Home » , » Seulawah Agam Wisata Gunung

Seulawah Agam Wisata Gunung

Salah satu wisata gunung yang terkenal di Aceh adalah Gunung Seulawah Agam. Loksi tepatnya di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Ketinggian yang dimiliki adalah sekitar 1726 mdpl, selain itu nama wisata ini juga banyak macam, seperti Solawa Agam, Selawadjanten, Solawaik Agam, dan Goldberg. Diatasnya juga terdapat kawah, yang dikenal dengan nama Kawah Heutsz, warga sekitar menyebutnya dengan Tanah Simpago.

Terbentuknya gunung tersebut, karena pertemuan lempeng Indonesia dan Australia, bergerak ke utara relatid, dan menujam di bawah Lempeng Kerak benua Eurasia. Akibatnya terjadi proses melting atau peleburan kerak Samudera Indonesia - Australia menjadi magma. Magma tersebut menerobos kepermukaan melewati zona lemah dan kemudian memebentuj gunung Solawik Agam.

Wisata gunung  yang terletak di Kecamatan Lembah Seulawa, Kabupaten Aceh besar ini merupaka gunung berapi dengan tipe C di Aaceh. Pada tanggal 16 dan 21 Agustus tahun 1975, terdengar suara yang gemuruh disertai asap yang keluar dari Gunung tersebut.

Gambar Seulawah Agam Wisata Gunung

Oleh masyarakat Aceh, Seulawah Agam dan Seulawah Dara dan juga dikenal sebagai Kawasan Penyangga Ekosistem Leuser, Kawasan ini memiliki luas kurang lebih  1,4 juta ha yang meliputi wilayah Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Besar, Pidie, Bireun dan Aceh Tengah. Kawasan Seulawah dengan suhu udara minimum 19 sampai 21 Celcius dan maksimum 25 sampai 30 Celcius dengan curah hujan yang berkisar 2.000 sampai  2.500 mm pertahun, dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Dengan kondisi alam yang sejuk dan curah hujan yang tinggi, daerah tersebut memiliki jenis Flora dan fauna  yang beragam, seperti Gajah yang terkenal dengan legenda Pocut Meurahnya, rusa, harimau, beruang, kancil, babi hutan, tenggiling, Landak dan ular, juga terdapat berbagai macam jenis burung yang selalu menghiasi kawasan ini. Luasnya bukit yang terjal yang diselimuti oleh berbagai macam jenis kayu seperti meranti, copat, cemara, beramah, urip, deriam dan semantuk sehingga menjadi penyangga kehidupan bagi makhluk hidup di kawasan tersebut.

Para wisatawan juga dapat menemukan aneka jenis burung dan pohon di wilayah ini. Seperti contoh, pohon meranti, pohon copat, pohon beramahm pohon cemara, pohon deriam, pohon semantuk dan juga pohon urip. Tumbuhan pohon pohon tersebut juga sekaligus menjadi penopang dan tempat berlindung bagi mahluk di Gunung ini. Terjadinya Konservasi tanah tercegah karena pohon-pohon tersebut. Iklim yang teratur dan banjir apat tercegah, selain itu mamalia, burung dan serangga akan terjga kelestariannya.

Gambar Seulawah Agam Wisata Gunung

Pendakian Wisatawan
Wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam, Udara bersih, pemandangan yang luas berwarna hijau nan mempesona, ketenangan akan memberikan sebuah kesan dan kenikmatan tersendiri. Pendakian ke gunung ini tidak teralu susah atau sulit, karena kemiringan paling menantang gunung ini adalah 70 derajat dengan jarak kira-kira sejauh 500 meter. Wisatawan juga akan disuguhan dengan 50 derajat kemiringan. Sehingga nuansa dan kesan landai memudahkan untuk berjalan melalui.

Bila akan melakukan pendakian, wisatawan bisa beristirahat terlebih dahulu di sebuah desa atau perkampungan Saree. Penginapan di tempat itu tesedia, keindahan sawah dan perkebunanan kan dilalui ketika melakukan pendakian. Setelah menyusuri lokasi tersebut, wistawan akan menjumpai aliran air dari sungai kecil yang airnya jernih nan segar. Untuk menyebrangi sungai pengunjung dapat melewati jembatan kayu besar. 


Peristirahatan pertama akan ditemukan setelah kurang lebih 4 jam perjalanan. Pengunjung dapat beristirahat yang dinamakan Pintu Angin. Sekitar 1 setengah jam perjalanan dari Beringin putih, wisatawan akan bertemu dengan pos istirahat kedua bernama Batu Gajah. Memakai jaket pada lokasi ini diharuskan karena cuacanya yang dingin. Sekitar waktu 25 menit Wisatawan pendaki akan sampai dengan puncak Gunung Seulawuh ditandai dengan adanya tugu P.137, wisatawan siap untuk membangun tenda.

Peta Lokasi

Peta Seulawah Agam Wisata Gunung
Source: Google Maps

Ketinggian 1.726 m (5.663 kaki)[1]
Koordinat 5°25′51″LU 95°39′28″BT 
Geografi
  • Letak Sumatera, Indonesia
  • Pegunungan Bukit Barisan

Geologi 
  • Jenis gunung Stratovolcano

0 komentar:

Post a Comment