Home » » Menggambar Di Media Selain Kertas

Menggambar Di Media Selain Kertas

Menggambar pada biasanya dilakukan pada media kertas memakai kelengkapan yang cocok seperti pensil, bolfoin, pensil warna, penghapus dan sebagainya. Akan tapi kelengkapan ini bisa juga dilakukan pada media lain yang mendukung, artinya bisa dilakukan cocok dengan tekstur dan bahannya. Semisal dikala kita memasang kelengkapan seperti pensil, sebaiknya diaplikasikan pada media yang memiliki sifat keras sebab bahan pensil sebagai batu tulis mempunyai kepadatan bahan yang keras selain itu juga membutuhkan goresan pada bahan keras. Sekiranya memasang pensil pada bahan yang lebih lunak sebaiknya dipasan alas atau lapisan pada tempat bawahnya supaya pensil bisa tergores dengan bagus.

Di samping itu, memasang kertas malahan sesegera dapat jadi memasang alas benda keras supaya tekstur kertas lebih keras seperti tumpukan kertas, meja, lantai, kayu, backboard dan lain-lain, sehingga gampang untuk digoresi oleh pensil

Menggambar pada media kecuali kertas bisa dilaksanakan pada pelbagai-tipe bahan seumpama pada kain, kayu, tembok, backboard, triplek, dan sebagainya.

1. Menggambar pada kain
Bahan kain terbuat dari anyaman benang yang demikian itu banyak sehingga bahannya lentur dan tak kaku. walaupun tak seluruh kain mempunyai sifat kaku tapi kebanyakan tak statis sehingga agak sulit sekiranya digambari. Sekiranya bahan keras digoreskan pada permukaannya, karena itu dibutuhkan penampang supaya bahan kain konsisten statis. Penampangan bahan kain bisa dilaksanakan dengan menjepit komponen-komponen tepi bahan dan memberi alas keras. Misal kita memperhatikan pelaksanaan menyulam bisa diperhatikan bahwa bahan kain senantiasa memerlukan penampang kain yang berbentuk lingkaran supaya kain terpentang dan dikala disulam menerima hasil yang optimal.

Menggambar Di Media Selain Kertas

2. Menggambar Pada Kayu
Bahan kayu yaitu bahan keras. Bahan yang dihasilkan dari alam tersebut didapat dari batang pohon yang kemudian dibelah. Bahan kayu lazimnya berupa glondongan maupun yang telah dipotong-potong. Untuk menggambar pada bahan kayu yang paling nyaman yakni pada bahan kayu yang berupa potongan lempengan-lempengan sehingga mempunyai permukaan yang rata. Menggambar pada bahan kayu tidaklah gampang, seperti menggambar pada meja atau tempat duduk. Menggambar memasang pensil pada kayu juga bisa dihapus seperti halnya dikala menggambar pada bahan kertas. Perlu dilihat juga tipe bahan kayu yang akan diaplikasikan. ada sebagian bahan kayu yang konsisten mempunyai tekstur kasar dikala telah dibelah menjadi wujud penampang.

Menggambar Selain Kertas


Baca Juga:

3. Menggambar Pada Tembok
Tembok yaitu bahan buatan manusia yang terdiri dari susunan batu bata, semen dan cat tembok. Cat tembok lah yang memberikan tekstur halus pada permukaannya, sehingga kita cuma menggambar pada permukaan cat yang sudah kering. untuk tembok acak-acakan permukaannya hendaknya diratakan dahulu. Tembok yang bagus untuk digambari yakni yang telah dicat, sehingga mempunyai warna dasar umumnya putih. Menggambar pada tembok membutuhkan kelengkapan besar seperti tangga, tempat duduk, ember, kuas besar serta cat dalam jumlah banyak sebab media gambar benar-benar luas. Rencana sket pada tembok bisa memasang pensil atau kapur tulis. Pewarnaanpun menggunakan cat tembok.



4. Menggambar Pada Hardboard
Hardboard yaitu salah satu media keras yang terbuat dari bahan kayu. Tekstur dari media ini juga keras hampir seperti kayu. Hardboard untuk siswa bisa dibeli ditoko bangunan dengan ketebalan yang bervariasi. kecuali digambar, hardboard juga bisa dicukil dan diaplikasikan dalam pembuatan karya grafis (cetak tinggi). Menggambar pada hardboard bisa memasang pensil umum











Menggambar selan di kertas

5. Menggambar Pada Kayu Triplek
Triplek dari asalnya terbuat dari kayu tipis yang berlapis-lapis dengan ketebalan yang bervariasi. Kayu triplek bisa ditemui di warung bangunan. Menggambar pada triplek bisa dibilang lebih susah sekiranya diperbandingkan menggambar pada backboard, ini karena permukaan triplek lebih memiliki texstur kasar, padahal backboard mempunyai tekstur yang lebih halus. Oleh sebab itu tangan sesegera dapat jadi luwes dikala menggambar pada tiplek supaya goresan tak putus-putus atau berliku-liku.