Home » » Pengertian Dan Pembagian Zaman Logam

Pengertian Dan Pembagian Zaman Logam

Pengertian Zaman Logam adalah zaman yang ditandai dengan kapabilitas manusia yang pada saat itu untuk membuat alat alat berasal dari logam. Kemampuan manusia membuat alat alat serta benda benda berasal dari logam ini menunjukkan bahwa kebudayaan manusia tetap berkembang, terlebih kalau dibandingkan dengan zaman batu. Namun demikian, pada zaman itu alat alat berasal dari batu tidak ditinggalkan begitu saja.

Pembuatan alat alat berasal dari logam bisa dikatakan lebih enteng dibandingkan berasal dari batu. Untuk pembuatan alat alat berasal dari batu, batu batu itu perlu dipukul, diratakan atau diasah untuk dihaluskan. Dalam pembuatan alat atau piranti yang berasal dari logam, ialah dengan cara terlebih dahulu melebur logam tersebut. Kemudian, cairan logam itu dimasukkan ke cetakan alat yang hendak dibuat. Proses pembuatan alat alat berasal dari logam ini menunjukkan terdapatnya kemahiran teknologi. Oleh karena itu, zaman logam ini kerap termasuk disebut zaman perundagian.

SENI RUPA ZAMAN LOGAM

Pembagian Zaman Logam dibagi menjadi zaman tembaga, zaman perunggu serta zaman besi.

1. Zaman Tembaga
Pengertian Zaman Tembaga adalah zaman kala manusia pakai tembaga sebagai bahan untuk membuat alat alat untuk kebutuhan hidupnya.

2. Zaman Perunggu
Pengertian Zaman Perunggu adalah zaman manusia membuat alat alat dengan pakai perunggu. Alat alat pada zaman perunggu ini, pada lain kapak corong, nekara serta moko. Kapak corong memiliki bentuk atau wujud seperti corong, anggota sembirnya belah, ke dalam corong tersebut dimasukkan tangkai kayu yang menyiku pada bid-ang kapak. Kapak corong kerap termasuk disebut dengan kapak sepatu gara-gara kapak corong ini menyerupai sepatu serta tangkainya disamakan dengan kaki manusia. Adapun nekara ialah benda berasal dari bahan perunggu yang anggota serta segi atasnya tertutup. Di Pulau Alor, Nusa Tenggara, nekara ini dikenal dengan sebutan moko. Moko merupakan sejenis nekara yang bentuknya lebih kecil.

3. Zaman Besi
Pengertian Zaman Besi adalah zaman di mana manusia membuat suatu alat dengan terlebih dahulu melebur besi berasal dari bijihnya lantas menuangkan ke dalam cetakan menjadi alat alat yang hendak dibuat. Pembuatan alat alat berasal dari besi ini lebih prima daripada tembaga atau perunggu. Alat alat atau benda benda yang dihasilkan pada zaman besi ini, pada lain mata kapak serta mata tombak.

Sekian pembahasan berasal dari pengertian ahli perihal pengertian zaman logam serta proporsi zaman logam, semoga tulisan pengertian ahli perihal pengertian zaman logam serta proporsi zaman logam bisa bermanfaat. 
Pencarian:seni rupa zaman batu tua disebut, seni rupa zaman logam, seni rupa zaman megalitikum, seni rupa zaman romanesque, seni rupa zaman klasik barat, seni rupa zaman pertengahan, seni rupa zaman barok, seni rupa zaman abad pertengahan, seni rupa zaman kemerdekaan, seni rupa zaman hindu, seni rupa zaman paleolitikum