Home » , » Pengertian Dan Fungsi Seni Tari Beserta Contohnya

Pengertian Dan Fungsi Seni Tari Beserta Contohnya

Seni Tari-Dalam postingan kali ini kita akan membahas pengertian dan fungsi seni tari. Selain itu pembahasan tentang contoh seni tari dan contohnya akan masuk dalam postingan ini.

Pengertian

Tari adalah gerakan halus yang memiliki unsur estetis. Gerak pada tari mempunyai makna atau nilai tertentu dari sang koregorafer. Keindahan pada seni tari berposisi pada kepuasaan serta kebahagiaan dari para penonton ataupun para penari. Keahlian atau skill yang dibutuhkan dalam menari meliputi kemampuan dalam menari tradisional dan tari garapan/modern. Kemampuan untuk bisa memahami serta menguasai tujuan atau krakter dari tari itu sendiri yang diarahkan oleh koreografer.

Kemampuan untuk bisa paham dan berkarya tari (koreografi) adalah suatu keterampilan atau skill khusus yang mempunyai hubungan dengan kepekaan koreografi, pada sisi lain diharapkan para penari juga mempunyai kepekaan memahami secara kesemuanya dari macam-macam aspek dalam tari.

Pengertian Tari adalah gerakan halus yang memiliki unsur estetis. Gerak pada tari mempunyai makna atau nilai tertentu dari sang koregorafer. Keindahan pada seni tari berposisi pada kepuasaan serta kebahagiaan dari para penonton ataupun para penari. Keahlian atau skill yang dibutuhkan dalam menari meliputi kemampuan dalam menari tradisional dan tari garapan/modern. Kemampuan untuk bisa memahami serta menguasai tujuan atau krakter dari tari itu sendiri yang diarahkan oleh koreografer.

Sebagai penyesuaian dari jaman modern, keahlian untuk memahami serta membuat piranti multimedia erat hubungannya dengan tari adalah merupakan bentuk penyesuaian SDM (Seumber Daya Manusia) yang melakukan adaptasi dengan teknologi.

Perwujudan dari ekspresi budaya yang ditunjukan lewat gerak yang dilakukan secara nuksma atau dijiwai serta diikat dengan nilai-nilai budaya mampu menjadi patokan dasar atau standar tari yang dapat diolah menjadi bentuk dari tari-tarian daerah di Indonesia. Adalah sebagai satu dari beberapa unsur yang penting dalam kesenian di Indonesia dalam bentuk gerak tari, memerlukan adanya kehidupan sosial serta spiritual masyarakat yang merupakan jadi pendukungnya.

Contoh Seni Tari bisa anda baca disini: Tarian Tradisional Daerah Provinsi Beserta Contoh Gambar
Baca Juga:

Fungsi

Peran serta fungsi tarian yang sangat penting hingga saat ini pada puncak kesenian daerah menjadi simbol dari puncak tari sebagai budaya di sebuah daerah yang bersangkutan. Jenis tari yang telah menjadi terkenal dan menjadi puncak dari budaya daerah sangat berpengaruh erat guna menjadi tarian yang patut diunggulkan dari daerah tarian tersebut berasal.

Bermacam ragam tari-tarian yang diwarisi oleh masyarakat daerah di Indonesia baik itu yang sakral atau yang berpandangan sekuler, tradisional ataupun modern. Bentuk dari tarian mulai dari zaman prasejarah hingga zaman modern, karya dari zaman tertentu sangat dibutuhkan untuk perkembangan tari sesudahnya.

Seni tari memerlukan suatu media gerak. Gerak murni atau gerak biasa tidak memiliki maksud-maksud tertentu. Gerak maknawi mempunyai makna dalam untuk menyampaikan maksud atau nilai tertentu yang dapat dibangun dengan unsur keindahan, jadi gerakan tari semakin halus, estetis, dan geraknya dapat memiliki bangunan ekspresi bentuk yang dapat dinikmati oleh manusia.

Seni tari dapat mewariskan bentuk-bentuk tradisi maupun nontradisi. Sifat-fungsi magis-ritual yang terpengaruh oleh kepercayaan animisme dan dinamisme sejak pada zaman dulu, dapat menjadi center kekuatan  dalam setiap upacara keagamaan.

Kemajuan jaman serta perkembangan, Seni tari tradisional akhirnya dalam mewariskan seni pertunjukan yang baru dan inovatif melalui berbagai dramatari prembun, hingga sendratari jenis kesenian yang lahir dijaman modern.

Pada masa sekarang ini, masyarakat sekarang yang hidup serba modern serta dinamis ini, kehadiran seni tari memerlukan hadirnya penari yang baik, elegan dan guru tari yanghndal, dan pemikir-pemikir yang mampu menciptakan tarian yang bermanfaat dan berkualitas, serta menjadikan tari yang prefesional dan disukai banyak golongan masyarakat.

Terimakasih Semoga Bermanfaat. Terimakasih.
contoh seni tari unsur seni tari konsep seni tari artikel tentang seni tari fungsi seni tari seni tari tradisional sejarah seni tari pengertian seni tari dan drama