Home » » Pembahasan Fungsi Bronkus dan Strukturnya

Pembahasan Fungsi Bronkus dan Strukturnya

Bronkus
Proses perjalanan pernapasan pada manusia diawali dengan udara yang masuk melalui rongga hidung, kemudian melewati faring, masuk pada trakea (pangkal tenggorokan), setelah itu masuk ke dalam bronkus. Berlanjut menuju bronkiolus dan finish di alveolus atau jamaknya disebut alveoli.

Dalam sistem pernapasan pada manusia, trakea memiliki cabang terbagi menjadi dua saluran. Dua saluran tersebut adalah bronkus kiri dan bronkus kanan. Pada kedua bronkus ini masing-masing saluran menuju ke paru-paru.

Jadi apakah bronkus itu?. 
Bronkus adalah salah satu dari alat pernapasan manusia yang mempunyai fungsi sebagai saluran keluar-masuk udara dari dan ke paru-paru.
Nama lain dari bronkus adalah cabang batang tenggorokan. Apabila terjadi infeksi pada bronkus, akibatnya akan terjadi peradangan atau inflamasi. Penyakit tersebut jenis ini disebut bronkitis.


Fungsi Bronkus
Organ pernafasan ini mempunyai fungsi sebagai saluran keluar karbon dioksida (CO2) dari kedua paru-paru dan berfungsi sebagai saluran masuk oksigen (O2) dari hidung. Pada dasarnya bronkus mempunyai struktur yang sama dengan trakea, namun dinding bronkus lebih halus dari pada trakea. Trakea bercabang menjadi dua bronkus, yakni bronkus kanan serta bronkus kiri.

Bronkus sendiri juga bercabang lagi, yakni bronkiolus yang menuju alveolus. Bronkus kiri mempunyai cabang menjadi dua bronkiolus dan brongkus kanan memiliki cabang menjadi tiga bronkiolus. Jumlah tersebut juga memiliki kaitan dengan jumlah lobus dalam paru-paru, dimana paru-paru kiri memiliki dua lobus serta paru-paru kanan yang memiliki tiga lobus.

Di bawah ini adalah penjelasaan alat pernapasan bronkus berikut cara kerjanya.
Fungsi Utama Bronkus
Bronkus memiliki dua fungsi peran utama yang sangat penting. Dua fungsi itu adalah sebagai saluran udara dan pencegah infeksi. Kita bahas dibawah ini. 

Saluran Udara
Sebagai saluran udara adalah salah fungsi utama dari bronkus, ini memungkinkan udara untuk masuk dan melewatinya. Saluran trakea terbagi menjadi 2 bagian yang dinamakan bronkus, apabila telah masuk pada trakea, udara yang dihirup kemudian memasuki bronkus.

Setelah itu, udara berlanjut masuk pada saluran yang disebut sebagai bronkiolus. Bronkiolus tersebut juga memiliki cabang saluran alveolar yang pada akan berakhir ke alveolar kantung udara atau alveoli (alveolus).

Jadi, bronkus pada dasarnya berfungsi sebagai saluran untuk keluar masuknya udara. Tidak benar bila ada sebagian berpendapat dan menyebut bahwa fungsi bronkus adalah tempat pertukaran udara. Bronkus hanya bertindak sebagai saluran udara, karena pertukaran gas (Karbondioksida dan oksigen) yang terjadi di alveolus.

Fungsi penting dimiliki bronkus, sebab ada banyak penyakit pada bronkus yang dapat menimbulkan masalah pada pernapasan. Contoh penyakit asma, ini terjadi disebabkan bronkus yang terbatas, yakni saat lumen menurun. Kejadian ini memiliki akibat udara yang tidak mencapai paru-paru kemudian orang mulai merasa sesak napas. Misalnya terlihat pada asma bronkial kronis. Sebeb itu, saat bronkus berfungsi dengan baik, maka saluran pernapasan akan tetap terjaga, sehingga udara dapat berjalan melewati dengan bebas.

Mencegah Infeksi
Bronkus terlapisi oleh berbagai macam jenis sel, termasuk sel bersilia serta goblet (sel lendir). Sel-sel bersilia dinamakan demikian sebab mereka mempunyai silia (bulu). Silia adalah rambut seperti bulu yang mempunyai gerak berirama.


Sel goblet adalah sel yang berukuran besar dan memiliki fungsi untuk mengeluarkan lendir. Saat udara masuk dari hidung, rambut hidung dan silia akan mencoba untuk mencegah dan menjebak patogen untuk masuk. Akan tetapi, udara yang lembab tetap masuk pada trakea, lalu melewati bronkus.

Silia dan lendir pada bronkus mempunyai fungsi untuk mencegah patogen masuk ke dalam paru-paru. 

Fungsi bronkus tersebut sangatlah penting, karena bila patogen masuk ke dalam paru-paru, hal tersebut dapat menyebabkan penyakit sistem pada pernapasan. Penyakit akan terlihat ketika ada gangguan fungsi silia pada bronkus, seperti pada bronkitis, di sana terjadi peradangan bronkus.

Pengertian Sederhana
Bronkus pada dasarnya adalah bagian dari sistem pernapasan manusia serta berfungsi untuk memastikan udara dari trakea mencapai saluran alveolar dan berakhir di alveolus.

Baca:

Gangguan fungsi bronkiolus mampu menimbulkan banyak penyakit, sebagian dapat didiagnosis dengan cara menganalisis suara napas bronkial. Guna mencapai diagnosis akhir, harus dilakukan banyak tes dan mungkin perlu melakukan prosedur bronkoskopi. Bronkoskopi adalah pemeriksaan dengan kamera dilewatkan ke dalam saluran pernapasan untuk memeriksa setiap masalah atau penyumbatan.