Home » , , , , , » 12 Destinasi Objek Wisata Mendunia Indonesia Jarang Dikunjungi (Lengkap Keterangan Video)

12 Destinasi Objek Wisata Mendunia Indonesia Jarang Dikunjungi (Lengkap Keterangan Video)

12 Destinasi Wisata Negara Indonesia yang Cocok Untuk Liburan DI Akhir Pekan-Hari libur adalah hari yang tepat untuk liburan, melepaskan rasa penat, lelah dan stess yang timbul dari kegiatan pekerjaan. Beberapa orang melakukan liburan ke luar negri dan tentu memerlukan banyak biaya. Namun sebagai orang Indonesia melancong tidak harus ke luar negri karena di Indonesia ini banyak sekali Destinasi Wisata yang terbaru. Bermacam jenis wisata Indonesia ada hutan, pantai, gunung, sungai, waduk, dan masih banyak lagi wisata yang menarik lainnya.

Dari Sabang sampai merauke, 34 provinsi Indonesia memiliki banyak Destinasi Wisata. Mari kita simak beberapa wisata Indonesia dibawah ini yang harus anda kunjungi.

1. Pantai Sumurtiga – Sabang


Pantai yang indah dan elok ini terletak di Kota Sabang, Provinsi DI Aceh. Pantai ini berpasir putih dengan garis pantai yang panjang, Air laut yang berwarna biru muda, ditambah lagi dengan pohon kelapa yang banyak dan tersebar di sepanjang bibir pantai, dan ini melengkapi indahnya Pantai Sumurtiga. Tidak heran jikalau banyak orang menyebut Pantai Sumurtiga dengan istilah Hawaii-nya Sabang. Pengunjung dapat berselancar dan menikmati keindahan bawah laut dengan ber-snorkeling ria, Pengunjung juga bisa menginap di cottage yang banyak terdapat di sekitar pantai. Sungguh mengasikkan bukan?

2. Danau Toba – Sumatera Utara


Anda tentu telah tidak asing lagi dengan daerah tamasya yang satu ini, bukan? Ya, estetika Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya memang sukses menarik perhatian pelancong, tak cuma lokal, melainkan juga internasional. Danau Toba sendiri ialah sebuah danau raksasa yang terwujud dampak dari gunung berapi. Danau ini mempunyai panjang 100 km dan lebar 30 km dan disebut sebagai danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Tak cuma tamasya danaunya yang menarik, di sini pengunjung juga dapat menjelajah wilayah hutan pinus di sekitar danau, merasakan pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun. Tunggu dahulu, di Pulau Samosir ada 2 desa tamasya yang juga tidak luput dari perhatian pelancong, adalah Tomok dan Tuktuk. Di Tomok, Anda dapat mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan mengamati pertunjukan boneka Sigale-gale. Berharap bermalam di sini? Ada banyak penginapan murah di Tuktuk yang dapat Anda jadikan tempat rujukan. Komplit sekali, bukan?


3. Ngarai Sianok – Bukittinggi


Belum puas menjelajah tanah Sumatera Utara?, kini giliran Anda untuk melangkahkan kaki ke Sumatera Barat, tepatnya di Kota Bukittinggi. Ya, kota dengan pemandangan alam berbukit-bukit ini memang mempunyai banyak daerah tamasya menawan yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya ialah Ngarai Sianok. Bagi yang belum tahu, Ngarai Sianok ialah sebuah jurang sempit dengan bukit-bukit bertebing terjal di sekelilingnya. Wisata ini setara dengan Geand Canyon menajubkan. Di tengah jurang ini mengalir sungai kecil yang menjadikan mata terpukau dengan panorama kian menakjubkan. Di sini, kecuali bersepeda, trekking, atau berjalan-jalan ringan, Anda juga dapat merasakan ketenangan yang ditawarkan Ngarai Sianok. Sebab suasananya yang menenangkan itulah daerah tamasya ini juga disebut Jurang Pendiam.


4. Sungai Kampar – Riau


Pernah membayangkan bagaimana rasanya surfing di sungai? Ya, selama ini kita memang mengetahui surfing sebagai olahraga air yang cuma dapat dilaksanakan di pantai dengan ombak yang besar. Jika Anda main ke Riau, segala teori di atas sekejap mata akan terbantahkan. Pasalnya, di Riau ada satu daerah tamasya yang benar-benar tepat, surfing bersama teman anda, bernama adalah Sungai Kampar. Familiar dengan ombak Bono-nya yang dapat menempuh tinggi 6 meter, sungai yang berlokasi di Teluk Meranti, Kabupaten Palalawan, Riau, ini ialah destinasi wisata Indonesia yang harus anda kunjungi. Banyak peselancar mancanegara yang rela jauh-jauh datang ke Riau demi menumbangkan ombak sungai yang berlokasi persis di garis ekuator ini. Bagaimana, beratensi menguji adrenalin di sini?


5. Anambas – Kepulauan Riau


Di Kepulauan Riau, ada satu daerah tamasya dengan panorama alam yang sungguh memesona dan jangan sampai terlewatkan dikala anda berkunjung ke sini. Inilah Kepulauan Anambas, keindahannya seperti Raja Ampat, daerah tamasya yang pada 2013 lalu telah dianugerahi sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia versi CNN, Anambas memang menaruh demikian itu banyak estetika yang belum tersentuh tangan manusia. Laut biru dengan pasir putihnya yang lembut serta terumbu karang yang menawan dijamin akan menyihir siapa saja yang berkunjung ke sini. Konon saking indahnya, panorama di sini hingga menumbangkan Maldives! Siap bertamasya ke sini?


6. Candi Muaro Jambi – Jambi


Selama ini, dua candi yang paling banyak diketahui di Indonesia ialah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Destinasi wisata candi juga dimiliki oleh tanah Jambi. Sebuah candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia? Ya, Candi Muaro Jambi namanya. Kawasan tamasya bersejarah ini ialah perpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diperkirakan telah ada semenjak abad 11 Masehi. Tempatnya yang menarik dan kaya akan poin sejarah menjadikan Candi Muaro Jambi resmi sebagai Wisata KWST pada 2012 silam oleh eks Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tak cuma pelancong dalam negeri, beberapa tahun terahkir ini wisatawan asing bahkan mulai berdatangan demi dapat melihat salah satu sentra daerah peribadahan agama Budha Tantri Mahayana di negeri ini.


7. Fort Marlborough – Bengkulu



Bila kebetulan Anda sedang berada di Bengkulu dan suka daerah tamasya bernuansa sejarah, cobalah berkunjung ke Benteng Fort Marlborough, yang berlokasi di Teluk Segara, Kebun Keling, Bengkulu. Informasi untuk anda, bangunan ini merupakan benteng peninggalan Inggris dan dibangun oleh EIC (East India Company) pada tahun 1713. Tujuan awak pembangunan benteng ini ialah sebagai spot pertahanan Inggris dari serangan musuh. Menurut cerita, Benteng Fort Marlborough merupakan benteng terkuat kedua di kawasan Timur yang pernah dibangun Inggris. Namun bermigrasi dari pemerintah Inggris ke Belanda, Belanda ke Jepang, Jepang ke Indonesia, hingga kembali diduduki oleh Belanda, benteng ini akhirnya sah dikelola oleh Depdikbud setempat untuk dipugar dan diwujudkan sebagai cagar tradisi. Bila berniat ke sini, datanglah antara pukul 08.00 pagi hingga 17.00 petang, karena daerah tamasya tersebut dibuka pada waktu yang ditentukan diatas.


8. Museum Sultan Mahmud Badaruddin – Palembang
Tempat familiar dengan pempek kapal selamnya yang lezat, Palembang juga mempunyai banyak daerah wisata unaik dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya ialah Museum Sultan Mahmud Badaruddin. Kawasan yang juga bersejarah ini terletak di dekat wilayah wisata Benteng Kuto Besak. Museum yang terdiri dari 2 lantai ini ialah bangunan tua peninggalan Belanda.


Di sini, Anda dapat menjumpai beraneka koleksi benda unik dari bermacam-macam cabang ilmu, mulai dari arkeologi, biologi, etnografi, seni rupa, keramikologi, hingga numismatika yang sampai sekarang masih terawat dengan bagus. Plus, Anda bahkan dapat mengamati sekaligus melihat koleksi uang kuno, baju adat, contoh rumah limas, kain songket, alat musik, dan lain sebagainya. Kawasan wisata biasanya mulai dibuka pada pukul 08.00 pagi hingga 16.00 petang.


9. Pantai Parai Tenggiri – Bangka Belitung
Anda sudah pernah menyaksikan film fenomenal Laskar Pelangi yang berlatar di Pulau Belitong, bukan? Tempat alur cerita, apa yang menarik dari film itu? Ya, tentu saja lokasi pengambilan gambarnya. Di Belitung (orang setempat lazim menyebutnya Belitong) memang banyak terdapat pantai menawan dengan batu-batu sebesar rumah yang tersebar di bibir pantai, salah satunya ialah Pantai Parai Tenggiri.


Berbeda dengan pantai lain pada biasanya, Parai Tenggiri memiiki struktur pantai yang landai dengan air laut berwarna hijau toska serta pasir putihnya yang lembut. Ditambah ombak pantai yang hening juga menjadi alasan pelancong yang gembira dengan melakukan kegiatan renang. Disitu, Anda juga dapat memancing, parasailing, menyelam, snorkeling, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ayo, tamasya ke Bangka Belitung!


10. Taman Nasional Way Kambas – Lampung
Apa sih yang pertama timbul di pikiran Anda dikala mendengar kata Lampung? Kopinya yang harum dan penangkaran gajahnya yang familiar itu? Ya, tak salah, Lampung merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa dibilang tepat bagi Anda yang mau mengamati penangkaran mamalia bertubuh besar yang satu ini. Tempat Taman Nasional Way Kambas yang berlokasi di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung.


 Kawasan tamasya yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan ialah sekolah gajah pertama di Indonesia. Tempat ialah daerah konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai daerah penangkaran badak dari kepunahan. Untuk dapat masuk ke sini, Anda cuma akan dikenai karcis masuk sebesar Rp30.000 per orang. Murah sekali, bukan?

Baca Juga Destinasi Negara Indonesia:

11. Pulau Peucang – Banten
Apabila puas menjelajah tanah Sumatera, mari menyeberang ke arah selatan, adalah Pulau Jawa. Di ujung paling barat Pulau Jawa sendiri terdapat sebuah daerah tamasya menarik yang tidak boleh dilewatkan, adalah Pulau Peucang. Pulau in berlokasi persis di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon dan mempunyai panorama yang demikian itu memesona.


Di pulau yang mana resmi menjadi website warisan tradisi UNESCO ini Anda dapat dengan gampang menjumpai aneka flora dan fauna khas Banten, seperti rusa, banteng Jawa, merak hijau, lutung, dan sebagainya. Untuk dapat merasakan pasir putih dan birunya laut Pulau Peucang, Anda perlu lewat dermaga penyeberangan yang terdapat di Kecamatan Sumur (sekitar 9 jam dari Tangerang).Wisata ndonesia ini percayalah, rasa lelah akan terbayar jikalau Anda menginjakkan kaki di surga tersembunyi yang dimiliki Banten ini.


12. Kepulauan Seribu – DKI Jakarta
Jakarta rupanya tak melulu soal macet, gedung-gedung pencakar langit, hotel dan sentra perbelanjaan mewah, lho. Bila berkeinginan bergeser sedikit ke arah utara di Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan Jakarta yang berbeda. Ya, di sini terdapat sebuah daerah tamasya bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tak cuma diwujudkan sebagai area konservasi, melainkan juga daerah tamasya.


Tempat wisata Kepulauan seribu juga mempunyai banyak pulau menawan yang benar-benar pantas diwujudkan destinasi tamasya akhir minggu, sebagian di antaranya ialah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebab air lautnya bening dan berpasir putih, daerah ini ialah titik yang benar-benar pantas untuk menyelam, snorkeling, dan kesibukan air yang lainnya. Untuk menempuh Kepulauan Seribu, Anda sepatutnya menyeberang mengaplikasikan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

0 komentar:

Post a Comment