Home » , , » Fungsi Dan Sifat Langgam Dalam Kehidupan

Fungsi Dan Sifat Langgam Dalam Kehidupan

Langgam Dalam Kehidupan- Dalam postingan sebelumnya telah kita bahas mengenai pengertian langgam dan struktur langgam pada umumnya. Dipostingan ini akan dibahas Fungsi dan Sifat Langgam dalam masyarakat.

Dari segi fungsi, langgam sering dipakai sebagai hiburan dalam berbagai pesta. Misalnya saja dalam acara hajatan orang menikah, dalam acara khitanan, dan dalam acara tasyakuran, langgam dikemas dalam acara misalnya campursari atau bahkan dengan kelompok grub karawitan.

Langgam ada yang diiringi musik dan ada yang tanpa iringan. Langgam dapat membangun suasana indah. Langgam dapat digunakan sebagai pengisi waktu untuk rengeng-rengeng dan ura-ura. 

Baca Juga: 
Berbagai pentas langgam ada yang hanya diiringi musik karaoke dan atau keyboard serta organ tunggal. Itulah sebabnya dalam berbagai event pesta langgam dan keroncong sering mudah dipentaskan Lagu-lagu kenangan yang biasanya muncul dalam tembang langgam. Lagunya sedikit bebas, bisa diselingi dengan dialog dan dagelan baru diteruskan ke tembang. 

Tembang langgam amat fleksibel, yang memuat deskripsi suasana dan berbagai kritik sosial. Kegairahan tembang langgam dari hari ke hari semakin digemari, terutama golongan kaum sepuh. Memang jarang sekali ada lomba tembang bergaya langgam ini.

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...