Home » , , » Tembang Dolanan Jamuran Arti Dan Maknanya Lengkap

Tembang Dolanan Jamuran Arti Dan Maknanya Lengkap

Lirik Lagu Jamuran Beserta Penjelasan Singkatnya - Jamuran ialah sebuah permainan anak-anak (dolanan) yang juga merupakan sebuah lagu yag berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak pada zaman dahulu. Lagu ini umumnya dinyanyikan dengan diringi gerakan-gerakan yang sederhana. Lagu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Jawa karena termasuk lagu dalam permainan anak-anak (dolanan).
lapang yang luas

Jamuran

Ki Hadi Sukatno

Jamuran ya ge ge thok
Jamur apa ya ge ge thok
Jamur gajih mbejijih sa ara-ara
Semprat-semprit jamur opo 

Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

jamurannya ya dibuat pura-pura
jamur apa ya dibuat pura-pura
jamur gajih mengotori seluruh lapangan
melesat cepat jamur apa

Jamuran ialah sebuah permainan anak-anak (dolanan) yang juga merupakan sebuah lagu yag berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak pada zaman dahulu. Lagu ini umumnya dinyanyikan dengan diringi gerakan-gerakan yang sederhana. Lagu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Jawa karena termasuk lagu dalam permainan anak-anak (dolanan).  lapang yang luas

Permainan ini umumnya dimainkan oleh 4 sampai 12 anak dengan kisaran umur antara 6 sampai 13 tahun. Permainan ini terkadang terpisah antara laki-laki dan perempuan namun kadang mereka bercampur. Permainan ini dilakukan saat sore dan malam hari saat bulan purnama. Permainan ini hanya membutuhkan tanah lapang yang luas tanpa peralatan apapun hanya membutuhkan tanah.

Makna
Filosofi dalam tembang ini adalah kebersamaan. Untuk mencerdaskan para pemainnya dengan bermain bersama dan bercanda bersama.