Pakaian Adat 34 Provinsi Dari Sabang Sampai Merauke Beserta Gambarnya

Konten [Tampil]
Kebudayaan Indonesia sangat beraneka ragam, pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan yang dimiliki Tionghoa, kebudayaan negara India dan kebudayaan negara Arab. Kebudayaan negara sebrang India terutama masuk dari penyebaran kepercayaan Hindu dan Buddha di Nusantara jauh sebelum Negara Indonesia terbentuk. 

Indonesia memang dari dahulu dengan keberanekaragaman budayanya, karena di Indonesia terdapat banyak sekali adat dan budaya yang mengakar di setiap daerah dan suku di Indonesia. 

Namun hal tersebut terkadang tidak serta merta menjadi sebuah kebanggan untuk bangsanya sendiri, terbukti dengan tidak terakomodirnya hasil karya anak bangsa dan sedikit bangsa indonesia yang mengetahuinya. Kini saatnya bangsa Indonesia menyadari akan kekayaan dan keberanekaragaman budaya yang telah dimiliki bangsa. Sehingga kekayaan budaya bangsa merupakan aset dan kebanggaan yang bernilai di mata seluruh dunia. 

Pepatah mengatakan, bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai dan melestarikan sejarah dan budayanya, untuk itu mulai dari sekarang mari kita kenalai dan lestarikan budaya bangsa kita agar menjadi kekayaan dan aset yang bernilai.

Salah satu dari sekian banyak hasil budaya yang mengakar pada bangsa indonesia ini adalah rumah adat dan pakaian adat. Pada post sebelumnya telah diinformasikan Rumah Adat Dan Alat Musik Daerah 34 Provinsi Lengkap Dengan GambarDaftar Judul Lagu Daerah 34 Provinsi Lengkap Lirik Lagu Beserta Penciptanya Negara Indonesia, dan kali ini admin informasikan daftar lengkap Nama, Gambar dan Asal Pakaian adat yang ada di Indonesia.

1. Pakaian Adat Ewer dari Papua Barat

Pakaian Adat Ewer dari Papua Barat
















Pakaian Adat bernama Ewer ini adalah salah satu pakaian yang sering digunakan orang Papua Barat. Ada beberapa aksesoris yang dikenakan misalnya rok rumbai asalnya terbuat dari susunan daun sagu yang sudah dikeringkan fungsinya tentu untuk menutupi tubuh pada bagian bawah. Rok rumbai ini tiak hanya dipakai oleh para wanita saja namun juga dipakai oleh pria.

Asesoris atau hiasan yang terapat pada rok mumbai ini adalah pada hiasan kepala dari bahan ijuk, bulu burung kasuari, atau juga anyaman daun sagu.

Adapun perlengkapan yang lain adalah:
  • Manik-manik dari kerang, 
  • Taring babi dipakai antara lubang hidung, 
  • Gigi anjing dibuat kalung terletak pada leher, 
  • Tas noken terbuat dari anyaman kulit kayu untuk wadah umbi-umbian / sayuran yang dipakai di kepala
Alat tradisional:
  • Tombak Papua,
  • Panah, 
  • Sumpit
Semoga menjadi tambahan wawasan Anda untuk informasi mengenai pakaian adat Papua.


2. Pakaian Adat Papua dari Papua



Pakaian adat Papua sendiri juga dibedakan menjadi dua pakaian yakni pakaian adat untuk pria dan  pakaian adat untuk wanita. Sebenarnya perbedaan yang dimiliki tidak terlalu banyak hanya pada bagian bawah pakaiannya saja.

Pakaian ini memiliki ciri khas yang terdapat pada bagian kepala dengan ada penutup. Bahan bagian ini terbuat dari bahan dasar daun sagu yang di rajut dan sangat rapih. Pada bagian atas penutup kepala dihias dengan bulu burung kasuari.

3. Pakaian Adat Biliu dan Mukuta dari Gorontalo


Filosofi Warna Pakaian Adat Gorontalo
Aneka ragam kebudayaan dan pakian adat Indonesia memiliki banyak jenis dan keunikan filosofi yang agung. Nah pada adat gorontalo pada jenis warna pakaian terdapat filosofi yang mendalam. Tiap-tiap warna mempunyai arti dan kegunaan sendiri-sendiri. Penjelasan makna atau filosofi baju adat Gorontalo adalah sebagai berikut:

  • Warna merah memiliki filosofi arti keberanian dan tanggung jawab.
  • Warna hijau memiliki filosofi arti kesuburan, kedamaian, kesejahteraan dan kerukunan.
  • Warna kuning emas memiliki filosofi arti kemuliaan, kejujuran, kesetiaan dan kebesaran.
  • Warna ungu memiliki filosofi arti kewibawaan dan keanggunan.
  • Warna coklat memiliki filosofi arti tanah, yang berarti kematian atau kuburan.
  • Warna hitam memiliki filosofii arti keteguhan dan ketakwaan kepada Tuhan.
  • Warna putih memiliki filosofi arti kesucian dan kedukaan.


Pakaian Adat Pernikahan Gorontalo
Ketika akad nikah, pakaian yang dikenakan calon pengantin gorontalo disebut pakaian walimono dan payungga. Busana adat pengantin gorontalo wanita bernama biliu mempunyai arti diangkat. Pakaian  ini digunakan ketika pengantin wanita bersanding di tempat pelaminan atau puade. Aksesoris pada busana adat pengantin gorontalo wanita, pada hiasan kepala bernama buyalo boute dan konde yang dihiasi dengan sunthi.

Aksesoris pada busana adat pengantin gorontalo pria adalah payungga tilambia. Aksesoris ini merupakan ciri – ciri pakaian adat gorontalo yang khas.

Saat pernikahan gorontalo, terdapat tradisi dutu. Dutu adalah dimana sehari sebelum pernikahan, pengantin pria menghaturkan atau memberikan harta atau mahar lengkap dengan buah – buahan. Masing – masing buah memiliki makna tersendiri.

Buah jeruk filosofinya merendahkan diri. Buah nanas adalah lambang pria bisa menjaga diri sendiri. Untuk buah nangka sifat pria yang penyayang. Tebu kuning maknanya pengantin adalah seseorang yang dicintai, tabah dan teguh dalam pendiriannya.

Aksesoris Pakaian Pengantin
Keunikan baju adat pada busana pria dan wanita mempunyai aksesoris tersendiri. Busana Gorontalo terkesan lebih simple. Dewasa ini sentuhan modern membuat anak – anak yang mengenakan baju adat terlihat menggemaskan. Dibawah ini adalah daftar aksesoris pada baju adat gorontalo :

Busana adat gorontalo wanita

Baya lo boute.
Baya lo boute adalah ikat kepala pengantin wanita, suatu simbol ikatan. Seorang wanita memiliki ikatan pernikahan dengan pria, dan memenuhi suatu kewajiban istri.

Tuhi – tuhi.
Tuhi-tuhi, adalah gafah memiliki 7 buah, merupakan simbol dari kerajaan di gorontalo. 7 kerajaan yang memiliki hubungan kekerabatan. 7 kerajaab tersebut adalah Limboto, Gorontalo, Tuwawa, Hulontalo, Limitu, Bulonga, dan Atingola.

Lai – lai
Letaknya di ubun – ubun, merupakan hiasan wajib dalam baju adat gorontalo.  Filosofi  yang terkandung yaitu budi luhur, kesucian dan keberanian.

Buohu walu wawu dehu
Adalah kalung emas atau perak yang berwarna keemasan. Filosofi arti ikatan keluarga yang akan terjalin antara kekuarga pengantin pria dan wanita.

Kecubu atau lotidu
Terletak dada pengantin wanita. Filosofinya adalah kekuatan yang harus dimiliki seorang istri. Maknanya seorang wanita harus kuat dalam menghadapi kerasnya kehidupan dan rintangan.

Etango
Adalah ikat pinggang yang memiliki motif menyerupai kecubu, adalah simbol akan kewajiban bagi seorang istri. Istri tidak memasak makanan haram dan harus sesuai dengan syariat islam. Sifat yang dimiliki istri adalah  sederhana dan menerima.

Pateda
Adalah gelang yang memiliki ukuran lebar dan warna keemasan. Simbol wanita harus dapat membentengi dan mengendalikan diri sendiri dari tindakan tercela dan tidak melanggar hukum adat atau pemerintah.

Loubu
Hiasan yang dikenakan pada jari kelingking dan jari manis. Maknanya sebuah ketelitan seorang wanita dalam mengerjakan kegiatan apa saja.

Pakian adat gorontalo pria

Tudung makuta
Hiasan kepala yang berbentuk mirip dengan bulu ungas. Memiliki filosofi dari sifat seorang suami yang sesuai adat gorontalo yaitu jiwa kepemipinan yang tinggi, berwibawa dan tegas dan juga sifat lembut dibalik kewibawaannya.

Bako
Kalung berwarna kuning keemasan dan memiliki filosofi makna simbol suatu ikatan yang mana seorang pria telah memiliki ikatan pernikahan dengan seorang wanita.

Pasimeni
Hiasan tambahan yang pada busana adat. Melambangkan keadaan yang harmonis dan damai jauh dari pertengkaran.

Fungsi lainnya busana adat ini adalah upacara pernikahan, ritual keagamaan, tradisi adat gorontalo, pentas seni. Dalam pagelaran seni dan budaya adat gorontalo baju adat juga sering tampil dalam seni tari daerah. 

4. Pakaian Adat Bodo dari Sulawesi Selatan



Baju Bodo adalah pakaian adat suku Bugis-Makassar dan merupakan busana tertua di dunia, karena didukung juga dari segi sejarah kain Muslim yang menjadi bahan dasar baju bodo.

Jenis kain ini juga dikenal dengan kain Muslin (Eropa), Maisolos (Yunani Kuno), Masalia (India Timur), atau Ruhm (Arab) pertama kali masuk dan diperdagangkan di kota Dhaka, Bangladesh. Sejarah merujuk pada tulisan orang Arab bernama Sulaiman pada abad ke-19. Pada tahun 1298, di Buku berjudul “The Travel of Marco Polo”, Marco Polo, tergambar dalam tulisan bahwa  kain Muslin dibuat di Mosul (Irak) dan dijual dagangkan oleh pedagang bernama Musolini.

Arti kata “bodo”  berarti pendek, baju adat ini berlengan pendek. Jaman dahulu busana adat Bodo dipakai tanpa baju dalam-an sehingga terlihat lekuk-lekuk dada pemakainya, serta berpasangan dengan sehelai sarung yang menutupi pinggang ke bawah badan. Namun seiring masuknya pengaruh Islam, baju transparan ini kemudian dipasangkan baju dalaman berwarna kembar, perbedaannya hanya lebih terang, bawah berupa sarung sutera berwarna sama.

Baju Bodo memang pakaian tradisional khusus perempuan dan memiliki aturan berdasarkan warna, dan setiap warna melambangkan tingkat usia serta kasta.

  • Warna jingga perempuan berusia 10 tahun, 
  • Jingga dan merah darah untuk berusia 10 sampai 14 tahun, 
  • Merah darah berusia 17 sampai 25 tahun, 
  • Warna putih untuk para inang dan dukun, 
  • Warna hijau  para puteri bangsawan, 
  • Warna ungu untuk para janda.


Busana adat tradisional ini dipakai untuk upacara pernikahan. Namun sekarang Baju Bodo untuk berbagai kegiatan, misal lomba menari, upacara penyambutan tamu-tamu kehormatan, dan pagelaran seni. 

5. Pakaian Adat Tradisional Kulavi dari Sulawesi Utara



6. Pakaian Adat Tradisional Suku Tolaki dari Sulawesi Tenggara



7. Pakaian Adat Tradisional Nggembe dari Sulawesi Tengah



8. Pakaian Adat Tradisional Mandar dari Sulawesi Barat

9. Pakaian Adat Tradisional Lombok dari Nusa Tenggara Barat


10. Pakaian Adat Tradisional Nusa Tenggara Timur dari Nusa Tenggara Timur

11. Pakaian Adat Tradisional Manteren Lamo dari Maluku Utara

12. Pakaian Adat Tradisional Baju Cele dari Maluku


13. Pakaian Adat Tradisional Bali dari Bali

14. Pakaian Adat Tradisional Perang dari Kalimantan Barat

15. Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Tengah dari Kalimantan Tengah

16. Pakaian Adat Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut dari Kalimantan Selatan

17. Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Timur dari Kalimantan Timur

18. Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Utara dari Kalimantan Utara

19. Pakaian Adat Tradisional Kasatrian dari Daerah Istimewa Yogjakarta

20. Pakaian Adat Tradisional Pangsi dari Banten

21. Pakaian Adat Tradisional Betawi dari DKI Jakarta


Baca Juga:
Rumah Adat Dan Alat Musik Daerah 34 Provinsi Lengkap Dengan GambarHakikat Manusia Sebagai Makhluk Budaya Menurut Para AhliManusia Adalah Indívidu dan Makhluk Sosial

22. Pakaian Adat Tradisional Kain Kebaya dari Jawa Tengah

23. Pakaian Adat Tradisional Kebaya dari Jawa Barat

24. Pakaian Adat Tradisional Pesa'an dari Jawa Timur

25. Pakaian Adat Tradisional Belanga dari Kepulauan Riau

26. Pakaian Adat Tradisional Indragiri dari Riau

27. Pakaian Adat Tradisional Paksian dari Bangka Belitung

28. Pakaian Adat Tradisional Bengkulu dari Bengkulu

29. Pakaian Adat Tradisional Tulang Bawang dari Lampung

30. Pakaian Adat Tradisional Aesan Gede dari Sumatera Selatan / Palembang

31. Pakaian Adat Tradisional Melayu Jambi dari Jambi

32. Pakaian Adat Tradisional Bundo Kanduang dari Sumatera Barat

33. Pakaian Adat Tradisional Ulos dari Sumatera Utara

34. Pakaian Adat Tradisional Ulee Balang dari Nangro Aceh Darussalam (Aceh)


keyword: 
34 pakaian adat pakaian adat sulawesi pakaian adat jawa pakaian adat aceh nama pakaian adat bali pakaian adat papua pakaian adat betawi nama pakaian adat aceh 34 pakaian adat dari sabang sampai merauke nama pakaian adat 34 provinsi nama pakaian adat sunda rumah adat 34 provinsi beserta gambarnya keunikan pakaian adat sulawesi selatan pakaian adat sulawesi utara pakaian adat sulawesi barat pakaian adat sulawesi tenggara pakaian adat sulawesi tengah model baju adat makassar baju adat bugis laki laki baju adat bugis makassar gambar pakaian adat jawa tengah pakaian adat jawa timur pakaian adat jawa barat pakaian adat jawa tengah wikipedia pakaian adat jawa tengah pria dan wanita deskripsi pakaian adat jawa dalam bahasa jawa baju adat jawa tengah solo deskripsi pakaian adat jawa tengah dalam bahasa jawa pakaian adat aceh ulee balang pakaian adat aceh modern pakaian adat aceh anak keunikan pakaian adat aceh nama pakaian adat nanggroe aceh darussalam rumah adat aceh baju adat aceh perempuan pakaian adat bali nama pakaian adat bali disebut gambar pakaian adat bali nama pakaian adat bali brainly keunikan pakaian adat bali pakaian adat bali pria pakaian adat bali wanita keunikan pakaian adat kalimantan barat pakaian adat bali pria ke pura pakaian adat papua barat cara membuat pakaian adat papua pakaian adat papua untuk menutupi kemaluan laki laki pakaian adat papua wikipedia baju adat papua modern baju adat papua anak nama pakaian adat suku asmat senjata adat papua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel