Home » » Seni Rupa Jaman Batu Dan Contoh Gambar

Seni Rupa Jaman Batu Dan Contoh Gambar

Jaman batu terbagi lagi menjadi, jaman batu tua (Palaeolithikum), jaman batu menengah (Mesolithikum), Jaman batu muda (Neolithikum), setelah itu berkembang kesenian dari batu di jaman logam dikatakan jaman megalithikum (Batu Besar).

Phaleolitikum

a. Seni Bangunan
Manusia phaleolithikum tidak memiliki tempat tinggal atau rumah menetap, ini dikarenakan mereka melakukan hidup mengembara. Kemudian mereka melakukan perburuan dan mengumpulkan makanan. Awal karya seni rupa dimulai dari jaman Mesolithikum. Mereka telah memiliki tempat tinggal di dalam goa – goa, layaknya goa yang diciptakan di di Sulawesi Selatan serta Irian Jaya. 

Serta memiliki arsitektur rumah berbentuk mirip panggung di tepi pantai, dengan evidensi – evidensi seperti rumah di pantai Sumatera Timur berbentuk bukit – bukit kerang (Klokkenmodinger) sebagai sisa – sisa sampah dapur para nelayan.

b. Seni Lukis
Ekspressi seni dituangkan dalam pembuatan body painting serta juga lukisan terhadap batu serta dinding-dinding gua yang mengindikasikan aktivitas ritual serta religius 

c. Seni Patung
Zagreb – Seni keramik berupa hewan yang memiliki kaki berjmlah empat, yang dipercaya sebagai model rusa dan juga ada kuda dibuat di Vela Spila, Kroasia oleh seorang arkeolog dari Cambridge University. Keramik tersebut konon sudah ada dari beberapa ratusan tahun yang telah lalu, yaitu di zaman paleolitikum.

SENI RUPA JAMAN BATU LENGKAP

Mesolitikum

a. Seni Bangunan
tanda – gejala ada karya seni rupa dimulai dari jaman Mesolithikum. Mereka telah mempunyai tempat tinggal di goa – goa. layaknya goa yang diciptakan di Sulawesi Selatan serta Irian Jaya. Juga berbentuk rumah – rumah panggung di tepi pantai, dengan evidensi – evidensi layaknya yang diciptakan di pantai Sumatera Timur berbentuk bukit – bukit kerang (Klokkenmodinger) sebagai sisa – sisa sampah dapur para nelayan. Di jaman Neolithikum, orang telah mampu melakukan cocok tanah, berternak (food producting) serta membangun tempat tinggal berupa rumah kayu atau bambu.

b. Seni Lukis
Dari jaman Mesolithikum diciptakan lukisan – lukisan yang dibuat terhadap dinding gua layaknya lukisan goa di Sulawesi Selatan serta Pantai Selatan Irian Jaya. sasaran lukisan buat kebutuhan magis serta ritual, layaknya adegang perburuan binatang lambang nenek moyang serta cap jari

Baca Juga:

Neolitikum

a. Seni Bangunan
Pada zaman Neolitikum kebudayaan masyarakatnya mulai berkembang dengan dibuatnya rumah dari kayu serta bambu yang sampai kini masih tersisa di sebagian area di wilayah Indonesia. Kemudian, manuisa jaman sekarang tidak hanya membuat bangunan dari bahan kayu serta bambu, di zaman batu besar diketahui bahwa bangunan yang dibuat dari batu guna kebutuhan religius atau kepercayaan.

Contoh:
Dolmen atau Stonehenge, ialah meja batu, merupakan Fungsi: – Sebagai tempat sesaji serta pemujaan kepada roh nenek moyang, Adakalanya di bawah dolmen digunakan buat meletakkan mayat, supaya mayat tersebut tak bisa dimakan oleh binatang buas, kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.

b. Seni Lukis
Kemudian terhadap jaman neolithikum serta megalithikum, lukisan diaplikasikan terhadap bangunan – bangunan serta benda – benda kerajinan sebagai hiasan ornamentik (motif geometris atau motif perlambang)

c. Seni Patung
Seni patung mempunyai perkembangan di jaman Neolithikum, memiliki bentuk berupa patung – patung nenek moyang, mereka mempercayai  patung tersebut. Patung tersebut dipercaya untuk penolak bala, bergaya non realistis, terbuat dari kayu atau batu dan bahan lainnya, disamping itu patungnya juga banyak terpengaruh seni ornamentik. Hasil-hasil peninggalan di Jawa Barat menunjukan bahwa patung-patung mempunyai ukuran besar dengan gaya statis, frontal serta bersifat monumentalis 


Megalitikum

a. Seni Bangunan
Pada jaman megalithikum banyak bangunan dari batu yang berukuran besar guna kebutuhan upacara agama, layaknya punden, dolmen, sarkofaq, meja batu dan lain-lain

Menhir, Fungsi: -sebagai tempat pemujaan buat penghormatan pada arwah nenek moyang

Punden Berundak, Fungsi: – sebagai tempat pemujaan pada roh nenek moyang yang sudah meninggal 

b. Seni Lukis
Lukisan yang berbentuk pahatan dan hiasan yang terkandung terhadap bagian-bagian bangunan adat serta terhadap benda-benda kerajinan mulai dibuat terhadap jaman Neolitikum serta megalitikum

c. Seni Patung
Di area lain layaknya di area Nias, Toraja serta Dayak terhadap zaman Megalitikum sampai saat ini masih diciptakan peninggalan seni berupa patung. Contoh saja seni patung result peninggalan zaman batu, layaknya Arca Batu Gajah yakni batu besar yang dihiasi seseorang yang sedang menunggang binatang buruan, contoh yang lain yaitu Arca batu dimana tergambar seseorang laki-laki menegendarai seekor lembu.

Pencarian:seni rupa zaman batu tua disebut, seni rupa zaman logam, seni rupa zaman megalitikum, seni rupa zaman romanesque, seni rupa zaman klasik barat, seni rupa zaman pertengahan, seni rupa zaman barok, seni rupa zaman abad pertengahan, seni rupa zaman kemerdekaan, seni rupa zaman hindu, seni rupa zaman paleolitikum