Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Tembang Mengharmoniskan Keinginan

Konten [Tampil]
Tembang diciptakan memang sebagai alat didik. Mendidik dengan tembang dipandang jauh lebih efektif. Sentuhan-sentuhan kalbu, keinginan, mudah merasuk ke dalam batin seseorang ketika lantunan tembang diperdengarkan. Bahkan, ada yang tidak sengaja mendengar tembang dari radio tetangga, seringkali muncul aneka bayangan keinginan yang luar biasa.

Lagu-lagu dolanan anak, terutama yang diseling dengan permainan jelas sekali akan menggugah atau sebaliknya mengendalikan keinginan. Ketika orang mendengar tembang, biasanya nalar berkobar, rasa semakin tidak karuan (poyang-payingan), dan akhirnya ingin mengekspresikan keinginan. 

Keinginan tentang hal yang menyenangkan atau sebaliknya menyedihkan. Ketika orang tua mendengar lagu Caping Gunung, spontan ada yang berhibur dan sekaligus ingat pada anaknya yang diperantauan. Apalagi kalau makna bembang itu sesuai dengan dirinya (lelakoning urip), jelas keinginan meluap-luap.

Tembang Mengharmoniskan Keinginan

Tembang dengan sendirinya akan menyadarkan seseorang. Alunan vokal dapat merambat lewat gelombang kesadaran. Orang yang awalnya menjadi pembandel, pembangkong, ketika mendengarkan lagu Menthog-menthog, akan mendapat katarsis dalam dirinya. 

Kesadaran akan bermain, hingga mampu menyeimbangkan keinginan, bahwa keinginan yang sekedar tidur mengorok, tidak baik. Self-evaluation dapat muncul dari lantunan tembang.

Baca Juga Ya:

Hakikatnya, tembang memang ada yang menyedihkan dan ada pula yang menggembirakan. Tembang yang sedih, akan menyeimbangkan keinginan-keinginan yang negatif. Begitu pual tembang yang grasak, bisa menyulut kemarahan seseorang. 

Misalkan, Arya Penangsang ketika membaca surat berupa tembang dari Sultan Hadiwijaya, terbakar kemarahannya. Jika sampai begitu berarti keinginan harus segera diwujudkan. Ketika tembang itu ditanggapi sebagai konsumsi keinginan, kadang-kadang seseorang tidak mampu menyeimbangkan rasa dan nalarnya. Apabila hal ini terjadi terus-menerus, meledaklah keinginan seseorang sampai sulit diseimbangkan.

0 Response to "Tembang Mengharmoniskan Keinginan"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel