19 Jenis Reklame Lengkap Dengan Pengertian Serta Contoh Gambar Reklame

Konten [Tampil]

Pengertian Dan Fungsi Reklame

Reklame media visual merupakan jenis reklame yang memanfaatkan tulisan dan gambar yang digarab serta di desain sedemikian rupa dan berntuknya. Fungsi reklame adalah untuk mengkomunikasikan atau menginformasikan suatu pesan tertentu kepada orang lain melalui media visual.

Reklame dewasa ini tentu lengkap, ada yang komersial dan non komersial. Reklame jenis iklan berisi jasa atau produk adalah contoh reklame komersial. Dibawah ini adalah macam macam jenis reklame dan contoh gambarnya selain itu juga akan kita bahas apa tujuan dari sekaligus fungsi reklame.

Baliho

Baliho Merupakan jenis reklame yang manam jeni ini berisi gambar atau tulisan menarik, masa ini banyak sekali designer baliho yang bahkan membuatnya terkesan unik serta informatif. Baliho memiliki ukuran besar, penempatan untuk jenis ini adalah di tempat umum dan strategis. Besarnya ukuran harus menggunakan tiang besar, kuat serta bersifat semi permanen (bisa dipasang atau dilepas sewaktu-waktu). Dibawah ini adalah contoh gambar reklame Baliho.

Baliho Merupakan jenis reklame yang manam jeni ini berisi gambar atau tulisan menarik, masa ini banyak sekali designer baliho yang bahkan membuatnya terkesan unik serta informatif. Baliho memiliki ukuran besar, penempatan untuk jenis ini adalah di tempat umum dan strategis. Besarnya ukuran harus menggunakan tiang besar, kuat serta bersifat semi permanen (bisa dipasang atau dilepas sewaktu-waktu). Dibawah ini adalah contoh gambar reklame Baliho.

Banner

Reklame Banner yaitu jenis reklame memiliki bentuk bermacam, bisa kotak  atau persegi panjang. Banner ini umumnya dicetak dengan digital printing dengan menggunakan MMT. Penempatan pada umumya depan toko atau instansi dengan dipasang ditempat khusus kemudian menggunakan penyangga.
Contoh Banner

Reklame Banner yaitu jenis reklame memiliki bentuk bermacam, bisa kotak  atau persegi panjang. Banner ini umumnya dicetak dengan digital printing dengan menggunakan MMT. Penempatan pada umumya depan toko atau instansi dengan dipasang ditempat khusus kemudian menggunakan penyangga.


Brosur

Brosur adalah jenis reklame yang dibuat di atas selembar kertas dimana point dan isi informasi dijelaskan lebih, detail, rinci dan jelas. Untuk menyampaikan pada masyarakat umum/calon pembaca/konsumen adalah dengan cara disebarluaskan secara live/langsung, dimaksudkan agar mereka bisa mudah membaca dan memahami.
Contoh Reklame Brosur



Billboard


Billboard sering kita temui di toko-toko atau warung. Billboard merupakan jenis reklame yang didalamnya berisi gambar atau foto dengan tulisan menarik serta memiliki makna yang informatif. memiliki skala ukuran besar. Penempatan reklame jenis ini biasanya diletakkan pada atap dinding sebuah toko atau instansi tertentu, reklame ini bersifat permanen.
Contoh Reklame Billboard



Embalase

Reklame satu ini bernama Embalase, meupakan jenis reklame bertempat langsung di kemasan sebuah produk. Tampilan bisa berupa gambar dan tulisan unik dan menarik. Memiliki fungsi sebagai daya tarik, rincian, pemberitahuan, dan semua informasi tentang sebuah produk tersebut.
Contoh Reklame Embalase



Iklan


Iklan merupakan jenis reklame singkat pada dan jelas. Isinya memiliki tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual (tulisan dan gambar) di media cetak atau elektronik.
Contoh Reklame "Iklan"


Kalender

Setiap orang biasanya memiliki reklame jenis Kalender, karena ini adalah reklame yang sangat penting (apa lagi untuk siswa yang menghitung hari libur hehe). Kalender merupakan pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem. Kalender divisualisasikan pada media cetak atau elektronic. Jenis reklame Kalender yang memiliki bentuk media cetak bisa merangkap untuk digunakan sebagai reklame banner, dengan memberikan tambahan berupa gambar kemudian tulisan sebagai reklame visual bagian depan bisa juga pada bagian atas kalender. Di bawah ini adalah contoh reklame Kalender.
Contoh Reklame Kalender


Leaflet

Reklame yang berwujud lembaran kecil kemudian dilipat lipat, namun memiliki isi dan informasi lengkap serta rinci adalah jenis reklame Leaflet. Penyampaian kepada calon konsumen atau target dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung secara langsung.
Contoh Reklame Leaflet


Poster

Poster merupakan jenis reklame berwujud selembaran kertas yang didalamnya berisi gambar serta tulisan yang desain semenarik mungkin dan kemudian cara penempatan adalah dengan kiat ditempel ditempat-tempat umum lagi strategis.
Contoh Reklame Poster


Baca Artikel Berhubungan: Pengertian Seni Reklame Dan Contohnya

Spanduk

Jenis reklame ini memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang digarab secara ringkas, padat dan jelas berisi. Spanduk berbahan kain atau sejenisnya, pemasangan dengan cara dibentangkan diantara dua tiang. Biasanya diletakkan di tempat strategis dan ramai.
Contoh Reklame Spanduk


Reklame Papan

Merupakan reklame yang menggunakan bahan dari kayu, kertas, plastik, fiber glass, kaca, batu, logam, atau bahan yang sejenis. Penempatan reklame ini dipasang pada di tempat yang dianggap diperlukan untuk informasi kepada target atau konsumen.
Contoh Reklame Papan


Reklame Kain

Reklame jenis ini adalah reklame yang dibuat dari bahan kain, plastik, karet atau sejenis dengan itu.
Contoh Reklame Kain



Reklame Bersinar


Reklame Bersinar adalah reklame yang didesain membentuk tulisan / gambar, dibentuk dari bahan lampu pijar atau alat penyinar lainnya sehingga tampak sinar pada malam hari. Ini Berisi sebuah nama atau label. Penempatan dipinggir jalan atau tempat ramai dan strategis, sehingga dapat mencuri perhatian kepada target atau konsumen.
Contoh Reklame Bersinar


Reklame Film dan Slide

Jenis Reklame ini merupakan  reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan klise kaca film / bahan sejenis sebagai alat untuk diproyeksikan pada layar / pesawat TV (videotron).
Contoh Reklame Film dan Slide


Reklame Suara

Merupakan reklame yang di selenggarakan/dibuat dengan menggunakan kata - kata yang diucapkan / ditimbulkan oleh perantara atau pesawat sejenisnya.
Contoh Reklame Suara




Reklame Kendaraan 


Reklame Kendaraan adalah reklame penempatannya ditempelkan atau ditempatkan sebuah kendaraan.
Contoh Reklame Kendaraan



Reklame Peragaan

Reklmae Peragaan adalah reklame yang dibuat atau diselenggarakan dengan cara menggunakan suatu barang dengan atau tanpa disertai suara.


Reklame Tempel ( Stiker )

Reklame jenis ini adalah reklame yang memiliki bentuk/wujud lembaran lepas. Penempatan dengan cara disebarkan, ditempelkan atau dipasang pada benda lain dengan biasanya memiliki luas tidak lebih dari ukuran 200 cm perlembar.




Reklame Udara


Reklame Udara merupaka reklame yang di lakukan/diselenggara di udara dengan menggunakan gas, balon gas, pesawat, drone atau alat lain yang sejenis.



Definisi Media Reklame

Definisi reklame, apakah yang disebut dengan Reklame?, merupakan benda, alat, perbuatan atau media yang memiliki wujud atau bentuk, susunan serta corak ragamnya bertujuan untuk komersial, fungsi dan guna untuk memperkenalkan, menghimbau atau memasarkan suatu barang, jasa atau orang, juga memiliki tujuan untuk menarik perhatian khalayak umum tertuju pada suatu barang, jasa atau orang yang ditempatkan pada suatu lokasi yang dapat dilihat oleh mata sehingga dapat dibaca, atau bahkan didengar oleh media dan tempat yang terjangkau oleh umum, akan tetapi kecuali yang teroganisir oleh Pemerintah / Pemerintah Daerah.

Jenis-Jenis Reklame

Berdasar jenisnya terbagi menjadi dua yaitu Reklame Insidentil dan Reklame Permanen/Tetap.


Reklame Permanen/Tetap

Berikut ini adalah jenis reklame tetap, terdiri dari:
  • Reklame Billboard
  • Reklame Megatron/Videotron/Walt
  • Reklame TV Media
  • Reklame Neon Sign/Neon Box
  • Reklame Bando Jalan
  • Reklame Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)
  • Reklame Bus Shelter
  • Reklame Shop Panel
  • Mini jumbo/mini billboard
  • Reklame letter sign
  • Reklame Prismatek
  • Reklame Display board
  • Reklame Kendaraan
  • Reklame Rombong/mini kios
  • Reklame Bioskop film
  • Reklame Profesi
  • Reklame Tembok
  • Reklame Polibrite

Reklame Insidentil

Jenis kedua ini juga terbagi banyak jenis, berikut terdiri dari:

  • Reklame Baliho
  • Reklame Spanduk
  • Reklame Umbul umbul
  • Reklame Poster
  • Reklame Melekat (stiker)
  • Reklame Balon udara
  • Reklame peragaan/demo
  • Rekalme Slide/film
  • Reklame Flag chain/gimik
  • Reklame Selebaran
  • Reklame Tenda
  • Reklame Banner

Tambahan Pengetahuan

Memang banyak sekali jenis iklan diwaktu ini, karena perkembangan teknologi sangat berkembang pesat. Dibawah ini adalah sebuah tambahan yang mungkin bermanfaat terkait dengan jenis reklame.

1. Reklame Papan
adalah reklame yang menggunakan bahan kayu, kertas, plastik, fiber glass, kaca, batu, logam, atau bahan lain yang sejenis dipasang pada tempat yang diperlukan.

2. Reklame Kain
adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan kain, plastik, karet atau sejenis dengan itu.

3. Reklame Bersinar
adalah reklame yang membuat tulisan / gambar dibentuk dari lampu pijar /alat penyinar lainnya yang memberikan sinar pada malam hari.

4. Reklame Film dan Slide
adalah reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan klise kaca film / bahan sejenis sebagai alat untuk diproyeksikan pada layar / pesawat TV.

5. Reklame Suara
adalah reklame yang di selenggarakan dengan menggunakan kata - kata yang diucapkan / ditimbulkan oleh perantara atau pesawat apapun.

6. Reklame Kendaraan
adalah reklame yang ditempelkan atau ditempatkan pada kendaraan.

7. Reklame Peragaan
adalah reklame yang diselenggarakan dengan cara menggunakan suatu barang dengan / tanpa disertai suara.

8. Reklame Tempel ( Stiker )
nomor delapan ini adalah reklame yang mana memiliki bentuk lembaran lepas, cara penyebaran atau lokasi tidak beraturan atau sering terlihat di sembarang tempat, yaitu dengan cara disebarkan, ditempelkan atau dipasang pada benda lain namun dengan ketentuan ukuran yang luasnya tidak lebih dari 200 cm perlembar.

9. Reklame selebaran
adalah reklame yang disebarkan diberikan atau dapat diminta dengan ketentuan tidak ditempelkan, diletakan pada benda lain.

10. Reklame Udara
adalah reklame yang di selenggarakan di udara dengan menggunakan gas, pesawat atau alat lain yang sejenis.


Baca Juga:
Conggado telah menjelaskan contoh dan jenis-jenis reklame , mungkin masih banyak lagi jenis dan macam reklame lainnya. Terimakasih

0 Response to "19 Jenis Reklame Lengkap Dengan Pengertian Serta Contoh Gambar Reklame"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel