Home » , » Indahnya Ujong Pancu Kabupaten Aceh Besar

Indahnya Ujong Pancu Kabupaten Aceh Besar

Ujong Pancu adalah salah satu tempat wisata terletak di kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam, yang berjarak 12 KM dari Banda Aceh. Berjarak sekitar 8 kilometer dai ibu kota Provinsi Aceh. Objek Wisata Pantai Ujong Pancu Aceh, Ujong Pancu adalah nama dari salah stau pantai yang terletak di kota Banda Aceh, tepatnya berada di kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Para wisatawan dapat mengakses jalan untuk menuju pantai, fasilitas yang mencukupi sehingga memungkinkan dari pengunjung untuk datang ke lokasi dengan lebih cepat dan mudah.

Pantai Ujong ini menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena memiliki daya tarik yang kuat. Daya tarik yang pertama dari pantai Ujong Pancu ini adalah karena keberadaan geologis pantai wisata ini. Terletak di sebuah kawasan yang dapat dikatakan sebagai kawasan yang mempesona. Pantai berposisi di kaki gunung, akan tetapi juga merupakan sebuah kawasan pinggir pantai. Kombinasi dari dua bentang alam inilah yang menambah unik dam indahnya obyek wisata ini.

Gambar Indahnya Ujong Pancu Kabupaten Aceh Besar

Para pemancing mania, harus ke pantai ini karena terkenal sebagai primadona bagi para pemancing. Lokasi yang menakjubkan, pantai yang landai, terdapatnya beberapa bebatuan besar dan didukung dengan ombak yang tidak terlalu besar menjadi sangat memungkinkan tempat ini untuk dijadikan sebagai lokasi tepat pemancingan.

Daya tarik yang lain dapat dinikmati dari pengunjung pantai yang tak suka akan kegiatan memancing. Di kawasan lain pantai terdapat gunung yang tak terlalu tinggi. Dengan jalan yang sudah dibuat sedemikian rupa yaitu berupa jalan tangga yang terbuat dari seman akan memungkinkan untuk melakukan pendakian.

Baca Juga:

Di atas gunung adalah berupa makam dari seorang Ulama Aceh yang bernama Syeikh Hamzah Fansuri. Keramaian pengunjung di lokasi ini dapat dilihat pada hari Jumat di mana kebanyakan pengunjung adalah untuk berziarah ke malam ulama ini. Selain sebagai objek wisata, kawasan dari pantai ini juga digunakan sebagai Kawasan Konservasi Laur Daerah (KKLD) dari kota Aceh Besar. Di sana dilakukan upaya untuk memelihara Mangrove dan juga Terumbu Karang.

Gambar Indahnya Ujong Pancu Kabupaten Aceh Besar

Sebelum bencana tsunami meluluhlantakan Aceh dan juga termasuk kawasan pantai ini, lokasinya sudah menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau dan dipenuhi dengan hutan mangrove yang juga luas. Saat ini setelah tsunami, semua pihak berupaya untuk mewujudkan kembali cita-cita menjadikan pantai Ujong Pancu ini sebagai hutan mangrove dan juga untuk menyelamatkan terumbu karang.


0 komentar:

Post a Comment