) yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah, merupakan dasar kehidupan yang ada di Bumi.

Keanekaragaman hayati meliputi variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, mulai dari tingkatan gen, spesies hingga ekosistem. Berdasarkan hal tersebut, para ilmuwan membedakan keanekaragaman hayati menjadi tiga tingkatan, yaitu keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem.

Keanekaragaman hayati juga dapat dilihat berdasarkan karakteristik wilayahnya dan penyebarannya.
Penyebaran hewan di muka bumi menurut Alfred Russel Wallace dapat dikelompokkan menjadi 6 daerah, yaitu Paleatrik, Ethiopia, Oriental, Aus-tralia, Neortik, dan Neotropik.

Vegetasi adalah tumbuhan yang menutupi suatu daerah tertentu. Persebaran tumbuhan ditentukan oleh faktor geologis, geografis dan curah hujan.

Tipe vegetasi berdasarkan ciri-cirinya, yaitu tundra, taiga, hutan gugur, padang rumput, padang rumput, vegetasi gurun, sabana, hutan hujan tropis, hutan bakau, dan hutan lumut.

Klasifikasi adalah cara para ilmuwan untuk mengelompokkan makhluk hidup. Dasar untuk mengelompokkan makhluk hidup adalah dengan melihat dari persamaan dan perbedaan ciri-ciri dan sifat makhluk hidup, yang meliputi ciri morfologis, anatomis, biokimia, dan reproduksinya. Pengelompokan makhluk hidup yang sudah menggunakan aturan tertentu disebut sistematika.

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...