Home » , » Arti Dan Makna Tembang Maskumambang Beserta Contoh

Arti Dan Makna Tembang Maskumambang Beserta Contoh

Tembang Maskumambang adalah tergolong tembang macapat. Kita akan membahas arti atau makna tembang maskumambang. Selain itu juga admin sediakan contoh tembang maskumambang, dan tembang maskumambang buatan sendiri, adapun contoh tembang macapat yang lain sudah admin tuliskan di artikel label Seni Karawitan Dan Tembang, contoh tembang asmaradana, contoh tembang megatruh, tembang durma, tembang maskumambang mp3, contoh tembang pangkur

Arti Tembang Maskumambang
Maskumambang berasal dari kata mas dan kumambang. Mas atau emas berarti sesuatu yang betul-betul berharga, yang bermakna bahwa Kecil walaupun masih dalam kandungan yaitu harta yang tidak ternilai harganya.

Mambang atau kemambang artinya mengambang. Maskumambang menandakan Bayi yang hidup mengambang dalam rahim ibunya. Selama 9 bulan tumbuh dan hidup dalam dunianya yakni rahim ibunda.

Kata ‘mas’ artinya masih belum dikenal laki-laki atau perempuannya, dan kata ‘kumambang’ artinya hidup yang masih mengambang atau bertumpu di alam kandungan sang ibu.

Watak Tembang Maskumambang
Tembang macapat maskumambang juga mempunyai watak atau sifat rasa atau karakter yang menandakan duka, belas kasihan (welas asih), kesulitan. Tembang maskumambang lazimnya diaplikasikan untuk nyanyian-nyanyian yang isinya seputar suatu kedukaan yang beri.

Arti Tembang Maskumambang  Maskumambang berasal dari kata mas dan kumambang. Mas atau emas berarti sesuatu yang betul-betul berharga, yang bermakna bahwa Kecil walaupun masih dalam kandungan yaitu harta yang tidak ternilai harganya.    Mambang atau kemambang artinya mengambang. Maskumambang menandakan Bayi yang hidup mengambang dalam rahim ibunya. Selama 9 bulan tumbuh dan hidup dalam dunianya yakni rahim ibunda.    Kata ‘mas’ artinya masih belum dikenal laki-laki atau perempuannya, dan kata ‘kumambang’ artinya hidup yang masih mengambang atau bertumpu di alam kandungan sang ibu.    Watak Tembang Maskumambang  Tembang macapat maskumambang juga mempunyai watak atau sifat rasa atau karakter yang menandakan duka, belas kasihan (welas asih), kesulitan. Tembang maskumambang lazimnya diaplikasikan untuk nyanyian-nyanyian yang isinya seputar suatu kedukaan yang beri.

Hukum Tembang Maskumambang
  • Mempunyai Guru Gatra: 4 baris tiap bait (Artinya tembang Maskumambang ini mempunyai 4 larik atau baris kalimat).
  • Mempunyai Guru Wilangan: 12, 6, 8, 8 (Artinya kalimat pertama berjumlah 12 suku kata. Kalimat kedua berjumlah 6 suku kata. Kalimat ketiga berjumlah 8 suku kata. Kalimat keempat berjumlah 8 suku kata).
  • Mempunyai Guru Nyanyian: i, a, i, o (Artinya baris pertama usai dengan vokal i, baris kedua usai vokal a, dan seterusnya).

 Tembang Maskumambang
  • Tembang Maskumambang mempunyai kaidah/ Wewaton: 12i – 6a – 8i – 8o
Baca Juga:
Seperti  berikut ini :

Kelek-kelek biyung sira aneng ngendi (12i)
Enggal tulungana (6a)
Awakku kecemplung warih (8i)
Gulagepan wus meh pejah (8o)

Pengertian isi tembang maskumambang dari lirik di atas yakni seputar seorang yang benar-benar sedang memerlukan pertolongan sebab terhanyut di sungai dan telah hampir mati karam.

Dhuh a-nak mas sira patut angurmati
Marang yayah rena
Aja pisan kumawani
Anyenyamah gawe sulit

Pengertian isi tembang maskumambang dari lirik di atas yakni pesan terhadap si kecil(putra/putri) yang patut bisa menghormati orang tua. Jangan hingga seorang si kecil berani menyangkal atau menyangkal orang tua sebab dapat berimbas buruk pada dirinya sendiri.

Wong tan manut pitutur wong tuwa ugi
Ha nemu duraka
Ing donya tumekeng akhir
Tan wurung kasurang-surang

Pengertian isi tembang maskumambang dari lirik di atas yakni menandakan seputar imbas dari seseorang yang tak tunduk kepada orang tua. Seorang putra/putri yang durhaka tentu akan menerima kesengsaraan, saat di dunia sampai akhir nanti.

Berikut ini adalah contoh tembang maskumambang buatan admin Conggado sendiri :

Kanggo kabeh sira para putra putri
Enggal dha rungakna
Ywa Kudu tansah ngabekti
Eling asih mring wong tua

Tembang diatas memiliki makna nasehat untuk para anak-anak untuk selalu berbakti dan ingat serta membesarkan kasih sayang kepada orang tua yang telah melahirkan kita.

Sekian dulu untuk pemembahasan arti atau makna tembang maskumambang. Selamat menikmati dan membaca. semoga contoh tembang maskumambang, dan tembang maskumambang buatan sendiri bermanfaat untuk anda.

Baca Juga:
contoh tembang maskumambang, contoh tembang maskumambang buatan sendiri, contoh tembang macapat, contoh tembang asmaradana, contoh tembang megatruh, tembang durma, tembang maskumambang mp3, contoh tembang pangkur#tag#keyword


Featured Post

Tembang Macapat Terlengkap Di Dunia Asal Usul, Jenis, Filosofi, Contoh, Makna Dan Arti

Tembang macapat adalah salah satu tembang atau lagu daerah yang sering digunakan, bisa dibilang terpopuler di Jawa. Tembang macapat adalah...