Pengertian Harmoni Vokal Dan 4 Teknik Harmoni Vokal

Dalam artikel ini Conggado.com akan membahas pengertian dan teknik dasar harmoni vokal. Harmoni vokal, yang sering disebut juga dengan istilah backing vocal adalah salah satu elemen dalam komposisi lagu yang sangat dapat membantu menambah karakter suara atau vokal utama. Harmoni vokal juga dapat membantu dalam mengangkat vokal utama pada bagian-bagian dimana melodi vokal utama terasa kurang.

Harmoni vokal adalah perpaduan antara dua melodi, yaitu melodi utama dan melodi pendukung. Karena sifatnya yang ada hanya untuk memberi kekuatan pada melodi utama, maka melodi pendukung atau backing vocal juga disebut sebagai harmoni. Pelaksanaan harmoni, melodi pendukung lebih tidak dominan dibandingkan melodi utama. berbeda dengan vokal duet, dimana kedua melodi sama dominannya.

Ada 4 teknik dasar harmoni vokal yang digunakan dalam music komersial. Apa saja eempat teknik harmoni vokal itu? adalah sebagai berikut:

1. Unison
Teknik bernyanyi harmoni Unison adalah dimana dua atau lebih vokalis menyanyikan nada yang sama untuk bagian atau part yang sama. Kelemahan yang terdapat disini adalah kedua penyanyi harus mempunyai ketepatan titinada yang akurat, sebab titinada yang tidak tepat atau meleset terdengar dengan jelas.

2. Tutti
Teknik bernyanyi harmoni Tutti adalah dimana dua atau lebih vokalis melakukan nyanyian dengan part yang sama dengan nada yang tidak sama sesuai dengan proporsi harmoni. Tutti dapat dilakukan secara parallel motion, adalah perpindahan harmoni yang sejajar (sama-sama bernada naik atau turun), atau contrary motion, adalah perpindahan harmoni yang berlawanan arah (satu bernada naik dan satu bernada turun dan sebaliknya). Teknik drone juga dapat dilakukan dimana vokal utama menyanyikan melody dan vokal kedua menyanyikan satu atau lebih nada yang ditahan selama melody utama.

Dalam aplikasi di studio rekaman, baik unison maupun tutti dapat dilakukan oleh satu penyanyi yang sama. Teknik ini dinamakan dengan doubling atau tripling, yakni merekam vokal sebanyak lebih dari satu kali.

3. Call and Response
Teknik ini adalah cara bernyanyi dimana vokalis utama disahut oleh vokal pendukung (umunnya oleh backing vocal), cara ini dilakukan secara berganti-gantian dengan lirik yang saling memperkuat. Teknik Call and Respone sering ditemukan di musik yang memiliki aliran rhythm & blues (R&B), terutama pada era Motown.

4. Counterpoint
Teknik Counterpoint adalah cara bernyanyi dimana dua atau lebih vokalis menyanyikan dua part yang tidak sama pada waktu yang sama (seperti verse 1 dan verse 2 secara bersamaan), atau part yang sama pada waktu yang sedikit berbeda (berbeda beberapa ritme). Counterpoint dapat terdengar kacau pada awalnya, namun mengandung harmoni yang menarik oleh para pendengar.


Baca Juga:
Tag: pengertian bernyanyi solo duet adalah jenis penampilan vokal solo materi vokal pengertian vokal grup pengertian bernyanyi duet

0 Response to "Pengertian Harmoni Vokal Dan 4 Teknik Harmoni Vokal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel