Home » » Pengertian Seni Rupa Dan Sejarahnya

Pengertian Seni Rupa Dan Sejarahnya

Seni rupa merupakan salah satu bagian dari cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan menggunakan elemen rupa sebagai salah satu wujud yang dikelompokkan ke dalam bentuk multimedia, gambar, lukis, patung, kerajinan tangan, kriya dan grafis.

Kompetensi dasar yang harus dipunyai pada bidang seni rupa meliputi kemampuan memahami serta berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat atau memahat patung, kemampuan memahami dan membuat karya grafis ,kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan/hand crafting, serta keahlian memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia. Terminologi ini ditetapkan sebagai dasar kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan.

Baca Juga:
Seni rupa sudah ada dan ibarat mengakar mulai zaman animisme dan dinamisme sampai jaman melenium. Seni Rupa adalah salah satu bagian dari cabang seni yang secara performatif dapat mempresentasikan wujud yang tampak mata. Ilusi tentang wujud dapat diserap dan dirasakan ke dalam berbagai klasifikasi bentuk seperti telah disebut sebelumnya.

Seni Rupa    Seni rupa merupakan salah satu bagian dari cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan menggunakan elemen rupa sebagai salah satu wujud yang dikelompokkan ke dalam bentuk multimedia, gambar, lukis, patung, kerajinan tangan, kriya dan grafis.

Pertimbangan dan perkiraan secara sinergis telah dilakukan untuk representasi dari macam dan bentuk dari seni rupa, yakni melalui macam perheltan media yang telah digunakan sebagai perwujudan rupa. Secara kontekstual seni rupa adalah wujud mediasi bentuk kasat mata yang mendekati pada bentuk gambar, lukis, patung, kerajinan tangan kriya serta multimedia yang memiliki hubungan dengan unsur cabang kesenian.