Home » , » Seni Rupa Zaman Kemerdekaan

Seni Rupa Zaman Kemerdekaan

Zaman yang dimaksud adalah zaman setelah Indonesia mendapatkan kemerdekaan hingga saat ini. Pada zaman ini karena rakyat menjadi makmur dan perkembangan dimana-mana, maka seni rupa di Indonesiapun juga ikut berkembang.  Pada masa ini muncul berbagai macam eksplorasi seni pertunjukan/ performance art. Performance art yaitu pertunjukan seni yang lebih menekankan pada visual atau pengamatan mata yang lebih banyak intensitasnya ketimbang iringan musik, suara manusia ataupun tari. 

Pada pertunjukan performace art, pesan yang disampaikan tidak secara langsung dan lebih mendalam, sehingga ketika melihat pertunjukan ini penonton harus benar-benar menyimak untuk dapat menikmatinya.

Baca Juga:
Seni rupa di Indonesia berkembang pesat seiring teknologi informasi dan komunikasi. Contoh dari perkembangan ini dapat kita lihat pada seni rekayasa komputer. Banyak jenis seni rupa yang menggunakan teknik komputer dalam pengerjaannya misalnya pada foto, editan gambar, desain komunikasi visual, animasi, film, gambar bergerak dan masih banyak lagi. Selain itu terdapat juga seni instalasi, hampir setiap pameran seni rupa di Indonesia tidak lepas dari seni instalasi.

SENI RUPA ZAMAN KEMERDEKAAN

Indonesia setelah meredeka sangat berhak penuh untuk mengembangkan  dan mengolah keseniannya. Macam-macam aliran seni telah tercipta dan lahir, selain itu mengalami perkembangan pada masa sekarang. Basuki Abdullah dan Afandi adalah nama-nama orang besar dalam perkembangan seni di nusantara.

Perkembangan musik juga terus berkembang. Perkembangan seni di nusantara akan selalu eksis karena dipengaruhi kompleksnya masyarakat memerlukan akan adanya seni. Pada zaman ini seni rupa berkembang amat pesat, mulai dari arsitektur bangunan, seni lukis, hingga seni terapan.

Periodisasi diatas dapat ditarik kesimpulan seni rupa terdiri atas seni rupa murni dan seni rupa terapan.

a. Seni rupa murni adalah jenis seni yang diciptakan tanpa adanya hubungan atau kaitan dengan kegunaan, melainkan hanya untuk dinikmati. Memiliki fungsinya benar-benar hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya.

b. Seni rupa terapan adalah seni rupa yang hasilnya dirancang untuk memenuhi tujuan fungsional, yakni memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis manusia. Dengan kata lain, seni rupa terapan adalah hasil karya seni yang diterapkan atau dipakai dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Periodisasi diatas dapat ditarik kesimpulan seni rupa terdiri atas seni rupa murni dan seni rupa terapan.    a. Seni rupa murni adalah jenis seni yang diciptakan tanpa adanya hubungan atau kaitan dengan kegunaan, melainkan hanya untuk dinikmati. Memiliki fungsinya benar-benar hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya.    b. Seni rupa terapan adalah seni rupa yang hasilnya dirancang untuk memenuhi tujuan fungsional, yakni memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis manusia. Dengan kata lain, seni rupa terapan adalah hasil karya seni yang diterapkan atau dipakai dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Seni rupa nusantara adalah seni adiluhung, selain itu masyarakat menggunakan berbagai macam bahan yang ada disekitar untuk  membuat seni rupa terapan. Masyarakat umum mengenal hasil karya mereka sebagal hasil karya tradisional.
Pencarian: seni rupa zaman batu tua disebut, seni rupa zaman logam, seni rupa zaman megalitikum, seni rupa zaman romanesque, seni rupa zaman klasik barat, seni rupa zaman pertengahan, seni rupa zaman barok, seni rupa zaman abad pertengahan, seni rupa zaman kemerdekaan, seni rupa zaman hindu, seni rupa zaman paleolitikum