Home » , , » Dekorasi Tanaman Sukulen (Indoor Planter)

Dekorasi Tanaman Sukulen (Indoor Planter)

Succulent (Sukulen) atau kaktus lucu kini sudah menjadi salah satu elemen trend dekorasi interior, selain menarik dan unik dipandang mata, ternyata juga memiliki manfaat besar. Dekorasi interior dengan tanaman ini, memunculkan kesan tropis natural, kesan ini menjadikan sukulen sebagai penambah manis ruangan ideal.

Artikel ini akan memberikan anda ide yang menarik untuk trend dekorasi tanaman sukulen dan memberikan pilihan mana jenis sukulen indoor, yang tentu akan memperindah desain interior anda. Mari kita simak.

Kaktus Panda

Selain mempunyai nama yang lucu kaktus panda sangat cocok untuk dekorasi. Tanaman sukulen panda memiliki tanda dengan noda-noda hitam di sekeliling garis pucuk pada daunnya. Uniknya lagi permukaan sukulen ini tertutupi dengan bulu-bulu putih halus dan bertekstur lembut.


Memiliki bentuk relatif kecil, sangat cocok untuk digunakan sebagai dekor ruangan, misalnya diletakkan di rak atau meja kerja. Kaktus ini tidak membutuhkan ruang besar ataupun pot ekstra, kaktus panda menjadi pilihan dekorasi sukulen yang praktis serta manis. Anda tertarik? ini cocok untuk siapa saja.

Sukulen Roseum (Pink Moonstone)

Satu lagi sukulen yang cantik ini bisa jadi dekorasi rumah anda. Memiliki wujud imut dan ukurannya tidak mencapai hingga 15cm pada rata-ratanya. Mempunyai warna parsial, mulai warna merah hingga hijau natural.


Sukulen ini adalah termasuk dekorasi sukulen indoor, yaitu ditempatkan dekat dengan jendela rumah anda. Jika berhasil merawatnya, sukulen ini dapat berbunga seta memiliki bentuk bintang dalam warna merah muda yang unik.

Sukulen Sedum (Ekor Keledai)

Tidak suka yang berukuran kecil/mini?, Sukulen bernama sukulen sedum atau disebut juga ekor keledai (Burro’s Tail) mungkin cocok dengan selera interior anda. Mempunyai karakteristik cantik dengan struktur daun yang tebal beruntai secara keseluruhan, mirip bagai ekor keledai yang menjuntai  hingga beukuran sekitar 60 centimeter ke bawah.


Tanaman sukulen ini tergolong jenis kaktus, selain itu perawatan juga mudah, tidak memerlukan banyak air serta cukup mudah untuk berkembang biak. Penempatan dekorasi bisa anda gantung di dalam atau luar rumah (indoor and outdoor). Kaktus ekor keledai akan menarik perhatian dan memberikan suasana adem dipandang mata.

Baca Juga:

Sukulen Jade


Sukulen unik ini tergolong jenis kaktus jade, berbentuk mirip seperti pohon miniatur yang indah. Kecantikan sukulen ini didukung dengan batang utama yang tebal di bagian tengah, daun-daun sukulen jade bermunculan dari segala sisi, memberikan kesan terlihat hidup dan menawan. Ketika berbunga, sukulen jade akan mengeluarkan bunga yang memiliki bintang dengan warna merah muda serta putih.

Sukulen Zebra

Layaknya garis-garis pada tubuh zebra, sukulen ini mendapat julukan kaktus atau sukulen zebra. Sukulen ini memiliki tanda mirip dan hampir sama, menjadikan kaktus jenis ini terkesan unik dan menarik.


Tanaman dekorasi hias sukulen zebra biasanya tidak tumbuh lebih dari 15 cm, sangat cocok ditempatkan pada wadah atau pot kecil untuk menampung, karena sukulen ini memiliki akar yang dangkal. Apabila saatnya berbunga, maka sukulen zebra akan mengeluarkan/muncul bunga kuning berkarakter cantik.

Kaktus Bola Emas

Kaktus bola emas, cocok sekali dengan namanya, selain menggemaskan tentu sangat menarik. Kaktus bola emas adalah jenis sukulen memiliki bentuk yaitu seperti bola dengan ketinggian sekitar 60 cm dan dipenuhi dengan duri-duri teratur berujung kuning keemasan. Memang inspirasi namanya karena wujudnya unik ini.


Ketika musim berbunga, sukulen ini juga akan dipenuhi dengan kluster bunga yang indah. Anda yang suka kemewahan, tentuk kaktus jenis ini akan menambah keagungan dekorasi rumah anda.

Echeveria Minima

Bagi anda yang merasa tidak bisa, tidak anda waktu atau kurang dalam hal perawatan sukulen, mungkin tanaman trend ini tepat untuk anda. Perawatan yang cukup mudah, karena jarang harus disiram atau dipindahkan untuk sinar matahari. Miliki sukulen Ecevera Minima dengan warna khas mencolok.


Dekorasi akan semakin indah, karena tampilan bertumpuk dan bertingkat terbuka ke bagian atas, sukulen ini dapat berwarna hijau pekat atau ditambah dengan semburat merah keunguan pada ujung daunnya. Bentuknya juga tidak telalu besar, penempatan yang cocok adalah diruang kerja anda.

Aloe Vera atau Lidah Buaya

Tanaman ini tidak asing lagi di mata kita. Lidah buaya juga merulakan dekorasi sukulen yang indah. Selain itu, Aloe Vera juga memiliki manfaat kesehatan untuk kita.


Perawatan sukulen lidah buaya tergolong mudah, dengan prioritas menggunakan tanah yang kering, menyiramnya sesekali ditempatkan di lokasi yang terpapar sinar matahari. Penempatan di depan rumah, untuk memerindah dekorasi halaman sangat cocok.

Sekian dulu artikel tentang dekorasi tanaman sukulen. Semoga menjadi inspirasi anda dalam hal dekorasi rumah.

Baca Juga:

0 komentar:

Post a Comment