Home » , » Seni Adalah Kegiatan Rohani Manusia

Seni Adalah Kegiatan Rohani Manusia

Banyak ahli yang mempunyai pendapat tentang pengertian seni, sekitar ada 30 pendapat menurut para ahli yang memiliki pemahaman berbeda-beda. Menurut Ki hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul/muncul dari perasaan dan sifat indah (estetis), sehingga menggerakan jiwa serta perasaan manusia.

Seni Adalah Kegiatan Rohani Manusia

Thomas Munro demikian juga memiliki pendapat yang lain, menurut beliau seni adalah alat buatan manusia untuk dapat, kemudian menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

Dengan pengertian yang berbeda-beda, kesimpulannya seni memiliki fungsi yang beraneka ragam juga. Fungsi untuk hiburan, hobi dan bahkan seni bisa dikatakan adalah aktivitas yang berpengaruh atau bahkan timbul dari ungkapan jiwa/rohani.


Baca Juga


Seni Adalah Kegiatan Rohani Manusia

Beberapa ahli juga memiliki pendapat tetang seni yang berhubungan dengan rohani, adalah sebagai berikut:


Ahdiat Karta Miharja 

Beliau Ahdiat Karta Miharja berpendapat bahwa Seni adalah kegiatan rohani yang merefleksi pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan/jiwa orang lain.

Seni merupakan ungkapan/wujud penampakan dari rohani yang menggunakan jasmani lalu kemudian menimbulkan suatu kekuatan dan keindahan sehingga dapat memompa semangat dan gairah orang yang melihatnya.


Sidi Ghazali

Sidi Ghazali juga mempunyai pendapat sebagai berikut:

1. Seni bersandarkan kepada Allah untuk Allah.
2. Seni menuju kepada "Al-Falah", bermaksud kerelaan dan menghindari daripada perkara-perkara yang dilarang oleh Allah.
3. Seni merupakan pemangkin untuk ketaqwaan. Melalui karya seni, sifat tawaduk akan lebih tertampil dan lebih beriman kepada Allah.

Pendapat Sidi Ghazali menurut admin sangat menarik, karena seni tidak hanya muncul dari angan manusia yang mana semata-mata mencari hiburan dan keindahan untuk orang lain, namun seni juga menjadi sarana untuk beribadah, namun tentu jauh dari tindakan atau maksud yang buruk.


Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun mempunyai pendapat, menurutnya seni itu benar dan mempunyai sifat-sifat yang tidak lari daripada nilai-nilai kemanusiaan.

Selain membawa keindahan, nilai kemanusiaan juga dapat dimasukkan dalam seni.


Bacalah Juga:


Ternyata banyak sekali pengertian tentang seni. Menurut Conggado.com Seni adalah seperti wadah yang dapat kita isi dengan ide atau gagasan dari pemikiran dan kemauan kita. Seni itu suatu tempat yang luwes atau flexibel tergantung diri sendiri. Kemana kita membawa ide, angan, cipta, rasa, dan karsa kita, ingin menimbulkan suatu keburukan, keindahan, atau semangat.

0 komentar:

Post a Comment