Home » , » Arti Tembang Durma Dan Contohnya

Arti Tembang Durma Dan Contohnya

Tembang Durma adalah juga salah satu Tembang Macapat. Tembang Durma Menggambarkan fase dimana ketika manusia telah menikmati segala kenikmatan dari Tuhan maka wajib menysukuri semua kenikmatan dengan membantu sesame manusia yang membutuhkan.
contoh tembang durma, contoh tembang durma buatan sendiri, makna tembang macapat dalam bahasa jawa, makna tembang maskumambang dalam bahasa jawa, lirik tembang macapat durma rangsang, tembang macapat durma rangsang dan artinya, lagu lirik tembang durma rangsang, contoh tembang durma, tembang durma dan artinya, lirik tembang macapat durma rangsang, tembang macapat durma rangsang dan artinya, durma macapat, kumpulan tembang durma, makna tembang durma dalam bahasa jawa
Aturan persajakan :
Guru gatra : jumlah kalimat tiap bait 7 kalimat;
Guru wilangan : jumlah suku kata pada tiap larik yaitu 12, 8, 6, 7, 8, 5, 7 kalimat;
Guru lagu : jatuhnya vokal terakhir pada tiap larik yaitu a, i, a, a, i, a, i

Arti Tembang Durma
Sifat-sifat buruk diterangkan tembang macapat Durma. Durma bagi sebagian kalangan diistilahkan sebagai munduring tata krama (mundurnya sopan santun), tetapi ada juga yang beranggapan berasal dari kata Derma yang berarti menyukai berbagi rejeki pada orang lain.

Sebagai bentuk dari rasa syukur kita terhadap Allah karenanya kita seharusnya kerap kali berderma, durma berasal dari kata darma (sedekah) berbagi terhadap sesama. Dengan berderma kita tingkatkan empati sosial kita terhadap saudara-saudara kita yang kekurangan, mengulurkan tangan berbagi kebahagiaan, dan meningkatkan sensitifitas jiwa dan kepedulian kita kepada keadaan-keadaan masyarakat disekitar kita.

“Barangsiapa berharap meringankan muatan penderitaan saudaranya sewaktu didunia, karenanya Allah akan meringankan muatannya sewaktu di Akirat kelak".:

Baca Juga:

Watak Tembang Durma
Tembang macapat Durma lazimnya diaplikasikan untuk menandakan sifat-sifat amarah, berontak, dan juga motivasi perang. Dia menandakan situasi manusia yang cenderung bertindak buruk, egois dan mau menang sendiri.

contoh tembang durma, contoh tembang durma buatan sendiri, makna tembang macapat dalam bahasa jawa, makna tembang maskumambang dalam bahasa jawa ,lirik tembang macapat durma rangsang, tembang macapat durma rangsang dan artinya, lagu lirik tembang durma rangsang, contoh tembang durma, tembang durma dan artinya, lirik tembang macapat durma rangsang, tembang macapat durma rangsang dan artinya, durma macapat, kumpulan tembang durma, makna tembang durma dalam bahasa jawa

Per-aturan Tembang Durma

  • Mempunyai Guru Gatra: 7 baris tiap bait (Artinya tembang Durma ini mempunyai 7 larik atau baris kalimat)
  • Mempunyai Guru Wilangan: 12, 7, 6, 7, 8, 5, 7 (Artinya baris pertama terdiri dari 12 suku kata, baris kedua berisi 7 suku kata, dan seterusnya)
  • Mempunyai Guru Nyanyian: a, i, a, a, i, a, i (Artinya baris pertama usai dengan vokal a, baris kedua usai vokal i, dan seterusnya)

Example Tembang Durma

Tembang Durma mempunyai kaidah/ Wewaton: 12a – 7i – 6a – 7a – 8i – 5a – 7i
Seperti model berikut ini:

Lamon dika epasrae panggabayan
Ampon mare apeker
Jelas ka’eko’na
Ad jan-ji maranta’a
Pon pon brinto tarongguwi
Anggap tanggungan
Ma’ ta’ malo da’ oreng
(Asmoro, 1950 ; 19)

Artinya:
(Jikalau kau memperoleh muatan profesi, telah selesai dipikir, seputar seluk-beluknya kerja, usaha untuk menuntaskan, sekiranya demikian haruslah serius, berprofesi dengan penuh tanggung jawab, supaya tak mengecewakan orang).

***

Mundur kang dadi tata krama
(Mundur (menjauhi) dari sopan santun)

Dur iku duratmoko duroko dursila
(Dur, itu pencuri, penjahat tidak beradab)

Dur iku durmogati dursosono duryudono
(Dur, seperti Durmogati, Dursasana, Duryudana)

Dur udur tan cakap nimbang rasa
(Dur, berharap menang sendiri, tidak menimbang rasa)

Dur udur paribasan pari kena
(Dur, perumpamaan sekenanya)

Maknane nglaras rasa jroning durma
(Itu perumpamaan Durma)

Sinom dhandanggula kang sinedya
(Remaja dalam mimpi-mimpi menawan)

Lali purwaduksina kelon asmaradana
(Lupa segalanya berpeluk percintaan)

Lali wangsiting ibu lan rama
(Lupa pesan Ibu Bapaknya)

Mangkono werdine gambuh durma
(Seperti perumpamaan Gambuh dan Durma)

Amelet wong enom ing ngarcapada
(Yang senantiasa mempesona segala kaum remaja dalam kehidupan di muka bumi)

Pan mangkono
(Seperti itu)

Jarwane paribasan parikena

contoh tembang durma, contoh tembang durma buatan sendiri, makna tembang macapat dalam bahasa jawa, makna tembang maskumambang dalam bahasa jawa
,lirik tembang macapat durma rangsang, tembang macapat durma rangsang dan artinya, lagu lirik tembang durma rangsang, contoh tembang durma, tembang durma dan artinya, lirik tembang macapat durma rangsang, tembang macapat durma rangsang dan artinya, durma macapat, kumpulan tembang durma, makna tembang durma dalam bahasa jawa#tag