Home » , , » Tembang Dolanan Jaranan Arti Dan Maknanya Lengkap

Tembang Dolanan Jaranan Arti Dan Maknanya Lengkap

Cakepan atau Syair Lagu Dolanan Jaranan- Disini akan diuraikan  arti dari Tembang jaranan, selain itu kandungan makna juga akan kita bahas dibawah ini.


Jaranan

Jaranan, jarane jaran teji
Sing numpak ndoro bei
Sing ngiring para mentri
Jeg-jeg nong, jreg-jreg gung
Jeg-jeg gedebuk krincing
Gedebug jedher
Gedebug krincing
Jeg-jeg gedebuk jedher


Lirik atau cakepan pada lagu dolanan berjudul ‘Jaranan’ ini bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah:
berkuda, berkuda, kudanya teji (tinggi besar)
yang naik Tuan Bei yang mengiring para menteri
Jeg-jeg nong, jeg-jeg gung
Jeg-jeg gedebuk krincing
Gedebuk jedher
Gedebuk krincing
Gedebuk jedher
Jeg-jeg gedebuk jedher’

Makna Dari Tembang Jaranan

Tembang dolanan jaranan sebenarnya hanya terdiri atas empat larik, untuk larik berikutnya hanya diulang-ulang. Bila kita lihat dari syairnya terdapat beberapa makna dan nilai budi pekerti yang tersirat dalam tembang tersebut

Tembang dolanan jaranan sebenarnya hanya terdiri atas empat larik, untuk larik berikutnya hanya diulang-ulang. Bila kita lihat dari syairnya terdapat beberapa makna dan nilai budi pekerti yang tersirat dalam tembang tersebut, antara lain:

Kebersamaan
Pada syair sing numpak ndara Bei sing ngiring para menteri, syair tersebut terdapat rasa saling kepedulian dan kebersamaan antara orang yang berpangkat dengan bawahan. Kebersamaan yang saling membutuhkan, ini berarti bahwa orang yang mempunyai kedudukan diatasnya memerlukan bantuan orang yang memiliki kedudukan lebih rendah, begitu juga sebaliknya. 

Kedudukan atau jabatan yang tinggi tersebut diibaratkan bagai ndara Bei yang membutuhkan pengawalan dan perlindungan dari menterinya yang dianggap mempunyai jabatan lebih rendah.

Contoh Lagu Dolanan Lainya Baca Juga:

Menghormati yang lebih tinggi kedudukannya
Norma serta adat dalam budaya Jawa mengajarkan, bahwa seseorang yang mempunyai kedudukan yang lebih rendah harus menghormati orang yang berkedudukan diatasnya. contoh pada cakepan yang tampak pada syair sing numpak ndara Bei sing ngiring para menteri. 

Pada cakepan atau lirik tersebut ndara Bei dianggap memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada para menterinya, karena kata dan sebutan ndara Bei hanya digunakan untuk menyebutkan seseorang yang mempunyai kedudukan yang tinggi dan keturunan ningrat. 

Apalagi ditunjang dengan tunggangannya kuda yang tinggi besar yang harus diiringi oleh para menterinya. Oleh karena itu, tugas para menteri adalah mengawal ndara Bei tersebut. disini jelaslah bahwa pemahaman budi pekerti yang harus ditanamkan adalah sikap menghormati yang lebih sepuh atau tua atau yang lebih tinggi derajat dan jabatannya.