Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh Instrumen Ansambel

Pengertian Musik ansambel adalah bermain atau memainkan musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa instrumen alat musik dan kemudian memainkan lagu-lagu dengan aransement yang tidak rumit atau sederhana.  Kata ansambel adalah kata yang berasal dari Bahasa Perancis memiliki arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus music mempunyai definisi, adalah oganisasi/kelompok kegiatan musik. Musik sendiri digunakan banyak orang ketika sedang belajar karena musik merupakan sebagai salah satu cara  untuk menghindari ketegangan atau stress saat belajar.

Kesimpulannya bahwa, musik ansambel adalah memainkan musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa instrumen alat musik tertentu dan memainkan bermacam lagu dengan aransement simpel atau sederhana.

Jenis Dan Pengelompokan Musik Ansambel
Dalam hal pengelompokan musik ansambel berbeda dan dibagi menjadi tiga jenis atau macam. Perbedaan 3 macam pengelompokan dalam musik ansambel terjadi karena berdasarkan penyajian musiknya, berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik dan berdasarkan golongan alat musiknya. Berikut penjelasannya :

Menurut Penyajian
Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel juga dikelompokkan dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut :

Musik Ansambel Yang Sejenis
Musik ansambel yang sejenis adalah bentuk pagelaran atau penyajian musik ansambel yang menggunakan alat-alat musik/instrumen musik sejenis. Contohnya musik ansambel yang sejenis adalah ansambel rekorder.

Musik Ansambel Campuran
Musik ansambel campuran adalah bentuk pagelaran atau penyajian musik ansambel yang menggunakan bermacam-macam jenis instrumen-instrumen alat musik. Contoh musik ansambel campuran adalah seperti: pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin serta alat musik simbal.


Berdasar Menurut Peranan Serta Fungsi
Berdasarkan bentuk peranan dan fungsi instrumen musik yang digunakan, musik ansambel dibagi dalam 3 kelompok atau macam, antara lain sebagai berikut :

Ansambel Melodis
Ansambel melodis adalah instrumen musik yang digunakan dan mempunyai fungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada dalam melodi lagu. Contoh ansambel melodis ceperti: piano, rekorder, pianika, biola, terompet, tamborin serta harmonika.

Ansambel Ritmis
Ansambel ritmis adalah instrumen musik yang digunakan memiliki fungsi penting untuk mengatur irama dalam sebuah lagu. Contoh ansambel ritmis adalah seperti: tamborin, drum set, triangle, gong dan gendang.

Ansambel Harmonis
Ansambel harmonis merupakan instrumen alat musik yang digunakan, serta mempunyai fungsi dan tugas untuk memainkan melodi lagu sekaligus mengatur irama lagu.


Baca Juga:


Berdasarkan Menurut Golongan
Berdasarkan golongan hal instrumen alat musik, ansambel dibagi menjadi 2 macam bagian yaitu dilihat dari aspek sumber bunyi/suara, cara memainkan serta peranan/fungsinya dalam musik ansambel.


Sumber Bunyi

a. Akrofon
Akrofon adalah instrumen musik yang memiliki sumber bunyi berasal dari getaran/vibrasi udara yang ada. Contoh alat musik akrofon adalah seruling serta terompet.

b. Membranofon
Membranofon adalah instrumen musik memiliki sumber bunyi dari plastik atau kulit (sapi,kerbau). Contoh alat musik membranofon adalah gendang, rebana dan drum.

c. Kordofon
Kordofon adalah instrumen musik yang sumber bunyinya dari hasi dipetik dan digesek biasanya dari dawai atau tali. Contoh alat musik kordofon adalah gitar, kecapi dan biola.

d. Idiofon
Idiofon adalah instrumen musik yang memiliki sumber bunyi terletak pada suara isntrumen music itu sendiri, jika digunakan atau dimainkan. Contoh instrumen musik idiofon adalah angklung serta gong.

e. Elektrofon
Elektrofon adalah instrumen musik elektronik, yang bunyinya bersumber pada tegangan listrik. Contoh musik elektrofon adalah organ listrik, keyboard, DTX dan gitar listrik.


Cara memainkan alat musik

a. Dipukul
Contoh instrumen musik dengan cara dipukul adalah drum, bongo, gendang serta instrumen gamelan saron.

b. Dipetik
Contoh alat musik dengan cara dipetik adalah gitar, kecapi, dan siter.

c. Ditiup
Contoh instrumen musik dengan cara ditiup adalah terompet, seruling dan klarinet.

d. Digoyangkan/digetarkan
Contoh alat musik dengn cara digoyangkan/digetarkan adalah angklung.

e. Digesek
Contoh instrumen musik dengan cara digesek adalah biola, rebab dan selo.


Peranan Instrumen Musik

Alat Musik Melodi
Instrumen musik yang dapat mengeluarkan dan menghasilkan susunan nada yang mana kemudian menjadi sebuah lagu pada musik ansambel . Contohnya adalah piano dan gitar

Alat Musik Harmoni
Alat musik yang menimbulkan keselarasan suara dalam mengiringi sebuah lagu. Contohny adalah ass, biola, dan akordeon.

Alat Musik Ritmis
Adalah instrumen alat musik  berperan penting untuk mengatur jalannya ritme sebuah lagu. Contohnya adalah ring bel dan triangle.

Tag: jenis musik ansambel, alat musik ansambel, 3 jenis musik ansambel, fungsi musik ansambel, alat musik ansambel dan gambarnya contoh, musik ansambel tradisional, contoh alat musik ansambel harmonis, gambar alat musik ansambel

0 Response to "Pengertian Dan Jenis Musik Ansambel Lengkap Dengan Contoh Instrumen Ansambel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel