Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Belajar Menguasai Sense Of Ngeng Dan Harmoni (Tembang)

Konten [Tampil]
Belajar tembang perlu menguasai sense of ngeng. Kepekaan terhadap nuansa tembang, akan menentukan keberhasilan belajar tembang. Ngeng tembang Jawa biasanya dibangun dengan gaya musik pentatonis. Penguasaan ngeng akan membangun harmoni dalam dirinya. Ngeng yang sudah jadi, dengan sendirinya akan membangun harmoni. Oleh karena itu, membiasakan diri dengan ngeng secara terus-menerus perlu dilakukan. Ngeng dapat dibangun dengan cara mendengarkan lagu-lagu Jawa apa saja.

Ngeng merupakan tidak selalu berupa pembawar (gawan bayi). Ngeng dapat dilatih dengan banyak mendengarkan tembang. Ngeng tergolong wilayah psikologis. Ngeng adalah kepekaan rasa pada nada tembang. Jika ngeng telah terolah dengan balk, lagu apa saja akan dapat dikuasai. 

Ngeng dapat ditujukan pada suara dan bunyi. Suara, biasanya berasal dari vokal manusia atau makhluk lain. Sedangkan bunyi, biasanya berasal dari instrumen. Orang yang telah jadi olah suaranya, ngeng akan muncul dengan sendirinya. Sebagai contoh, seorang wiraswara (pelantun tembang laki-laki) dan sindhen (pelantun tembang perempuan), mudah melagukan apa saja.

Apabila ngeng telah tertanam jelas, orang akan mudah menguasai nada (irama). Nada adalah getaran suara yang teratur, 5ama lamanya. Apabila suara itu getarannya teratur, akan enak didengar. 

Keteraturan suara, juga sering dipadukan dengan bunyi alat (instrumen). Karena, seringkali tembang yang dilagukan juga diberi iringan instrumentalia. Perpaduan suara dan instrumen ini akan memtinculkan harmoni yang halus, rampak, rengep, nges, dan sengsem.
 ‘ .
Harmoni adalah keserasian paduan suara bersama (Prawiradisastra, 1996:33). Paduan suara itu bermacam-macam, ada yang disebut unisono (homofoni), heterofoni; dan polyphoni. Unisono adalah kepaduan suara suara tunggal; sehingga enak didengar. 

Heterofoni adalah kepaduan suara bersama instrumental seperti gerongan dan sindhenan. Kepaduan komprehensif akan memunculkan keindahan suara. 


Baca Juga Ya:


Polifoni adalah kepaduan suara vokal dan instrumen yang lengkap, sehingga yang terdengar sebuah kolaborasi. Dalam polifoni telah terjadi many voices; yang satu sama lain manunggal dalam keindahan.

0 Response to "Belajar Menguasai Sense Of Ngeng Dan Harmoni (Tembang)"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel