Bunyi Suara Gamelan Jawa

Conggado.com- Bunyi Suara Gamelan Jawa, merupakan salah satu budaya warisan dari leluhur orang Jawa, karena gamelan Jawa mempunyai suara yang indah dan memukau. Sampai saat ini, laras atau nada dalam gamelan disukai banyak kalangan.

Menurut penelitian, suara yang dihasilkan dari instrumen musik ini dapat dijadikan terapi, karena menimbulkan rasa tenang. Untuk psikologi, dalam hal kesabaran, dengan mendengarkan irama karawitan dari suara gamelan ini adalah ahlinya. 

Apa sajakah nama alat musik tradisional ini? adalah sebagai berikut:

Kendang, rebab, gender, bonang barung, bonang penerus, slenthem, demung, saron, saron penerus, kenong, kempul, gong, gambang, siter, kemanak, suling, gender penerus. Masing-masing dari gamelan ini mempunyai suara yang berbeda-beda dan mempunyai ciri khas atau karakter sendiri.


Baca Juga:


Teknik cara memukul/membunyikanya juga berbeda-beda, setiap instrumen juga memiliki cengkok sendiri-sendiri. Dalam pepindahan pathet juga akan mempunyai cengkok sendiri bahkan cengkok khusus.

Berikut ini adalah contoh video (audio-visual) bunyi suara instrumen gamelan tradisional Jawa, pada lantunan gendhing Jawa berjudul Randhu Kintir, Silahkan menikmati dan merasakan irama serta bunyi dari gamelan.





Baca Juga:
Seni Tari Pada Masyarakat Ibrani Kuno
Macam Macam Seni Pertunjukan Tradisional Rakyat Beserta Daerah dan Gambarnya
Pakaian Adat 34 Provinsi Dari Sabang Sampai Merauke Beserta Gambarnya
Tarian Tradisional Daerah Provinsi Beserta Contoh Gambar
Sekilas Tarian Tradisional Gambyong Retno Kusumo

0 Response to "Bunyi Suara Gamelan Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel