Pengertian Musik Vokal Beserta Jenis Beserta Bentuk

Music vocal, artinya karya musik yang dilantunkan dengan vocal. Music vocal dapat pula disebut dengan menyanyi (identik dengan menyanyi), mengingat seni vocal juga berkalu untuk mereka yang mendalami seluk beluk olah vocal bagi kegiatan drama, MC, dan presenter. 

Vocal drama sangat jelas sekali. Bentuk yang satu musical, dan satunya lagi tidak musical. Perbedaan juga dimiliki,  satu lebih bebas dalam bereksplorasi, sedangkan yang satu lagi mempunyai keterikatan musical.

Seseorang yang mempunyai keinginan menjadi penyanyi amatir, terlebih lagi professional, tidaklah cukup dengan hanya bermodal karakter suara yang bagus. Walaupun memang, warna dan karakter suara yang khas sangat penting untuk dimiliki oleh seorang penyanyi. 

Lebih dari hal tersebut, singer juga perlu mempunyai wawasan praktis tentang seni music, dan bahkan harus wawasan pengetahuan akan seni music. Sering kita temui misalkan seorang MC atau presenter yang lihai dalam berbicara atau berbincang-bincang di atas stage dengan suaranya sangat memikat. Akan tetapi saat ia menyanyi, keadaannya sangat bertolak belakang.

Bagi MC atau presenter dimana saja yang memiliki masalah tersebut, disarankan untuk mengetahui dan banyak belajar tentang seni music. Apabila modal yang sudah sangat baik itu tidak diasah secara musical tentu akan menambah keistimewaan. Pengetahuan dan praktik musical tadi tidak akan hanya menjadikan dia penyanyi, serta dalam kegiatan music vokalnya akan sangat membantunya mampu berbicara atau berdialog secara musical.

Banyak artis di Indonesia yang memiliki suara dan kemampuan musik standar karena tidak memiliki kehangatan intinasi dan kurang terbekali jiwa musiknya.


Baca Juga:


Penyajian Dalam Musik Vocal

Musik Vokal adalah musik yang dalam pagelaran atau penyajiannya mengandalkan vokal atau suara manusia. Bentuk musik vokal bermacam –macam. Bentuk musik vokal adalah bentuk vocal tunggal atau solo vokal , duet vokal, trio vokal, kwartet vokal, Vokal grup, bentuk paduan suara.

1. Solo vokal
Solo vokal adalah bentuk penyajian musik vokal hanya dilakukan oleh satu orang penyanyi.

2. Duet
Duet adalah bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan oleh penyanyi berjumlah dua orang biasanya vokal menggunakan dua melodi suara yang berbeda.

3. Trio
Trio adalah bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan oleh tiga orang penyanyi dan masing-masing suara atau melodinya berbeda satu dengan yang lainnya.

4. Kwartet
Kwartet merupakan bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan oleh empat orang yang saat bernyanyi melodi juga berbeda.

5. Vokal Grup
Bentuk vokal ini adalah bentuk penyajian musik vokal yang dilakukan paling sedikit oleh empat orang, biasanya masing-masing bernyanyi dengan harmoni empat suara dengan diiringi oleh instrumen alat musik pengiring. Alat musik pengiring tersebut contohnya seperti piano maupun gitar.

6.Paduan Suara
Bentuk vokal ini adalah bentuk yang terbesar dari penyajian musik vokal, karena dapat dilaksanakan oleh banyak orang atau minimal 15 orang yang biasanya dibagi menjadi empat karater suara melodi.

Tag: pengertian musik vokal dan instrumental contoh musik vokal pengertian musik instrumental pengertian musik instrumen secara umum sebutkan contoh musik vokal musik campuran adalah media ragam seni musik pengertian musik internasional

0 Response to "Pengertian Musik Vokal Beserta Jenis Beserta Bentuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel