Home » , , » 10 Cara Mendesign Kamar Tidur Sempit (Minimalist Bedroom)

10 Cara Mendesign Kamar Tidur Sempit (Minimalist Bedroom)

Sebuah kamar tidur harus mempunyai suasana yang nyaman serta penuh privasi agar penghuninya bisa beristirahat dengan tenang dan melakukan aktivitas dengan nyaman meskipun di dalam kamar. Dewasa ini banyak orang beranggapan jika kamar tidur nyaman itu adalah kamar tidur yang mempunyai ukuran besar karena dapat menampung furnitur pendukung dan dekorasi. Padahal, kamar tidur sempit juga dapat dibuat nyaman asalkan kamu mengetahui cara menghias dan menata ruang kamar tidur yang sempit tersebut.

Untuk kamu yang memiliki kamar tidur sempit dan belum tahu cara menghiasnya, yuk simak 10 cara menghias kamar tidur dengan ukuran sempit persembahan berikut ini!

1. Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan penambahan warna cerah pada kamar

Penggunaan warna yang cerah terbukti mampu membuat kamar tidur yang sempit terlihat luas dan tidak sumpek. Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunkan warna cerah ini sangat mudah. 

Cara menghias kamar tidur yang sempit menggunakan penambahan warna cerah pada kamar

Kamu dapat memakai warna cerah seperti putih, pink, kunig atau biru muda pada dinding kamar, lantai, dan beberapa furnitur, bahkan selimut atau sprei kamar. Selain itu kamu dapat mengaplikasikannya lewat warna cat kamar.

2. Memanfaatkan penerangan alami (matahari) dan buatan

Selain memanfaatkan kecerahan warna di dalam kamar sempit, kamu dapat menggunakan penerangan/cahaya. Cara menghias kamar tidur ini bisa diterapkan dengan memanfaatkan sinar matahari yang dapat masuk melalui jendela.

Memanfaatkan penerangan alami dan buatan

Selain kamar terlihat lebih terang, cahaya matahari ini bisa membuat kuman/bakteri menghilang dan kamar tidur terhindar dari kelembapan. Bila kamar tidur tidak mempunyai jendela, kamu dapat menggunakan beberapa lampu dengan sifat indirect alias nggak menyorot secara langsung. Selain terlihat terang, pencahayaan indirect ini mampu membuat tidurmu lebih nyaman karena cahayanya lembut.

3. Menggunakan cermin agar kamar terlihat lebih luas

Cara menghias kamar tidur yang sempit selanjutnya adalah menggunakan cermin atau kaca. Penggunaan cermin mampu menciptakan ilusi mata dan kamar tidur yang sempit terlihat lebih luas. Cara yang satu ini sangat mudah karena cermin banyak dijual di pasaran dalam bermacam bentuk dan ukuran yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Menggunakan cermin agar kamar terlihat lebih luas

Cara menghias kamar tidur yang sempit memakai cermin dapat diterapkan dalam berbagai bentuk. Cermin yang berukuran besar akan cantik digantungkan di atas tempat tidur dan digunakan sebagai pengganti headboard. Pastikan cermin satu ini digantung dengan benar agar tidak membahayakan orang yang di bawahnya.

Cermin juga dapat digunakan sebagai pelapis pintu lemari baju. Model ini, mungkin harus membuat lemari custom khusus supaya ukurannya sesuai dengan luas kamar tidur. 

4. Menggunakan tempat penyimpanan atau ruang bawah ranjang

Privasi adalah salah satu sifat kamar tidur. Otomatis, semua barang dari pemilik akan diletakkan di dalam kamar tidur. Kamar tidur yang sempit akan semakin sesak jika kamu meletakkan barang-barang dengan sembarangan.

Menggunakan tempat penyimpanan atau ruang bawah ranjang

Daripada memakai lemari besar kamu dapat memanfaatkan area bawah ranjang. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan menggunakan tempat penyimpanan bawah ranjang ini dapat dilakukan dengan cara memesan ranjang tidur built–in. Bentuknya dapat berupa laci atau rak kecil. Kamu bisa menyimpan barang seperti baju, buku, atau sprei di sini.

Lebih praktisnya beli saja beberapa kontainer atau keranjang/ lemari kecil yang ukurannya pas dengan ukuran area bawah ranjang.
Beautiful Design Interiors Home (Percantik Rumah Anda Dengan Seni Interior)
Membuat Design Tempat Mainan Anak

5. Menghias kamar tidur yang sempit dengan meja rias juga sebagai nakas

Kamar tidur yang sempit membuat kamu harus pintar memilih furnitur yang penting dan tidak penting serta furnitur yang bisa multifungsi. Salah satu caranya adalah menghias kamar tidur yang sempit dengan furnitur multifungsi adalah menggunakan meja rias sebagai nakas (meja disamping tempat tidur untuk tempat lampu tidur, tempat menaruh gelas, kaca mata dsb.).

Menghias kamar tidur yang sempit dengan meja rias juga sebagai nakas


6. Memanfaatkan floating shelves atau rak melayang tau rak dinding

Menghias kamar tidur yang sempit dengan menggunakan rak melayang jelas lebih efisien. Rak melayang bisa diletakkan di bagian atas dinding/menempel dinding dan bagian bawahnya diisi dengan furnitur lain. Beberapa titik yang tepat untuk menempatkan rak melayang ini adalah di atas tempat tidur atau di atas meja belajar.

Memanfaatkan floating shelves atau rak melayang tau rak dinding

Saat ini rak melayang atau rak dinding, tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan bentuk sehingga kamu dapat menyesuaikan kebutuhan dan gaya interior kamar tidur.

7. Memasang jenis tirai yang tepat untuk kamar tidur

Cara memilih tirai yang tepat untuk kamar tidur sempit harus diperhatikan dengan baik. Dengan memilih warna tirai yang cerah, kamu harus menggantungnya dengan tepat supaya kamar tidak terlihat sempit. Gantungkanlah tirai dari sisi paling atas hingga menjuntai ke lantai meskipun jendelanya kecil.

Memasang jenis tirai yang tepat untuk kamar tidur

Agar langit -langit kamar terlihat lebih tinggi. Bila perlu, kamu dapat memilih tirai dengan motif garis vertikal agar ilusi yang tercipta sempurna.

8.  Model kasur tersembunyi, tempat tidur lipat

Cara menghias kamar tidur yang sempit berikutnya adalah menggunakan furnitur yang dapat disembunyikan atau dilipat, misalnya kasur. Kasur tersembunyi atau dapat dilipat ini bisa dibuka ketika kamu ingin tidur atau dilipat disembunyikan ketika kamu sedang mengerjakan sesuatu di lantai. Ini terdengar menarik, ya? Tapi kamu harus menyiapkan dana lebih karena pembuatan furnitur ini cukup mahal dan rumit.

Model kasur tersembunyi, tempat tidur lipat


9. Membangun mezzanine di dalam kamar

Mezzanine adalah ruang atau lantai tambahan yang berada di antara lantai dan langit-langit suatu ruangan menggunakan konsep semi terbuka. Ini cukup sulit karena kamu harus merombak konstruksi ruangan untuk memastikan mezzanine menampung beban dengan baik.

Membangun mezzanine di dalam kamar

Kamu akan memiliki area tambahan di bawah tempat tidur. Area tersebut dapat  kamu manfaatkan sebagai tempat kerja.

10. Memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan

Cara menghias kamar tidur yang sempit terakhir ini harus memperhatikan konstruksi rumah. Cara ini terdengar sulit karena harus menyisipkan tempat penyimpanan ke dalam dinding, Namun design ini akan membuat kamar tidur yang lebih luas.

Memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan

Jika ingin menggunakan cara ini, sebaiknya buatlah desain khusus sebelum konstruksi rumah dibangun. Jadi, konsultasi dulu saja dengan arsitek rumah kamu.

Baca Juga:
Rumah Sederhana Ala Jepang - Small House Design Interior Photos
Interior Decorator Fort Worth-Gaya Dekorasi Unik 
Design Interior Ruangan Rumah Minimalis

Semoga artikel Desain Kamar Tidur diatas memberikan ide dan inspirasi anda. Terimakasih

Tag: desain kamar tidur remaja desain kamar tidur sederhana desain kamar tidur unik desain kamar tidur romantis desain kamar tidur ukuran 3x3 desain kamar tidur ukuran kecil desain kamar tidur minimalis ukuran 3x4 desain kamar tidur ukuran 2x3

0 komentar:

Post a Comment