Home » , » Wisata Sejarah Benteng Sultan Iskandar Muda Aceh

Wisata Sejarah Benteng Sultan Iskandar Muda Aceh

Benteng yang terkenal hingga mendunia satu ini adalah merupakan banguan peninggalan Kerajaan Hindu, terletak di Aceh tepatnya di Desa Ladong, Kecamatan Mejid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Letak strategisnya di pesisir pantai Ujong Batee. Benteng ini bernama Indrapatra dibangun sejak jaman kerajaan Lamuri.

Bangunan yang merupakan benteng dari salah satu Trail Aceh Lhe Sagoe, yang mana wilayah tersebut merupakan wilayah yang menghubungkan peninggalan jaman Hindu-Budha di Aceh, menurut informasi berjumlah tiga peninggalan. Peninggalan tersebut adalah Indrapatra, Indarapuri dan Indrapurwa, yang mana bangunan ini membentuk sebuah segitiga dan disebut dengan Trail Aceh Lhee Sagoe.

Sekilas tentang kerajaan Lamuri, Kerajaan ini adalah merupakan kerajaan umat Hindu pertama di Aceh yakni bernama Indra Patra. Bangunan Berwujud benteng tersebut dibangun oleh Putra Raja Harsa pada abad ke 7 Masehi, ketika masuknya Islam di Aceh benteng tersebut dijadikan pertahanan untuk menahan serangan dari armada bangsa Portugis.


Laksamana perempuan yang tangguh dan tersohor diberbagai pelosok belahan dunia, juga pernah menggunakan benteng tersebut. Laksamana Malahayati adalah seseorang yang disegani oleh para lawan musuhnya. Bangunan ini digunakan guna mempertahankan serangan oleh Sultan Iskandar Muda ketika memperoleh serangan dai armada Portugis yang datang dari Selat Malaka.

Memiliki posisi yang strategi dan bagunan ini dibangun ketika masa sebelum Islam masuk ke tanah Aceh. Kota Aceh ini memang kerap kali dikenal dengan basis syariat islamnya. Islam bukan hanya Berjaya ketika di Aceh mendapatkan sebutan Daerah Istimewah Aceh. Kota Aceh menerapkan syariat, wisata benteng ini sangat cocok anda datangi ketika anda berlibur ke Aceh setidaknya bisa mengetahui sejarah dan bagaimana benteng Iskandar Muda ini didirikan beserta sejarahnya.

Benteng ini di bangun sebagai penahan dari serangan Belanda dan portugis, Benteng ini juga pernah diterjang oleh bencana tsunami pada tahun 2004 silam dan bangunan itu telah direnovasi kembali. Dan sampai saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh yang ketika kita melihat dari kejauhan akan tampak warna putih yang didalamnya tersimpan peninggalan Sultan Iskandar Muda.

Tak jauh jaraknya dari benteng tersebut, yakni benteng Iskandar Muda yang dekat dengan bangunan benteng Indra Patra. Terdapat dua buah sumur didalamnya dan sumur tersebut dinaungi oleh bangunan yang mempunyai bentuk seperti kubah. Kemudian di sebelah luar benteng  terdapat sungai yang kecil, fungsi dari sungai kecil ini untuk menghadang dan menghambat pasukan yang datang dari arah sebelah barat.


Benteng ini berhadapat langsung dengan Selat Malaka, pantai dengan pasir putih menghampar luas di pinggir laut. Pantai tersebut adalah pantai kasih yang terletak di cuma beberapa meter dari benteng Indra Patra dan benteng Iskanda Muda. 

Benteng yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka, dengan pantai indah dan pasir putih yang menghiasai, terhampar luas di pinggir laut. Pantai nan mempesona itu dikatakan dan disebut-sebut sebagai pantai kasih sayang, letaknya hanya beberapa meter dari Benteng Indra Patra dan Benteng Iskandar Muda.

Baca : 

Perjalanan Ke Lokasi
Bangunan ini terletak di Desa Ladong, Aceh besar. Untuk pergi ketempat ini, para wisatawan bisa mengendarai sepeda motor maupun mobil, ada juga angkutan umum untuk akses ke lokasi ini. Orang sekitar sering menyebut dengan Labi-labi jalur ke Krueng Raya. Jarak dan waktu untuk menempuh sekitar 20 kilometer dengan tempuh waktu kira-kira berkisar 20 menit perjalanan.

Peta Lokasi
Lokasi benteng iskandar muda dari Kabupaten aceh
source: Google Maps
Jarak dari Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan mobil sejauh 32.9 kilometer atau sekitar 57 menit.

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...