Home » , » 5 Fungsi Khusus Musik Dalam Kehidupan Masyarakat

5 Fungsi Khusus Musik Dalam Kehidupan Masyarakat

Fungsi Musik - Dalam artikel ini Conggado.com akan membahas tentang, fungsi  musik secara khusus. Selain itu sedikit penjelasan tentang apa tujuan dan fungsi musik secara umum bagi masyarakat. 5 fungsi musik dalam kehidupan masyarakat, pengertian musik, tuliskan 5 fungsi musik dalam masyarakat, tuliskan 10 fungsi musik

5 Fungsi Musik Dalam Kehidupan

1. Fungsi estetis, musik merupakan karya seni yang memiliki unsur keindahan atau estetika di dalamnya.

2. Fungsi hiburan, musik mengandung unsur - unsur yang bersifat menghibur, yang dapat dinilai dari melodi dan liriknya.

3. Fungsi ritual, di masa lalu, atau bahkan di masa kini, musik sering digunakan sebagai pengiring upacara atau ritual keagamaan.

4. Fungsi untuk mengiringi, musik dapat digunakan untuk mengiringi suatu tarian, pertunjukan, kegiatan, bahkan olahraga.

5. Fungsi relaksasi, musik dapat digunakan untuk menenangkan jiwa dan pikiran manusia.

Menguak Fungsi Lainnya 

Mengungkapkan emosi. Musik berfungsi untuk meluapkan emosi baik oleh penulis lagu maupun para penikmat musik. Itulah mengapa saat ini ada berbagai macam suasana dalam musik. Ada musik yang memiliki suasana ceria, hangat, sepi, sedih, seram, menegangkan, menyayat, dll.

Sebagai sarana hiburan. Fungsi awal dari musik adalah sebagai media penghibur. Saat ini industri musik adalah salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan. Banyak orang terlibat dalam industri musik. Apalagi jika penyanyinya adalah artis papan atas. Mungkin saat ini penjualan album musik selalu rendah karena maraknya pembajakan. Namun industri ini tetap untung dari penjualan merchandise, tiket konser, dan sponsor.

Baca Juga:
Untuk menenangkan jiwa. Musik juga digunakan sebagai salah satu sarana relaksasi dan penenangan jiwa. 

Untuk meningkatkan kecerdasan. Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan pemainnya. Bayi yang selalu mendengarkan musik klasik juga dapat meningkat kecerdasannya.

Mengiring tarian. Setiap tarian selalu diiringi dengan musik. Musik selalu selaras dengan gerakan tarian.  Untuk melambangkan sesuatu. Tempo musik dapat melambangkan sesuatu. Misalnya jika temponya lambat, maka itu melambangkan kesedihan. Musik juga dapat menjadi lambang suatu negara atau daerah. Misalnya lagu Indonesia Raya yang merupakan perlambangan dari negara Indonesia.

Sebagai pengiring kegiatan olahraga. Kegiatan olahraga terutama senam dan jogging terasa lebih menyenangkan ketika sambil mendengarkan musik. Musik juga dapat mengiringi gerakan dalam senam. Jika tempo musik cepat, maka dengan sendirinya gerakan kita akan semakin cepat.

Sebagai sarana pendidikan. Suatu pelajaran akan lebih mudah dipahami jika dijadikan musik atau diiringi musik. Musik dapat digunakan untuk penyampaian nasehat mengajar anak.

Meramaikan suasana. Ketika sendiri, menghidupkan musik akan membuat suasana menjadi lebih ramai. Sehingga kita tidak merasa ketakutan lagi. Suasana dalam perjalanan juga akan terasa lebih ramai jika diiringi dengan musik.

Sebagai ciri khas kebudayaan setempat. Setiap negara di dunia dan bahkan setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sebuah musik tradisional sebagai salah satu ciri khas kebudayaannya. Ketika orang-orang mendengar musik tersebut, mereka pasti langsung mengingat daerah dimana musik tersebut berasal.

Featured Post

Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos

Lahan sempit untuk membuat rumah bukan kendala untuk menciptakan tempat untuk dihuni. Banyak sekali model rumah minimalis yang bisa anda c...