Home » , » Keraton Yogyakarta Wisata Yang Mendunia

Keraton Yogyakarta Wisata Yang Mendunia

Berlokasi di tengah kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta adalah istana resmi yang dilungguhi oleh Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kesultanan tersebut telah bergabung dengan pemerintah sekitar pada tahun 1950, akan tetapi komplek atau lingkungan keraton tersebut masih mempunyai fungsi untuk tempat tinggal sultan dan rumah tangga. Walau begitu tradisi dan adat tentang kesultanan masih berjalan dengan baik sampai saat ini.
.
Destinasi, salah satu peninggalan dan obyek wisata yang menjadi favorit wisatawan. Kraton Yogya ini sering dikunjungi oleh warga, wisatawan lokal maupun internasional. Berbagai koleksi milik kesultanan dan turun temurun, maka sebagian kompleks dijadikan museum. 

Isi dari museum diantaranya adalah berbagai macam pemberian dari raja-raja Eropa, pusaka (replika), kreta kencana dan alat musik gamelan. Menurut beberapa peneliti kraton memiliki arsitektur terbaik dengan beberapa balairung yang dimiliki, selain itu lapangan dan paviliun juga indah dan luas.


Pendiri Keraton ini adalah Sultan Hamengku Buwono I tahun 1755, dulunya tempat berdirinya bangunan ini adalah pesanggrahan Garjitawati. Garjitawati adalah tempat peristirahatan iring-iringan dalam menghantarkan raja-raja Mataram yang telah wafat dan dibawa ke makam Imogiri.

Jalur Menuju Lokasi
Tempat Raja dan punggawa Jogja ini tidak jauh dari Alun-alun utara, jaraknya sekitar 50 meter dari Malioboro. Malioboro atau yang sekarang berubah nama menjadi jalan Margo Mulya juga sangat menarik dan unik, karena disepanjang jalan dipinggir-pinggir terdapat banyak penjual busana maupun makanan. Bila wisatawan naik kereta, kemudian turun di stasiun Tugu, untuk menuju lokasi Istana berjalanlah kearah selatan sambil menikmati Margo Mulyo kemudian menjelajah Alun-alun Lor (utara) dan pastikan anda menilik keindahan sejarah Jogja di Kraton.

Tiket Masuk Wiata
Para pengunjung dapat memasuki setiap hari, buka jam 08.00 sampai siang 14.00 WIB. Untuk hari Jumat akan dibuka 08.00 sampai 12.00 WIB. Harga untuk satu tiket masuk per orang cukup murah, yakni 7000 rupiah, dan untuk pengunjung dari manca negara sekitar 12.500 rupiah.


Apa  saja yang dapat dinikmati
  • Benda bersejarah antik
  • Kreta Kencana
  • Koleksi lukisan
  • Berbagai macam benda pusaka plus nama
  • Alat Instrumen Gamelan lengkap 
Foto
Berfoto selfie dengan latar belakang benda bersejarah adalah hal menarik, dengan tiket ijin seharga 1000 rupiah pengunjung boleh mengambil gambar sesuka hati tapi tetapi sopan dan sewajarnya.

Baca:

Pentas Seni
Penyambutan para abdi dalem dengan busana Jawa yang khas, selain itu anda juga bisa menikmati pagelaran seni budaya yang dilakukan oleh para pengrawit. Suguhan budaya ini selalu dipentaskan setiap hari.


Seminggu adalah hari yang padat dan berisi untuk para abdi. Senin-Selasa pertunjukan Musik Karawitan Jawa, Rabu pementasan Wayang Golek Menak, Kamis untuk Seni Tari, Jumat untuk tetembangan Jawa (Macapat), Sabtu Wayang Ringgit Purwa dan Minggu Pementasan Wayang orang kompleks dengan tarian.

Fasilitas Lengkap
Semua keindahan dan keunikan Kraton, lengkap dengan fasilitas untuk pengunjung, seperti tempat parkir, tempat ibadah, tempat kuliner dan oleh-oleh khas Jogja juga sangat komplit.  Anda ingin membeli cindera mata atau pernak-pernik asesoris?, lingkungan dari Margo Mulyo hingga ke menuju lokasi tidak akan menjadikan khawatir dan kebingungan mencari, Jogja adalah gudangnya.

Lokasi
Jarak dari Stasiun Tugu ke Lokasi sekitar 3 kilometer, wistawan bisa berjalan, naik becak atau berkendara untuk menempuhnya. 

Peta dan denah Lokasi Menuju Keraton Yogya Dari Stasiun Tugu
Source: Google Maps