Home » , » Gambar Pada Bahan Kain

Gambar Pada Bahan Kain

Kain memiliki luas permukaan yang cukup lebar hampir mirip seperti kertas. Bahan kain merupakan bahan lemas sehingga mudah berpindah posisi ketika mendapat gesekan. Selain itu bahan kain terdiri dari banyak serat yang dapat menimbulkan tekstur yang sulit untuk digambari. Oleh karena itu sebaiknya menggambar pada kain menggunakan serat yang tidak terlalu kasar dan besar. Tekstur yang besar sebenarnya dapat digambari asal jenis kain kaku.

Sebagai bahan lemas sebaiknya kain diletakkan pada benda keras seperti meja, backboard, atau lantai yang keras, sehingga bahan kertas meskipun tipis tetap dapat digoresi oleh pensil. Selain itu agar kain tidak berubah-ubah posisi pada saat digambar sebaiknya kain dipampang dan diberi pengkait sehingga seolah-olah seperti media keras.

Menggambar pada bahan kain dapat dilakukan dengan bermacam alat. Jika menggunakan pensil hasil gambar akan tipis, lebih baik penggunaan pensil ini hanya sebagai sket saja.

Selain dapat digambari, bahan kain juga dapat dilukis dengan cara setelah disket kain diberi warna menggunakan cat, ini dinamakan melukis di atas kain. Ada beberapa cara dalam mewarnai bahan kain dengan bermacam motif, misalnya dengan cara disablon manual, disablon printing, dicap, dibatik, diwarnai dengan teknik celup, ataupun dengan cara dilukis.

Bahan kain yang baik digunakan untuk digambari adalah kain Blacu. Biasanya kain Blacu digunakan untuk membuat kanvas, tas, atau tempat pensil. Bahan kain ini tergolong murah, sangat cocok digunakan untuk siswa SD, SMP maupun SMA. Sifat dari kain jenis ini adalah kaku, kasar, mudah menyerap air, biasanya berwarna putih tulang.


Kain Blacu (gulungan)


Tekstur kain Blacu

Menggambar menggunakan pensil pada kain Blacu juga mudah dihapus menggunakan penghapus pensil biasa. Sebaiknya ketika membuat sket/gambar dengan goresan tipis saja. Pada masa sekarang banyak sekali penggunaan kain ini sebagai bermacam bahan souvenir maupun pembungkus souvenir.

Baca Juga:
Tas


Tempat pensil

Tempat tissue


Tempat tissue

" gambar bahan kain batik gambar bahan kain baloteli gambar bahan kain balotelli gambar bahan kain bubble crepe gambar bahan kain brokat gambar kain bahan babyterry gambar bahan kain baby terry gambar kerajinan bahan kain flanel gambar dari bahan kain flanel gambar bahan kain fleece gambar bahan kain gorden"