Home » , » Tari Mesir Kuno Dan Perkembangannya

Tari Mesir Kuno Dan Perkembangannya

Pada masa Mesir Kuno telah terdapat catatan secara mendetail dalam bentuk lukisan dinding dan relief yang dicatat literal dalam heroglif. Shawn menyebutkan bahwa di Mesir, para pendeta sangat berpengaruh, tari adalah medium utama bagi ekspresi keagamaan. Doktrim dan misteri mitologi Mesir yang berdasarkan pada pasang surut Sungai Nil (yang memunculkan legenda kebangkitan dan kepercayaan pada kemampuan bertahan hidup manusia yang ditunjukkan melalui drama tari simbolis)

Sistem pemujaan yang kompleks dan dengan kebiasaan di Mesir Kuno yang terutama berkaitan dengan kematian dan kelahiran kembali, sebagaimana diindikasikan, dan terkait pada kota-kota suci tertentu yang berkaitan dengan cara pemujaan. Kristein mengatakan bahwa setiap tahun drama misteri dan tragedi semacam itu dipentaskan di Abydos, di dalam ritual itu, pendeta atau penari pertama menjadi personifikasi dari keseluruhan legenda yang dimainkan.

PADA MESIR KUNO telah terdapat catatan secara mendetail dalam bentuk lukisan dinding dan relief yang dicatat literal dalam heroglif.

Baca Juga:
Tarian keagamaan lainnya meliputi festival tradisional, yang diselenggarakan untuk menghormati Apis sang banteng, salah satu dari dewa-dewa terkuat Mesir. Tari tradisional yang lain adalah Astronomik, atau tari bintang, yang ditarikan oleh para pendeta tanpa penonton. Para budak diajari baik t├írian maupun musik, dan dinasti-dinasti selanjutnya terbentuk kelas penghibur profesional yang independen, mereka tidak dikuasai oleh bangsawan maupun kuil-kuil. 

Perkembangan selanjutnya menjadikan tarian sebagai hiburan profesional pada pesta-pesta pribadi. Secara fisik, seperti apakah tari Mesir Kuno itu? Karena stilisasi bentuk dari semua relief dan lukisan, sulit untuk mengatakan apakah pose dan gerakan yang digambarkan merupakan gambaran yang realistik dari tari yang sesungguhnya atau tidak. 

Lalu apakah pengaruh Mesir terhadap perkembangan seni tari? Yang pasti di Mesir telah menemukan bentuk formalnya baik dalam praktek religius maupun sebagai sebagai hiduran populer atau umum. Lingkup dan variasi gerak tari, beserta perkembangan kelas penari profesional dalam struktur sosial masyarakat Mesir, merupakan perkembangan yang penting. Bangsa Mesir sangat berpengaruh dalam penyebaran bentuk kultumya di seluruh Mediterania. Selain itu di Cadiz, tampak adanya tari yang secara esensial berkarakter Mesir. 

Baca Juga: