Home » , » Seni Rupa Zaman Barok Dan Zaman Rokoko

Seni Rupa Zaman Barok Dan Zaman Rokoko

Barok (baroque) merupakan khasanah kata bahasa yang berasal dari bahasa Romawi. Barok memiliki arti tidak beraturan atau menyimpang. Michelangelo dan Palladio dikenal sebagai pelopor dari gerakan tersebut. Zaman Barok lahir ketika pertengahan abad ke-16, menandai awal permulaan pengaruh seni dari Italia ke seluruh daratan Eropa.

Apabila misi renaissance ialah tindakan lepas diri dari cara berpikir di zaman pertengahan serta penuh dengan sketsa pikir gereja, lain hal barok berlepas diri dari keterikatan tema dan nuansa yang isinya memiliki kandungan saat zaman renaissance.

Baca Juga:
Lukisan di zaman barok memiliki kesan berlebihan dari aslinya. Peter Paul Rubens (1577-1640), seorang seniman Belanda, melukiskan tubuh-tubuh orang penuh dengan otot-otot serta tokoh-tokoh perkasa.

SENI RUPA ZAMAN BAROK DAN ZAMAN ROKOKO

Rococo adalah dari kata “rocaile” yang memiliki arti seni kulit kerang. Rococo adalah sejenis kesenian populer ketika zaman itu di Italia. Di zaman inilah wujud - wujud penyelewengan kaidah seni tampil hingga meluas. Lukisan-lukisan digambar hingga menjadi lebih indah dari aslinya, bisa dikatakan lebih hebat, serta menyimpang dari sebenarnya.

Baca Juga:
Karya-karya seni menjadi barang yang dipesan oleh kaum bangsawan serta saudagar yang mempunyai banyak harta atau uang. Di zaman Rokoko karya seni diperjualbelikan secara salah selain itu juga menjadi komoditas yang tak memiliki harga.
Pencarian: seni rupa zaman batu tua disebut, seni rupa zaman logam, seni rupa zaman megalitikum, seni rupa zaman romanesque, seni rupa zaman klasik barat, seni rupa zaman pertengahan, seni rupa zaman barok, seni rupa zaman abad pertengahan, seni rupa zaman kemerdekaan, seni rupa zaman hindu, seni rupa zaman paleolitikum