Home » , , , » Seni Arsitektur, Definisi Dan Pengertian Menurut Para Ahli (Lengkap)

Seni Arsitektur, Definisi Dan Pengertian Menurut Para Ahli (Lengkap)

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual guna melakukan imijinasi akan diri mereka dan ilmu dalam dan untuk merancang bangunan. Pengertian yang lebih luas, arsitektur mencakup, merancang serta membangun keseluruhan lingkungan binaan, Berawal dari level makro yakni perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, kemudian hingga ke level mikro yakni desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada akhir hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual guna melakukan imijinasi akan diri mereka dan ilmu dalam dan untuk merancang bangunan. Pengertian yang lebih luas, arsitektur mencakup, merancang serta membangun keseluruhan lingkungan binaan, Berawal dari level makro yakni perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, kemudian hingga ke level mikro yakni desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada akhir hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Tidak sedikit orang melihat hasil ciptaan/karya desain arsitektur berupa bentuk atau wadah yang kasat mata, bewujud sebuah bangunan yang menjulang megah di atas sebidang tanah, bagaikan seperti bangunan mati tanpa nilai atau makna yang memiliki berarti.

Prinsip banyak pengguna bangunan dari karya desain arsitektur ini adalah bagaimana mereka dapat menggunakan dan memfungsikan bangunan ini dengan nyaman, lancar dan aman, lengkap dengan fasilitas pelayanan yang diinginkannya ketika melakukan kegiatan di dalam bangunan tersebut.

Begitu juga orang lain yang bukan pengguna bangunan, juga dapat menikmati serta merasakan indahnya bangunan karena tampilan/nilai estetika yang unik dan menarik.

Selain itu dalam desain arsitektur minimalis modern, dan arsitektur (desain bangunan) hanya menggunakan kebutuhan yang paling mendasar. Minimalis dalam arsitektur menggarisbawahi atau menekankan pada hal-hal yang memiliki sifat esensial dan fungsional. Banyak bentuk yang geometris serta tanpa dekorasi menjadi karakter arsitektur minimalis.

Karakter minimalis sendiri menjadi tren/popular pada awal abad ke 19 serta menjadi aktivitas penting akibat respon dari gaya arsitektur sebelumnya yang mana lebih banyak menggunakan unsur dekorasi serta ornamen. 

Para designer desain arsitektur minimalist home berfokus pada dua elemen, yakni pencahayaan bersifat elegan dan ruang kosong yang terbentuk dari pengurangan unsur tiga dimensional dalam desain arsitektur.

Dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, desain digunakan guna menyampaikan pesan atau nilai bersifat kesederhanaan. Bentuk-bentuk geometris dasar, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana serta pengulangan struktur adalah wujud ciri khas minimalis.
Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli (Lengkap)
1. Brinckmann
Pengertian arsitektur pendapat Brinckmann adalah kesatuan antara bentuk/wujud serta ruang (penciptaan ruang dan bentuk).

2. Boukundige Encyclopedia
Menurut Bounkundige Encyclopedia, pengertian arsitektur adalah aktivitas mendirikan bangunan dari segi keindahan. Sementara itu, kegiatan mendirikan bangunan dari segi konstruksi disebut dengan ilmu bangunan.

3. Sir Henry Wotton
Menurut Sir Henry Wotton, Pengertian arsitektur adalah suatu arsitektur bangunan harus mempunyai tiga kondisi, adalah sebagai berikut: komoditas, kokoh, serta menyenangkan.

4. W. Grofius
W. Grofius, pengertian arsitektur adalah suatu ekspresi tertinggi pada alam pikiran seseorang yang mempunyai kndungan unsur semangat, kemanusiaan, kesetiaan, dan keyakinan.

5.James Steele
Pengertian arsitektur oleh James Steele, adalah Arsitektur yang paling dibutuhkan yaitu arsitektur yang memiliki sifat berkelanjutan (sustainable architecture) serta tidak menimbulkan bahaya kepada generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

6. Renzo Piano
Pengertian arsitektur adalah gaya arsitektur dibuat untuk menjadi merek dagang, maka hal itu secara tidak langsung akan menjadi sangkar yang mengekang dan membunuh para arsitek serta kebebasan mereka untuk berkembang. 

7. Vitruvius
Menurut Vitruvius, arsitektur adalah bangunan yang baik harus mempunyai tiga nilai aspek yaitu estetika (Venustas), kekuatan (Firmitas) serta kegunaan atau fungsi (Utilitas).


8. JB. Mangunwijaha (1992)
Menurut JB. Mangunwijaya, pengertian arsitektur adalah astuvidya (wastuwidya) mempunyai arti ilmu bangunan. Pengertian dalam wastu terhitung juga tata bumi, tata gedung, srta tata lalu lintas (dhara, harsya, yana).

9. Amos Rappoport (1981)
Pengertian arsitektur menurut Amos Rappoport adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, namun juga mencakup pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata alur kehidupan sosial dan budaya masyarakat, yang diwadahi serta sekaligus mempunyai pengaruh terhadap arsitektur.

10. Francis DK Ching (1979)
Pengertian arsitektur menurut Francis DK Ching adalah arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, wujud, teknik serta fungsi.

11. Benjamin Handler
Menurut Benjamin Handler, pengertian arsitektur adalah seorang seniman struktur yang menggunakan struktur secara estetis berdasar pada prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

12. Cornelis Van de Ven
Pengertian arsitektur menurut Cornelis Van de Ven adalah proses pembuatan ruang yang diciptakan dengan cara yang benar dan direncanakan serta dipikirkan. Pembaharuan dalam arsitektur yang terus menerus berlanjut terjadi adalah sebab faktor konsep-konsep ruang yang juga selalu melakukan perkembangan.

13. Augeste Perret
Menurut Augeste Perret, pengertian arsitektur adalah seni untuk mengorganisasikan ruang.

14. Djauhari Sumintardja
Pengertian arsitektur menurut Djauhari Sumintardja adalah hasil karya manusia dan memiliki manfaat pula untuk manusia itu sendiri. Manfaat tersebut terdiri dari manfaat bagi badan serta manfaat untuk jiwa.

Manfaat arsitektur bagi badan adalah memberi perlindungan diri juga badan. Kemudian manfaat arsitektur untuk jiwa adalah memberikan ketenangan, kesejukan, kenyamanan dan sebagainya.


15. Henry Maclaine Pont
Menurut Henry Maclaine Pont, arsitektur adalah bagian dari pekerjaan manusia dalam membuat suatu guna untuk supaya keluar dan juga untuk menudukkan alam.

16. Y.B. Mangunwijaya (1988:348)
Menurut Y.B. Mangunwijaya pengertian arsitektur adalah vastavidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastawidya mencakup ilmu tata bumi, tata gedung, serta tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kanan). Mangunwijaya juga memiliki tafsir bahwa arsitektur sebagai penciptaan suasana, perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak semata dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Sebab dari bahan-bahan sederhana pun bisa memberikan cerminan refleksi nilai estetis yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan ataupun kepongahan.

17. Claudil
Menurut Clauidil. Pengertian arsitektur adalah hasil persepsi serta penghargaan manusia terhadap ruang dan wujud/bentuk.

18. Robert Gutman
Menurut Robert Gutman pengertian arsitektur adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, namun juga sebagai kendaraan ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah serta psikologis.

19. Van Romondt
Menurut Van Romondt pengertian arsitektur adalah wadah lokasi hidup yang tempat manusia dengan bahagia. Ruang sendiri merujuk pada seluruh ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia ataupun ruang yang terjadi dengan sendirinya atau natural, seperti gua, pohon, dan lain sebagainya.

20. Banhart CL dan Jass Stein
Banhart CL dan Jass Stein. Menurut pengertian mereka arsitektur adalah seni dalam menegakkan bangunan, dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat serta format bangunan, proses membangun, bangunan serta kelompok lainnya merupakan segi-segi lain yang juga terdapat di dalam arsitektur.

21. Marcus Pollio Vitrovius
Pengertian arsitektur menurut Marcus Pollio Vitrovius, arsitektur adalah sebuah kekuatan/kekohon (virmitas), keindahan/estetika (venustas, dan kegunaan/fungsi (utilitas). Arsitektur adalah ilmu yang muncul dari ilmu-ilmu lainnya dan dilengkapi dengan proses belajar.

22. Wikipedia
Diambil dari Wikipedia. Pengertian arsitektur merupakan seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam hal merancang bangunan.

23. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
KBBI mempunyai pengertian bahwa arsitektur adalah seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, dan sebagainya. Metode serta sytle/gaya rancangan suatu konstruksi bangunan.

24. O’Gorman (1997)
Menurut O’Gorman, pengertian arsitektur adalah lebih dari sekedar suatu pelindung. Arsitektur dapat juga merupakan suatu wujud seni, akan tetapi mempunyai perbedaan, yaitu arsitektur menggunakan seni sebagai sesuatu yang penting untuk digunakan sebagai interior.

25. Le Corbusier
Le Corbusier pengertian arsitektur adalah 'architecture is the mastery, correct and magnificient play of masses seen in light, and architecture with a capital A was an emotical and astehtic experience'.

Kami telah menjabarkan definisi, manfaat dan 25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli paling lengkap, sekedar menambah wawasan dan menambah pengetahuan. Semoga bermanfaat.

Tag: contoh seni arsitektur, sejarah arsitektur, seni arsitektur menurut para ahli arsitektur adalah, desain arsitektur adalah, definisi arsitektur, ruang lingkup arsitektur, arsitektur bangunan

0 komentar:

Post a Comment