Home » , , , » Cara Membuat Rak Serbaguna ( Versatile Rack )

Cara Membuat Rak Serbaguna ( Versatile Rack )

Pada setiap rumah biasanya memiliki beberapa barang ataupun peralatan yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya peralatan dan spare part untuk mobil/ motor, peralatan Listrik, bangunan, alat- alat dapur dan lain sebagainya. 

Penggunaan Barang  tersebut biasanya hanya digunakan di saat- saat tertentu saja, jadi bila saat tidak terlalu dibutuhkan/digunakan maka seharusnya disimpan di suatu tempat yang paktis, misalnya Rak Barang, dengan tujuan untuk kerapihan dan mudah mencarinya bila sewaktu-waktu diperlukan/dibutuhkan.

Rak Barang ini dibuat dengan memanfaatkan potongan- potongan kayu bekas, dan karena yang dipentingkan adalah fungsinya maka penempatannya lebih cocok di garasi mobil, di gudang ataupun di bagian area service dari rumah.

Cara Membuat :
  • Buat Kerangka Rak dengan ukuran Panjang 190 Cm, Lebar : 50 Cm, Tinggi 170 Cm. Detail cara membuat lihat artikel Kerangka Rak Kayu.
  • Setelah kerangka Rak jadi, kita dapat juga menggunakan Triplex pada setiap tatakan, samping dan belakang rak, tetapi pada contoh disini digunakan potongan kayu tipis dan dipadukan dengan beberapa lembar triplex untuk penutup belakang dan samping rak bagian atas.
  • Buat beberapa lembar kayu tipis dari kayu- kayu kaso potongan yang panjangnya 20 cm atau lebih. Lakukan pembelahan dengan menggunakan gergaji belah atau Circular Saw, ukur ketebalan belahan kayu, kira- kira 5 mm.
Penggunaan Barang  tersebut biasanya hanya digunakan di saat- saat tertentu saja, jadi bila saat tidak terlalu dibutuhkan/digunakan maka seharusnya disimpan di suatu tempat yang paktis, misalnya Rak Barang, dengan tujuan untuk kerapihan dan mudah mencarinya bila sewaktu-waktu diperlukan/dibutuhkan.

  • Ratakan permukaan lembaran potongan kayu tipis dengan serutan manual. Potong sesuaikan dengan ukurang rangka dari tatakan, Kemudian pasang dengan paku ukuran 1,5 cm pada tatakan tingkat-1, tingkat-2 dan seterusnya hingga tingkat yang teratas.
  • Buat beberapa Pembatas Rak. Gabungkan 4 kayu tipis hingga membentuk empat persegi panjang, susun pada bagian tengah dengan kayu tipis jumlahnya sesuai selera. 
  • Satukan dengan Rak, posisinya disesuaikan dengan berapa lubang yang akan dibuat.


  • Buat beberapa Penutup samping dan belakang rak. Silangkan kayu reng, untuk mengadunya pada bagian tengah masing- masing diberi coakan yang sama besar sehingga setelah jadi permukaannya sama rata.
  • Satukan dengan Rak, potong atau ratakan pada bagian ujung dengan sudut runcing, sehingga pas dengan setiap sudut lubang samping/ belakang yang akan ditutup.



  • Untuk memperkuat Rak, tambahkan Penyangga Tiang Tengah, untuk bagian tengah depan dan belakang.
  • Rak Barang Sederhana sudah jadi dan siap digunakan.
  • Lakukan penge-catan apa bila ingin terlihat lebih rapi dan baru.



Baca Juga:
Cara Membuat Rak Aksesoris Dari Kertas/Kardus
Wooden Storage Rack (Rak Penyimpanan Kayu)
Cara Membuat Kusen Jendela Sederhana (Windowsill)
Cara Dan Kreasi Membuat Tempat Pensil Dari Tali Pramuka
Tag: rak serbaguna plastik, rak serbaguna kayu, rak serbaguna minimalis, rak serbaguna 3 susun, rak serbaguna gantung, rak serbaguna ace hardware, rak dinding, rak buku minimalis

0 komentar:

Post a Comment