Home » , , » Tembang Dolanan Ilir Ilir, Arti Dan Kandungan Maknanya Lengkap

Tembang Dolanan Ilir Ilir, Arti Dan Kandungan Maknanya Lengkap

Lirik Tembang Dolanan Ilir-Ilir - Dibawah ini akan dibahas tentang arti lagu lir ilir dalam bahasa Indonesia selain itu makna lagu atau tembang juga akan diurai dibawah ini.

Makna Tembang  Dalam syair tembang dolanan yang berjudul Ilir-ilir mengandung makna nilai religius dan spiritual. Kemudian nilai yang terkandung dalam tembang ini ialah kita sebagai umat manusia harus bangun dan sadar dari keputusasan dan bersemangat lahir dan batin.

Ilir-Ilir

Lir-ilir, lir-ilir
Tandure wus sumilir
Tak ijo royo-royo
Tak sengguh temanten anyar
Cah angon, cah angon
Penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu penekno
Kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro, dodoiro
Kumitir bedah ing pinggir
Dondomono, jlumatono
Kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Yo sorako, sorak iyo!!

Cakepan lirik atau syair yang dimiliki tembang dolanan Ilir-ilir ini bila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

‘Bangunlah, bangunlah!’
‘Tanaman sudah bersemi’
‘Demikian menghijau’
‘Bagaikan pengantin baru’
‘Anak gembala, anak gembala’
‘Panjatlah (pohon) belimbing itu’!
‘Biar licin dan susah tetaplah kau panjat’
‘untuk membasuh pakaianmu’
‘Pakaianmu, pakaianmu’
‘terkoyak-koyak dibagian samping’
‘Jahitlah, Benahilah!’
‘untuk menghadap nanti sore’
‘Mumpung bulan bersinar terang’
‘Mumpung banyak waktu luang’
‘Bersoraklah dengan sorakan Iya!!’
Makna Tembang
Dalam syair tembang dolanan yang berjudul Ilir-ilir mengandung makna nilai religius dan spiritual. Kemudian nilai yang terkandung dalam tembang ini ialah kita sebagai umat manusia harus bangun dan sadar dari keputusasan dan bersemangat lahir dan batin.

Berjuang untuk mendapatkan kebahagiaan bagaikan pengantin yang telah memasuki perahu kehidupan. Tentu saja ombak dan badai sewaktu-waktu ada, namun harus selalu ingat kepada Tuhan untuk mencapai kebahagian dunia dan akherat. 

Memohon kepada Si anak gembala untuk memetikkan buah blimbing, buah blimbing berbentuk seperti bintang yang mempunyai 5 sisi, yang diibaratkan perintah salat lima waktu. Kita laksanakan dengan sekuat tenaga kita tetap berusaha menjalankan perintah Tuhan, apapun halangan dan resikonya. Selama masih ada bumi dan bulan, maksud disini adalah sebelum terjadinya kiamat.

Baca Juga Tembang Dolanan Lainnya:
Disini nilai religius diumpamakan busana atau pakaian kita sobek dan berlubang, tapi kita sebagai umat diharapkan untuk selalu instropeksi dan kemudian memperbaiki serta memperkuat iman dan taqwa agar kita siap memenuhi perintah dan panggilan Tuhan.

Baca Juga Artikel Seni Bermanfaat: