Home » » Perbedaan Spesifik Sel Tumbuhan Dan Sel Hewan

Perbedaan Spesifik Sel Tumbuhan Dan Sel Hewan

Kita akan membahas perbedaan yang dimiliki antara sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan secara singkat, sel yang dimiliki hewan berukuran lebih kecil, mempunyai bentuk tidak tetap, serta memiliki lisosom dan sentrosom. Hewan keci tidak mempunyai dinding sel,  plastid (kloroplas) dan vakuola. Untuk sel tumbuhan lebih besar, memiliki bentuk tetap, mempunyai plastid (kloroplas), dinding sel dan vakuola, namun tidak memiliki lisosom dan sentrosom.

Guna mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan secara lebih jelas serta terperinci, Kita akan mengamati perbedaan tumbuhan dan hewan dengan mata terbuka.

Bila kita perhatikan, jelas tumbuhan dan hewan mempunyai perbedaan sangat kontras.  Hewan bergerak dengan aktif sebaliknya tumbuhan tidak dapat bergerak aktif . Pergerakan yang dilakukan tumbuhan cenderung pasif, itu karena bentuk sel tumbuhan yang kaku.

GAMBAR PERBEDAAN SPESIFIK SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

Tahukah kita kenapa Sel Tumbuhan Kaku? Simak  gambar sel tumbuhan dibawah ini.

GAMBAR PERBEDAAN SPESIFIK SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

Dapat dilhat pada gambar, bahwa tumbuhan memiliki dinding sel. Struktur dinding sel yang keras, menyebabkan sel tumbuhan memiliki sifat kaku. Berbeda dengan sel hewan. Sel pada hewan tidak mempunyai dinding sel ini menciptakan sifat fleksibel dan bentuknya mampu berubah­-ubah. a

Gambar diatas juga memaparkan banyaknya perbedaan antara sel yang dimiliki tumbuhan dan sel pada hewan

Keterangan Lengkap Sel Hewan dan Sel Tumbuhan 
Jika perbedaan yang kamu dapatkan masih sedikit (kurang dari 5), maka kamu perlu membaca lebih lanjut artikel dibawah..

Paparan gambar diatas dan beberapa referensi otentik yang lain, terdapat 7 perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan: 
Sel Pada Hewan
  • Mempunyai ukuran lebih kecil dari sel tumbuhan
  • Tidak mempunyai plastid (kloroplas)
  • Tidak ada dinding sel
  • Mempunyai lisosom
  • Mempunyai sentrosom
  • Memiliki bentuk yang tidak tetap
  • Terdapat vakuola (sebagian ada yang mempunyai tapi biasanya ukurannya kecil)
Sel Pada Tumbuhan
  • Ukuran sel lebih besar dari sel hewan
  • Biasanya memiliki plastid (kloroplas)
  • Terdapat dinding sel dan selaput(membran) sel
  • Tidak terdapat lisosom
  • Tidak mempunyai sentrosom
  • Bentuk  tetap
  • Vakuola ukuran besar pada umumnya berjumlah banyak
Simaklah dibawah ini, tabel perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

GAMBAR JELAS TABEL PERBEDAAN ANTARA SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN

Penjelasan lebih lanjut perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan:

Ukuran Dan Bentuk
Sel tumbuhan umunya memiliki ukuran lebih besar dan bentuk persegi panjang, sedang sel hewan umumnya memiliki bentuk bulat.

Kandungan Lisosom
Satu sel hewan memiliki kandungan lisosom dalam sitoplasma. Lisosom terkandung beberapa enzim yang berfungsi membantu dalam proses pencernaan dan pemecahan zat dalam sel hewan. Sel pada tumbuhan tidak mempunyai lisosom.

Plastida atau Kloroplas
Sel tumbuhan terkandung Plastida didalamnya juga terdapat kloroplas. Kloroplas tersebut yang menjadikan tumbuhan bisa mencipta makanan mereka sendiri (autotrof). Kloroplas  (zat hijau daun) berfungsi sebagai tempat fotosintesis.

Sel pada hewan tidak mempunyai kloroplas, sebab itu kenapa hewan memerlukan makan berupa daging atau tumbuhan sehingga disebut organisme heterotrof.

Dinding sel
Dinding sel dan membran plasma dimiliki oleh sel tumbuhan. Fungsi dinding sel untuk mempertahankan bentuk sel dankan mencipta perlindungan terhadap sel. Dinding sel terdiri dari selulosa dan hemiselulosa.

Berbeda dengan sel hewan yang tidak memiliki dinding sel namun mempunyai membran plasma. Fungsi dari membran sel adalah sebagai batas luar sel hewan.

Sentriol
Organel ini tidak aktif pada sel tanaman. Berbeda dengan sel hewan, sentriol ini memiliki fungsi membantu pergerakan kromosom pada saat proses pembelahan sel.

Vakuola
Sebuah sel tanaman umumnya memiliki besar dan menonjol vakuola tunggal dan merupakan komponen kandung kemih seperti mengandung air dan zat terlarut lainnya, sehingga memiliki fungsi sebagai gudang sel. Sel hewan mungkin atau mungkin tidak terkandung satu atau beberapa vakuola kecil.

Asam Amino
Pada sel tumbuhan semua jenis asam amino akan melakukan sintesis. Berbeda dengan sel hewan hanya dapat mensintesis beberapa jenis asam amino.

Baca Juga:
Organel Pada Sel Tumbuhan Dan Fungsnya

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...