Home » , » Pengertian Seni Reklame Dan Contohnya

Pengertian Seni Reklame Dan Contohnya

Kita sering dan pernah mendengar kata Reklame?, apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata reklame?, tentu sebagian besar dari anda terbelesit reklame merupakan promosi iklan yang berada di jalan-jalan, jalan raya, gang-gang,dan lain sebagainya. Jika itu yang anda pikirkan tentang Reklame berarti anda sudah tahu kira-kira apa sih Seni Reklame itu, akan tetapi arti dari Seni Reklame sendiri lebih luas. 

Seni Reklame adalah seni yang digunakan untuk mempromosikan suatu barang,produk,atau jasa dengan gaya yang menarik,sehingga dapat meningkatkan daya tarik para konsumen untuk membeli apa yang ditawarkan pada Reklame tersebut. Jadi bukan hanya yang ada di jalan-jalan itu saja ya. Nah,itu tadi dia pengertian dari Seni Reklame, anda ingin tahu lebih jauh lagi tentang Reklame?  Mari bahas bersama.
Nilai seni dari Seni Reklame dapat diungkapkan dengan ungkapan kata atau kalimat,gambar,grafis,desain. Dibawah ini akan saya berikan apa saja yang termasuk jenis Reklame cetak [Berarti Reklame ini dicetak] :


  • Logo
  • Stiker
  • Advertensi
  • Pamflet
  • Poster
  • Spanduk
  • Brosur
  • Katalogus
  • Baleho
  • Etalase
  • Cut Out Display
  • Neon Lamp dan Neon Box

Mungkin ada beberapa kata diatas yang asing ditelinga anda,maka dari itu disini saya akan menjelaskan satu persatu :D :

1.Logo

Salah satu jenis logo

Logo tentu anda tahu dong logo,gambar yang biasanya dijadikan ciri khas dari suatu perusahaan atau instansi tertentu. Logo merupakan salah satu contoh dari Reklame

2.Stiker

Contoh Stiker

Siapa yang tidak tahu stiker?,stiker berbentuk gambar atau tulisan dan ukurannya relatif kecil,serta dibuat pada suatu kertas atau plastik yang bagian bawahnya diberi semacam perekat untuk nantinya kita tempelkan pada objek tertentu

3.Advertensi

Advertensi pada koran

Pernah membaca koran? biasanya ada tuh laman khusus untuk memuat mengenai iklan. Nah itulah yang disebut Advertensi biasanya isinya bisa berupa promosi produk,pengumuman acara,dan lain lain yang disajikan baik dalam bentuk gambar maupun kalimat.

4.Pamflet

Contoh Pamflet

Pernah melihat kertas yang berisi penawaran produk dipinggir jalan?,nah itulah dia yang dinamakan dengan pamflet. Pamflet ini cetakannya masih sederhana yang biasanya berisi penawaran ataupun ajakan.

Baca Juga:
5.Poster
Sama dengan pamflet hanya saja hasil cetakaanya sudah lebih baik,dan cetakannya lebih besar dari pamflet. Isinya bisa bersifat komersil,himbauan,maupun pemberitahuan terhadap suatu acara

6.Spanduk
Anda sering lihat bukan ditoko-toko ada sebuah kain memanjang yang di kain tersebut terdapat promosi atau suatu ajakan?,nah inilah yang disebut dengan Spanduk [Biasanya Rokok ini paling sering]. Spanduk dicetak dengan menggunakan teknik sablon. Selain di toko,spanduk juga bisa digantung di jalan raya,dibentangkan pada pagar atau tiang.

7.Brosur
Dicetak diatas kertas yang biasanya berlipat. Berisi tentang keadaaan suatu badan usaha atau lembaga pendidikan,agar masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan faktor pendukung yang ada.

8.Katalogus
Hampir sama seperti brosur,namun isinya daftar nama,gambar,harga,serta keterangan lain tentang barang atau jasa yang ditawarkan. Penyebarannya biasanya dilakukan di petokoan,perkantoran,gedung-gedung,melalui sales,dll

9.Baleho
Pernah melihat sebuah 2 tiang besar lalu dibagian atasnya terdapat seng/besi?,nah jika pernah maka anda sudah pernah melihat Baleho. Baleho seperti berupa papan pengumuman yang berukuran sangat besar dan biasanya ada dijalan-jalan raya yang strategis. Dengan besarnya baleho tadi,maka pengguna jalan yang masih jauh pun dapat melihat Baleho ini.

10.Etalase
Pernah ketoko,lalu di pintu masuknya biasanya terdapat contoh-contoh barang dan produk yang ditawarkan dan tidak lupa display dari barang-barang tersebut?,nah inilah yang disebut dengan Etalase. Barang yang dipajang biasanya merupakan produk unggulan dari toko tersebut

11.Cut Out Display
Agak asing sepertinya mendengar kata yang satu ini,biasanya ini terdapat di pusat-pusat perbelanjaan. Bentuknya seperti model suatu barang yang bedanya ini berukuran besar,dan tentunya tidak ada isinya. Biasanya reklame jenis ini ditempatkan di bagian toko yang bisa dilihat oleh orang banyak

12.Neon Lamp dan Neon Box
Ini biasanya terdapat di Bandara bandara . Pernah lihat sebuah kaca yang didalamnya terdapat promosi produk dan dibelakang dari promosi produk tersebut ada lampu neon, biasanya 2 atau 3 biji?,nah inilah yang disebut dengan Neon Box. 

Sekian penjelasan mengenai pengertian dari Seni Reklame dan juga beberapa jenis Seni Reklame beserta penjelasannya. Bagaimana semoga dapat terbantu ya untuk memahami pengertian dari Seni Reklame. Terima Kasih Semoga Bermanfaat.