Home » , , » Wisata Sejarah Gunung Seulawah Inong Aceh

Wisata Sejarah Gunung Seulawah Inong Aceh

Pendakian Gunung Seulawah Inong  dapat melalui beberapa tempat, tapi yang paling sering dan familiar adalah dari taman nasional. Perlu diketahui di tempat ini juga terdapat sebuah rumah peninggalan Belanda Scobidoo. Waktu pendakian juga tidak memerlukan waktu yang lama, pendakian akan dapat tercapai  dalam waktu 1 setengah jam. Hal ini dikarenakan selain jarak antara pintu rimba dan puncak tidak terlalu jauh, jalur atau rute yang harus dilalui juga sangat jelas, akan tetapi diharapkan selalu  teliti untuk mendapatkan informasi yang akurat. Diharapkan rute dan medan yang harus dilalui agar jangan salah, dikarenakan banyaknya jalur warga pencari kayu dan berkebun.

Di Puncak seulawah inong yang sejuk dan berketinggian 1.800 meter diatas permukaan laut, kita tidak bisa melihat pemandangan di luar puncak seulawah inong karena jenis hutan nya masih hutan tropis yang berpepohonan tinggi, kondisi medan di puncak sangat landai, meskipun kita mendaki dengan jumlah orang yang sangat banyak, namun jangan khawatir akan kehabisan lapak nge camp, begitupun dengan sumber airnya,terdapat sebuah penampungan air hujan yang berukuran 2 besar terbuat dari plastik hitam.

Gambar Wisata Sejarah Gunung Seulawah Inong Aceh

Secara administratif, gunung ini terletak diantara dua kabupaten sekaligus, Yakni Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Wisatawan yang akan melakukan perjalanan akan menempuh jarak 70 kilometer. Gunung wisata tersebut juga merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Tapi tidak se-aktif Gunung Merapi yang berada di Yogyakarta. Salah satu sumber mengatakan bahawa gunung ini meletus pada tahun 1839, dan dulu sekitar tahun 2013 gunung ini diprediksi akan meletus dengan gempa disekitar secara berkala.

Kemiringan yang dimiliki sekitar 50 derajat yang lumayan landai. Hanya terdapat sedikit sekali medan yang berbahaya/extreme, dengan kemiringan 70 derajat. Hal ini sangat memudahkan bagi pendaki yang tergolong pemula begitu juga dengan wisatawan.

Sejarah
Gunung Seulawah Inong adalah salah satu gunung yang terletak di wilayah Aceh Besar, meskipun tidak se-populer Gunung Seulawah agam namun Seulawah Inong memiliki sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh bangsa Aceh. Menurut cerita yang di dapat, Seulawah Inong dulunya adalah pusat latihan kaum Inong Aceh di masa perang melawan Belanda, di seluruh wilayah ini-lah kekuatan perang gerilya di lancarkan oleh para laskar wanita-wanita aceh yang gagah berani, beberapa tokoh sejarah yang tercatat menjadikan daerah pegunungan seulawah Inong salah satu-nya adalah Pocut Meurah Intan.


Berdasarkan cerita di atas sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk melindungi dan juga memelihara aset sejarah bangsa sebagai bentuk kepedulian terhadap sejarah masa lalu. Adapun upaya pembuatan dan pembangunan kembali Tugu Seulawah Inong juga merupakan salah satu dari bagian menjaga aset sejarah bangsa dikarenakan tugu ini berada di wilayah pegunungan Seulawah. Fakta nyata yang ada menyatakan sangatlah sulit untuk mengetahui, apa sebenarnya tujuan pembuatan pilar- pilar di beberapa puncak gunung oleh Belanda?.

Peta Lokasi

Gambar Wisata Sejarah Gunung Seulawah Inong Aceh
Source: Google Maps

0 komentar:

Post a Comment