Home » , » Pucok Krueng Tempat Indah Aceh Besar

Pucok Krueng Tempat Indah Aceh Besar

Wista Aceh sangat kerap masuk dalam media dan menjadi viral. Salah satu dari wisata Aceh yang terkenal adalah sebuag sungai bernama Pucok Krueng. Tempat wisata ini seperti surga yang tersembunyi dibalik tepian Lhokga. Tdak heran para wisatawan berburu dengan foto karena sangat menarik dan indahnya memukau. Pemandangan air berwarna hijau ranau di Pucok Krueng juga senantiasa menjadi salah satu pemandangan segar dan permai. 

Pesona pegunungan Pucok Krueng, nama itu dalam bahasa Aceh, karena lokasi ini benar-benar terletak di sudut gunung di kawasan ketinggian di atas pemukiman penduduk. Lokasi ini baru saja dikenal sejak tiga tahun lalu. Pada awalnya tidak banyak mengetahui keberadaan tempat ini selain warga masyarakat desa setempat, yang bisa berkebun dan bersawah di kawasan Pucok Krueng.

Lama kelamaan kawasan ini mulai dikenal oleh kalangan anak-anak muda pencinta alam dan backpacker, yang akhirnya berkembang berlanjut dari mulut ke mulut. “Karena sudah mulai banyak datang orang, makanya kami memutuskan untuk mengawasi lokasi, agar tempat wisata tetap terjaga tetap asri dan bersih, serta agar lokasi ini tidak digunakan untuk hal-hal yang negatif,” jelas Agam, pengawas kolam Pucok Krueng.

Gambar Pucok Krueng Tempat Indah Aceh Besar

Lokasi sungai ini tidak jauh dari center Kota Banda Aceh, arahnya sekitar 17 kilometer ke barat. Untuk menuju lokasi, akan melintasi jalan Banda Aceh - Meulaboh hingga sampai kecamatan Lhoknga. Rute tepatnya lokasi satu kilometer sebelum samapi di Pabrik Semen Andalas (Lafarge Cement) lalu belok kiri. Dari lorong utama, menempuh 4 kilometer lagi untuk sampai kepada tempat wisata tersebut.

Baca Juga: Bendungan Brayeun Aceh Besar

Medan atau akses akan melalui jalan bebatuan yang belum beraspal. Perjalanan tersebut akan sangat menantang dan cocok untuk para Ezytraveler. Lokasi tersebut juga tergolong dalam hutan, namun itu tidak menjadi pennghalang bagi para wisatawan. Pemandangan hamparan sawah sebelum tiba di hulu sungai Pucok Krueng juga menjadi salah satu daya tarik untuk wisatawan. Kolam dengan air yang tenang dan berwarna hijau, diantaranya disekat oleh tebing batu yang begitu terjal. Tempat tesebut juga sangat cocok untuk berolah raga Rock Climbing, tentunya dengan alat yang memadai, bentuk dari tebingnya memang sangat terjal cocok bagi olah raga panjat tebing.

Gambar Pucok Krueng Tempat Indah Aceh Besar

Pucok Krueng merupakan hulu sungai yang bermuara ke laut Lhoknga. Salah satu pengelola wisata tersebut bernama Pak Muhammad Syarif, karena di tanah milik almarhum Mukhtar Yakob, ayah dari beliau sendiri. Menurut keterangan bapak Syarif dahulu di sini terdapat sebuah Dayah (pesantren) yang dibina oleh seorang ulama. Makam ulama tersebut masih dapat diziarahi, pada bukit di tepian sungai ini. 

Gambar Pucok Krueng Tempat Indah Aceh Besar

Ada hal yang menarik, selain warna airnya yang hijau ranau, di sini juga terdapat beberapa gua. Sebuah gua di sisi barat terlihat lebih lebar dari yang lainnya. Apa bila menapak dan disusuri maka akan sampai pada Lamno, Aceh jaya. Demikian juga dengan yang di sebelah timur, jika disusuri bisa sampai ke Laweung – Kabupaten Pidie.

Untuk dapat menikmati keindahan di tempat wisata sungai Pucok Krueang, pengunjung hanya dikenakan biaya yang relatif murah. Dengan membayar rp.10.000, per orang akan dapat melihat dan memandang keindahannya. Di sebuah papan yang terdapat pada tepian sungai Pucok Krueng tertulis; “Ketika ikan terakhir telah ditangkap, pohon terakhir telah ditebang dan sungai terakhir telah kering, saat itu manusia akan sadar bahwa uang tidak dapat dimakan.” Petuah yang sarat akan cinta alam. 

0 komentar:

Post a Comment

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...